Cara Mudah Membentuk Otot Perut di Rumah [PEMULA]

Kita tahu para pria sangat menginginkan memiliki bentuk tubuh yang  ideal, salah satunya adalah bentuk perut yang sixpack. Padahal memiliki perut sixpack tidak selalu menandakan kesehatan bagi pria, akan tetapi perut sixpack dapat membuat kepercayaan diri semakin bertambah.

Meskipun banyak pria yang menginginkan tubuh ideal tetapi masih jarang sekali melakukannya dengan alasan tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke tempat fitnes sehingga harapan memiliki perut sixpack hanya dalam angan-angan saja.

10 Latihan Membentuk Otot Perut di Rumah

Tetapi jangan khawatir kami akan mencoba membagikan 10 latihan olahraga untuk membentuk otot perut yang dapat kamu lakukan di samping rumah.

1. SIT UP

Seringkali kita mendengar sit up memiliki manfaat dalam membentuk otot perut tubuh apabila dilakukan dengan benar. Latihan ini dapat dilakukan di rumah tanpa alat bantu, cukup menggunakan matras. Olahraga sit up cukup efektif membentuk perut dalam 1 bulan.

Kunci latihan adalah KONSISTEN. Bagi kamu yang sebelumnya jarang atau bahkan belum pernah melakukan sit up akan merasakan sedikit nyeri pada perut.

Saran:

a) Pelajari cara sit up yang benar.
b) Lakukan secara bertahap semisal hari pertama 5x, hari berikutnya 10x
begitupun seterusnya (sesuaikan dengan kemampuanmu).
c) Jangan berlatih sit up setiap hari karena otot akan berkembang secara
cepat dalam masa pemulihan. Jadi lakukan sit up 2-3 kali seminggu.

2. RAISED LEG CRUNCH

Apabila kamu ingin membentuk otot perut bagian atas dan dada dapat melakukan gerakan raised leg crunch. Apabila kamu ingin melakukan gerakan ini otot kaki kamu harus kuat menahan, dikarenakan posisi kaki menahan ke atas.

3. REVERSE CRUNCH

Gerakan reverse crunch memiliki manfaat dalam melatih otot perut bagian bawah. Kamu dapat melakukan reverse bunch dengan berbaring diatas matras dengan meletakan tangan pada samping tubuh, selanjutnya lutut ditekuk dan angkat pinggul sehingga lutut mendekat pada kepala.

4. FROG CRUNCH

Frog crunch bertujuan untuk membantu kekuatan otot ini tubuh kamu. Latihan ini juga dapat membantu keseimbangan tubuh, dan meningkatkan kekuatan otot dan stamina.

5. BICYCLE CRUNCH

Bicycle crunch termasuk variasi gerakan sit up yang lain. Latihan ini mirip ketika kamu mengayuh sepeda. Apabila kamu melakukan bicycle crunch perlu konsentrasi tinggi dan keseimbangan antara tangan dan kaki.

6. SIDE PLANK CRUNCH

Latihan otot perut seperti side plank dapat kamu coba apabila sudah sering melakukan sit up. Pasalnya sit up hanya melatih otot bagian atas dan samping perut. Side plank merupakan latihan dengan menobah seluruh berat badan kamu pada dua titik. Selain melatih kekuatan perut, side plank juga dapat melatih keseimbangan tubuh kamu.

7. V-UPS

Latihan V-ups merupakan latihan terbaik untuk membentuk otot-otot tubuh terutama perut.

Untuk mengencangkan otot perut pada tubuh dapat melakukan V-ups dengan cara berbaring diatas matras dengan kedua tangan lurus pada depan kepala dan kedua kaki rapat. Selanjutnya tangan dan kaki diangkat ke atas bersama secara perlahan seperti huruf V dan turunkan kembali secara perlahan.

8. WIDE LEG SIT UP

Mungkin kamu sudah bosan dengan cara sit up yang biasa saja, sekarang kamu dapat mencoba wide leg sit up untuk melatih bentuk otot perut ke tingkat berikutnya.

9. RUNNING MAN SIT-UP

Ini bisa dibilang gerakan yang dapat melatih semua otot perut bagian atas, samping dan bawah kamu.

10. SIDE CRUNCH

Side crunch merupakan cara terbaik dalam meratakan perut, dan meningkatkan kekuatan otot perut.

Untuk melakukan side crunch dengan berbaring diatas matras dengan kedua kaki rapat dan lutut ditekuk. Kemudian angkat ke sisi samping hingga 10x. Setelah itu balikkan kaki kamu ke sisi yang lain dan lakukan side crunch yang kedua.

Tidak sulit bukan?

Leave a Comment