5 Contoh CV Daftar Riwayat Hidup yang Disukai HRD

Saat mencari pekerjaan, salah satu modal yang harus dipersiapkan CV atau daftar riwayat hidup. Memiliki CV yang menarik dan lengkap akan memudahkan kamu dilirik oleh perusahaan. Oleh karena itu pahami beberapa contoh CV agar tepat guna.

Maksud dari tepat guna adalah CV dibuat sesuai dengan permintaan perusahaan. Tidak mungkin kan kamu membuat CV biasa padahal akan melamar sebagai seorang desain grafis? Untuk memahami hal-hal terkait CV, simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat CV untuk Pemula

Setelah lulus kuliah, beberapa fresh graduate akan berlomba-lomba membuat daftar riwayat hidup yang dianggap sempurna. Selanjutnya daftar riwayat hidup itu disebar ke mana sana atau ke perusahaan yang diinginkan.

Nah, agar CV yang kamu sebar ke beberapa perusahaan tidak memalukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan beberapa poin di bawah ini, CV yang dibuat bisa lebih sempurna.

1. Pahami Jenis CV

Sebelum membuat curriculum vitae kamu harus memahami dahulu jenis CV apa yang akan dibuat. Apakah CV biasa yang diketik pada aplikasi seperti Word, atau CV yang dibuat dengan desain khusus sehingga terlihat lebih unik dan menarik.

Pembahasan tentang contoh daftar riwayat hidup atau CV akan dibahas pada subbab selanjutnya. Tugas kamu sekarang adalah memahami jenis CV apa yang kemungkinan besar diminta oleh perusahaan. Jangan asal buat dan kirim agar tidak ditolak.

2. Keperluan Pembuatan CV

Ada beberapa alasan mengapa seseorang membuat daftar riwayat hidup. Pertama untuk dicetak lalu digandakan. CV ini akan dibawa saat ada job fair atau dikirim ke beberapa perusahaan untuk menjaring panggilan wawancara.

Keperluan kedua mengapa kamu membuat CV adalah untuk dikirim ke platform perekrutan pekerja yang saat ini ada banyak di internet. Karena dikirim ke platform digital, bentuk dari CV tentu tidak boleh biasa saja atau sederhana.

3. Membaca dengan Teliti Apa yang Ditampilkan

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan pelamar saat membuat CV adalah tidak membaca apa yang mereka tuliskan. Meski kecil, kalau ada kesalahan atau typo bisa membuat perekrut malas untuk melakukan pemanggilan.

Pasalahnya kehati-hatian adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu coba untuk mencetak CV yang sudah dibuat lalu dibaca perlahan-lahan. Kalau kamu masih tidak yakin bisa minta orang lain melakukannya.

4. Jangan Hanya Membuat Satu

Jangan hanya membuat satu CV untuk semua perusahaan. Kalau kamu memukul rata saat membuatnya, kesalahan bisa saja terjadi. Jangan malas untuk mendesain CV menjadi beberapa jenis agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Membuat CV yang Benar

Selain memperhatikan beberapa cara membuat CV di atas, kamu juga harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

  • Masukkan informasi yang relevan saja. Jangan semuanya dimasukkan ke dalam CV. Masukkan informasi yang diinginkan oleh perusahaan atau sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Jangan pamer riwayat pekerjaan.
  • Selalu perbarui CV yang kamu buat dan sesuaikan dengan keinginan perusahaan. Selama ini kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah enggan mengedit dan mengirim yang sudah jadi.
  • Penamaan CV harus benar dan jangan diberi nama CV saja pada file-nya. Lebih baik diberi nama lengkap agar memudahkan perekrut untuk melihat secara digital.
  • Perhatikan font, ukuran tulisan, dan warna. Kalau mau membuat CV formal tentu tidak perlu memakai font yang ramai, cukup pakai Times New Roman, warna hitam, dan ukurannya proporsional.

Kriteria CV yang Dilirik Perusahaan

Membuat CV yang bagus atau keren cukup mudah. Yang sulit adalah mengetahui kriteria CV yang dilirik perusahaan. Meski setiap perusahaan memiliki selera sendiri, berikut beberapa kriteria yang harus diperhatikan.

  • Memiliki desain yang unik dan mudah saat dibaca. Percuma memiliki CV yang bisa dibilang indah kalau rancu saat dibaca. Begitu masuk tim perekrut bisa langsung dibuang begitu saja.
  • Sesuai dengan permintaan. Tidak semua perusahaan meminta CV dengan desain tertentu atau menampilkan informasi spesifik. Namun, kalau diminta menampilkan, lakukan sesuai permintaan.
  • Tidak memuat informasi berlebihan apalagi tidak terlalu dibutuhkan. Misal daftar riwayat pekerjaan dan kursus yang mengular. Lebih baik tampilkan yang perlu dan sesuai dengan keinginan perusahaan.
  • CV yang disertai dengan portofolio. Kadang membaca daftar riwayat hidup saja tidak terlihat kemampuan yang dimiliki oleh pelamar.

Berikut beberapa jenis contoh curriculum vitae beserta beberapa aturan yang harua diperhatikan saat membuatnya.

1. Contoh CV Sederhana

Daftar riwayat hidup sederhana umumnya hanya memuat informasi pribadi yang dibutuhkan untuk komunikasi. Selanjutnya riwayat pendidikan dan pekerjaan juga bisa ditambahkan untuk pelengkap.

CV sederhana biasanya dibuat di Word lalu dicetak dan ditambah dengan pasfoto. Fungsinya untuk mengurus pekerjaan formal atau untuk keperluan mengurus perizinan di kantor pemerintahan.

Umumnya CV sederhana ini dicetak lalu digandakan. Untuk keperluan melamar pekerjaan yang profesional, jenis CV ini tidak cocok. Jadi, jangan menyebarkannya apalagi untuk diberikan ke platform perekrutan online.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama: Ryan Firdaus
  2. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  3. Tempat Tanggal Lahir: Pontianak, 9 Januari 1994
  4. Kewarganegaraan: Indonesia
  5. Agama: Islam
  6. Status Perkawinan: Belum Menikah
  7. Kesehatan: Baik
  8. Alama Lengkap: Jl. RA. Kartine No, 29B, Pontianak
  9. Nomor Telepon: 085669721222

PENDIDIKAN FORMAL

  1. SDN Pontianak
  2. SMPN 1 Pontianak
  3. SMAN 1 Pontianak
  4. S1 Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung

PENGALAMAN KERJA

  1. Tutor Fisika Zeniuz
  2. PT Amec Berca
  3. PT. Technip.

Demikianlah Daftar Riwayat Hidup ini sudah saya buat dengan sebenar-benarnya.

Pontianak, 29 September 2019

Ryan Firdaus

2. Contoh CV Lulusan SMA

Kalau kamu memiliki pendidikan akhir SMA, pembuatan CV bisa dilakukan seperti layaknya membuat CV biasa. Namun, ada baiknya menampilkan kemampuan atau pengalaman kerja yang bisa menarik perhatian dari perekrut.

Misal kamu menampilkan pengalaman kerja di bidang profesional atau berbagai jenis kursus yang dimiliki. Beberapa perusahaan besar mungkin hanya melirik lulusan dari perguruan tinggi, tapi ada juga yang melirik lulusan SMA asal memiliki skill baik.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama Lengkap: Dinda Firdausa
  2. Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 21 November 1996
  3. Alamat: Jl. A. Yani No, 49A, Bandung
  4. Jenis Kelamin: Perempuan
  5. Status Perkawinan: Belum Menikah
  6. Agama: Islam
  7. No. Telpon: 08325779199

RIWAYAT PENDIDIKAN
Pendidikan Formal

  1. SDIT Al-Azhar Bandung 2 : 2004 – 2010
  2. SMPN 12 Bandung : 2010 – 2013
  3. SMAN 1 Jakarta : 2013 – 2016

Pendidikan Informal

  1. Kursus Bahasa Inggris : 2014

PENGALAMAN MAGANG DAN KERJA

  1. 2015 – 2016 : Magang di Purnama Hotel sebagai Cheff
  2. 2016 – 2017 : Bekerja part time di The Grand Palace sebagai Cheff
  3. 2017 – Sekarang : Bekerja di  Haris Hotel sebagai Cheff

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini telah saya buat dengan semestinya.

Dinda Firdausa

3. Contoh CV Fresh Graduate

Kalau kamu baru lulus kuliah, pembuatan CV bisa sama dengan CV jenis SMA. Perbedaannya hanya ada pada riwayat pendidikan saja. Selebihnya bisa bisa ditambah pengalaman magang atau mungkin kursus.

Karena kamu merupakan lulusan perguruan tinggi, ada baiknya untuk membuat CV yang jauh lebih profesional. Kamu bisa menambahkan akun LinkedIn atau daftar portofolio yang pernah dibuat khususnya yang berbentuk digital.

4. Contoh CV Kreatif

CV yang kreatif secara umum sama dengan CV lain secara isi. Namun, secara layout akan mengalami cukup banyak perbedaan. Nah, layout yang menarik dan penataan yang sempurna akan membuat pelamar kerja langsung tertarik.

Saat ini template CV menarik seperti ini bisa didapatkan di internet. Kalau Anda tidak bisa mengedit atau membuatnya, bisa pesan ke desainer profesional.

5. Contoh CV Bahasa Inggris

Kalau perusahaan yang Anda lamar berjenis multinasional dan banyak menggunakan Bahasa Inggris, ada baiknya membuat CV dengan bahasa itu. CV dengan Bahasa Inggris akan mudah dilirik karena mengisyaratkan kemampuan berbahasa.

Secara ini CV Bahasa Inggris sama saja dengan CV lain. Hanya saja bahasa pengantarnya sedikit berbeda. Pastikan menulis dengan tata bahasa yang benar dan tidak hasil Google Translate.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat daftar riwayat yang benar. Semoga berbagai contoh CV di atas bisa membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Tinggalkan komentar