Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Sedangkan paragraf argumentasi adalah paragraf yang memaparkan pendapat, pendirian, atau gagasan terkait suatu topik atau permasalahan berdasarkan ide penulis.

Tujuan teks argumentasi untuk memengaruhi pembaca agar yakin dan percaya dengan pendapat yang diutarakan penulis. Dengan kata lain pembaca telah memiliki pendapat yang sama dengan penulis.

Agar semakin yakin dan dipercaya, paragraf argumentasi perlu dilengkapi dengan fakta, data, teori, contoh, dan lainnya, hingga pada akhirnya sependapat dengan penulis. Dengan demikian penulis tidak dianggap berbohong atau sekadar omong kosong.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

  • Berisi kalimat pendapat penulis terkait topik yang ia angkat.
  • Terdapat data aktual dan faktual untuk meyakinkan pembaca.
  • Masalah diuraikan dengan cara menganalisis dan memberikan sebuah analogi.
  • Diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pendapat, bukan penegasan ulang topik.

Jenis Paragraf Argumentasi

Berdasarkan cara pengembangan topik utama, paragraf argumentasi memiliki dua jenis. Di antaranya adalah paragraf argumentasi sebab- akibat dan paragraf argumentasi akibat-sebab.

1. Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat dimulai dengan fakta khusus yang menjadi sebab, sampai pada kesimpulan yang menjadi akibat.

2. Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab dimulai dengan fakta yang dianggap sebagai akibat, kemudian menuju sebab yang ditimbulkan oleh akibat.

Contoh Paragraf Argumentasi

1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan I

Pendidikan gratis hanya sebuah wacana belaka. Pada kenyataanya masih banyak sekolah yang melakukan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan. Dana tersebut digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasaran apenunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Bagi orang tua yang mampu, tentu pungutan tersebut tidak menjadi soal. Permasalahannya adalah tidak semua sekolah bisa mengadakan pungutan kepada orang tau karena memang kondisi sebagian orang tua tidak mampu. Akibatnya siswa harus puas dengan sarana dan prasaran yang ada.

2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan II

Dalam undang-undang dasar telah disebutkan bahwa setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Dalam kenyataannya banyak yang belum bisa mengenyam pendidikan.

Hanya orang-orang tertentu dan di daerah tertentu saja yang bisa menikmati pendidikan. Contohnya di kota-kota besar masih banyak ditemukan anak putus sekolah. Sedangkan di daerah terpencil, masih dijumpai anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan. Akibatnya Impian Indonesia untuk mewujudkan pendidikan yang adil dan merata tersebut, masih sebatas angan belaka.

Seharusnya upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa harus tetap ditingkatkan. Terutama dalam pembiayaan untuk anak-anak yang tidak mampu dan anak-anak yang berada di daerah terpincil.

3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Akhir-akhir ini Indonesia mengalami darurat sampah. Sampah yang paling banyak ditemukan adalah sampah yang dihasilkan oleh sampah rumah tangga berupa plastik. Sampah ini sangat berbahaya bagi makhluk hidup karena membutuhkan waktu yang lama untuk penguraiannya.

Jika hal tersebut dibiarkan maka kehidupan makhluk hidup di Indonesia akan terancam. Sampah plastik mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Dengan demikian, banyak makhluk hidup yang akan mati karena keberadaan sampah plastik yang mengganggu ekosistem.

4. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Jumlah kecelakaan di jalan raya mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dirilis oleh kepoliasian, terdapat 3.000 kasus kecelakaan. Kasus kecelakaan yang paling banyak  diakibatkan oleh kelalaian manusia.

Kasus kelalaian manusia yang paling banyak dialami oleh pengendara motor di usia pelajar. Selain belum memiliki SIM, usia pelajar cenderung suka mengendarai motor dengan kebut-kebutan. Meningkatnya angkak kecelakaan ini disebabkan kurang pengawasan dan pantauan dari orang tua.

5. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya

Karakter anak muda saat ini telah mengalami penyimpangan dari nilai-nillai moral yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Di antaranya kurangnya filtrasi budaya dari luar, pemanfaatan kemajuan teknologi yang tidak tepat, kurangnya pemahaman agama, dan pengawasan dari orang tua yang kurang.

Keempat faktor tersebut sangat penting bagi kehidupan anak muda saat ini.

Jika tidak maka budaya yang ada di Indonesia akan hilang tergerus kemajuan zaman. Akibatnya sikat dan perilaku anak muda saat ini tidak lagi menunjukkan jati diri budaya luhur bangsa Indonesia yang penuh dengan nilai moral.

6. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Jumlah pengangguran di Indonesia terus mengalami peningkatan. Salah satu pengangguran tersebut berasal dari kalangan lulusan sarjana atau lulusan SMA yang tidak langsung mendapat pekerjaan begitu mereka lulus. Sisanya dari kalangan usia dewasa.

Tingginya angka pengangguran diakibatkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan atau perusahaan, kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai, dan syarat telah memiliki pengalaman dalam bekerja, menyulitkan lulusan yang baru untuk memperoleh pekerjaan.

Demikian penjelasan dan contoh tentang paragraf argumentasi. Semoga materi ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar