5 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Surat pengunduran diri biasanya dibuat untuk bisa keluar dari pekerjaan atau perusahaan tertentu. Surat ini harus dibuat dengan benar agar tidak mengalami masalah. Kita harus memahami contoh surat pengunduran diri dengan baik.

Kalau surat pengunduran diri tidak bisa dibuat dengan baik, kemungkinan besar perusahaan akan menolaknya. Hal ini tentu bisa berakibat buruk pada situasi dan hubungan antara pekerja dengan pihak HRD.

Komponen Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri umumnya dibuat oleh mereka yang hendak berhenti atau keluar dari pekerjaan. Surat ini dibuat sendiri atau perusahaan menyediakan template yang bisa diisi lalu diberikan ke pihak HRD.

Sebelum membaca beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan, coba simak kriterianya di bawah ini.

  • Nama lengkap beserta jabatan atau pekerjaan yang dibebankan saat ini. Meski semua orang sudah mengetahuinya, untuk alasan formalitas harus tetap diberikan.
  • Menyertakan alasan berhenti bekerja. Kalau ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan, alasan yang diberikan harus jelas dan tidak dibuat-buat. Alasan akan menjadi penentu apakah kamu boleh keluar atau tidak.
  • Menyertakan waktu keluar dari pekerjaan. Sebisa mungkin untuk memberikan jeda waktu minimal sebulan agar bisa mencari penggantinya. Sertakan kapan tanggal berhentinya di surat pengunduran diri.
  • Mencantumkan harapan positif yang ditujukan pada perusahaan. Misal harapan agar bisa berkembang di kemudian hari. Intinya basa-basi dan kesan terhadap perusahaan yang akan ditinggalkan.
  • Berikan permohonan maaf kalau memang diperlukan.

Berbagai Alasan pada Surat Pengunduran Diri

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mengirimkan surat pengunduran diri kepada pihak HRD atau atasannya. Beberapa alasan berhenti bekerja yang umum dan tidak terkesan dibuat-buat.

  • Harus pindah domisili. Alasan ini cukup banyak digunakan oleh pekerja yang harus pindah keluar kota atau pulau untuk tinggal dengan keluarga atau keluarga baru setelah menikah.
  • Alasan pribadi terkait kemampuan bekerja. Misal beban kerja terlalu banyak dan takut tidak mampu menyelesaikan dengan baik, kamu bisa mengajukan keluar. Tambahkan alasan tidak mau menghambat pekerjaan.
  • Alasan medis tertentu. Misal mengalami sakit tertentu yang membutuhkan perawatan insentif sehingga tidak bisa ke kantor secara rutin.
  • Alasan yang lebih spesifik lainnya. Kamu bisa membuat alasan yang lebih spesifik yang tetap sopan dan tidak menyakiti. Meski tidak betah dan ada hal negatif di kantor, kamu tidak perlu menyertakannya.

Berbagai Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Secara umum kerangka surat pengunduran diri selalu berisi alasan untuk pergi dari pekerjaan dan juga harapan. Selanjutnya untuk contoh surat pengunduran dirinya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Kepada Yth.

Kepala HRD

PT Pratama Tunggal

Jl. Kenjeran No. 57, Surabaya

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya atas nama Aryo Bayu menyatakan mundur dari posisi karyawan di  PT Pratama Tunggal. Pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 25 November 2019 atau sekitar satu bulan kemudian.

Alasan saya mengundurkan diri dari perusahaan karena harus pulang ke Samarinda untuk menjaga orang tua. Saya harus menjaganya setiap hari karena beliau sedang sakit cukup keras.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh PT Pratama Tunggal kepada saya. Selama bergabung di perusahaan ini, saya belajar banyak hal terkait masalah pengelolaan keuangan.

Semoga ke depannya PT Pratama Tunggal bisa terus maju menjadi salah satu perusahaan bidang kuliner di Surabaya dan Indonesia.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi dan manajemen PT Pratama Tunggal serta kolega lainnya. Mungkin, selama bekerja dan berinteraksi, saya pernah melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunuduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Aryo Bayu

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Kepada Yth.

Kepala HRD

PT Pratama Tunggal

Jl. Kenjeran No. 57, Surabaya

 

Dengan hormat,

Berdasarkan keputusan bersama, melalui surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Aryo Bayu

Jabatan: Manager Operasional

 

Menyatakan mundur dari posisi Manager Operasional di  PT Pratama Tunggal. Pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 25 November 2019.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh PT Pratama Tunggal kepada saya. Selama bergabung di perusahaan ini, saya belajar banyak hal terkait masalah pengelolaan operasional.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi dan manajemen PT Pratama Tunggal serta kolega lainnya. Mungkin, selama bekerja dan berinteraksi, saya pernah melakukan kesalahan.

Semoga ke depannya PT Pratama Tunggal bisa terus maju menjadi salah satu perusahaan bidang kuliner di Surabaya dan Indonesia. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Aryo Bayu

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru

Kepada Yth.

Kepala Sekolah

SD Terpadu Insan Mulia

di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Aryo Bayu

Jabatan: Guru Matematika

 

Menyatakan mundur dari posisi Guru Matematika di SD terpadu Insan Mulia. Pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 25 November 2019.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh sekolah kepada saya. Selama bergabung di perusahaan ini, saya belajar banyak hal terkait masalah pendidikan karakter pada anak.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran pengelola yayasan dan serta kolega lainnya. Mungkin, selama bekerja dan berinteraksi, saya pernah melakukan kesalahan.

Semoga ke depannya SD Terpadu Insan Mulia bisa terus maju dan mencetak generasi muda terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Aryo Bayu

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Kepada Yth.

Kepala Yayan Bina Nusantara

di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Aryo Bayu yang saat ini masih menduduki posisi Bendahara umum di Yayasan Bina Bangsa menyatakan mundur dari posisi Bendahara Umum. Pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 25 November 2019.

Pengunduran diri ini dilakukan karena saya harus pergi mengikuti keluarga istri ke Bali. Karena tidak bisa ditunda lagi, saya memutuskan untuk mundur dan semoga ada pengganti yang lebih baik.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh organisasi kepada saya. Selama bergabung di perusahaan ini, saya belajar banyak hal terkait masalah pengelolaan uang dan organisasi.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran pengelola yayasan dan serta kolega lainnya. Mungkin, selama bekerja dan berinteraksi, saya pernah melakukan kesalahan.

Semoga ke depannya Yayasan Bina Nusantara bisa terus maju dan memberikan peranan besar pada pendidikan anak. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Aryo Bayu

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Kepada Yth.

Kepala Sekolah SMP Karya Maju

di Tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Aryo Bayu yang saat ini masih menduduki posisi Tata Usaha menyatakan mundur dari posisi besar ini. Pengunduran diri ini terhitung sejak tanggal 25 November 2019.

Pengunduran diri ini dilakukan dengan alasan gangguan kesehatan yang sedang saya alami. Daripada mengganggu pekerjaan rekan yang lain, saya memutuskan untuk undur diri lebih cepat.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh SMP Karya Maju kepada saya. Selama bergabung di perusahaan ini, saya belajar banyak hal terkait masalah manajemen uang dan organisasi.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran pengelola SMP Karya Maju dan serta kolega lainnya. Mungkin, selama bekerja dan berinteraksi, saya pernah melakukan kesalahan.

Semoga ke depannya SMP Karya Maju bisa terus berkembang dan memberikan peranan besar pada pendidikan anak. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Aryo Bayu

Inilah beberapa contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang sedang dijalani. Kalau kamu ingin mengundurkan diri ada baiknya untuk membuat dengan benar dan formal. Terpenting dari semua, alasan harus masuk akal dan tidak terlihat aneh.

Semoga contoh surat untuk mengundurkan diri di atas bisa kamu gunakan sebagai rujukan. Ke depannya kalau ada kesempatan kerja yang lebih baik atau ada masalah lain yang tidak bisa ditunda, kamu bisa segera membuatnya.

Tinggalkan komentar