Contoh Surat Peringatan

Di manapun kita berada, baik dalam lingkungan sekolah, kampus, organisasi, atau tempat kerja, tentu memiliki peraturan. Tentu setiap yang melanggar peraturan akan dikenai surat peringatan.

Hal ini bertujuan agar individu yang melanggar merasa jera dan tidak akan melakukan pelanggaran lagi.

Mengenai format penulisan dan cara penyampaiannya, Anda dapat menyimak beragam contoh surat peringatan penting berikut ini.

1. Contoh Surat Peringatan Mahasiswa

Surat peringatan mahasiswa dikeluarkan oleh perguruan tinggi terhadap mahasiswanya. Surat peringatan tersebut bisa berhubungan dengan masa studi yang hampir di ambang batas, ketidakhadiran tanpa keterangan, atau pelanggaran lainnya.

Berikut contoh surat peringatan mahasiwa.

Universitas Negeri Tunas Bangsa
Fakultas Sastra

Jurusan Bahasa Indonesia
Jl. Hayam Wuruk No. 50 Kota Surabaya
Telp. 0341 – 485901 Fax. 0341 – 365970 http:// un.tunasbangsamlng.edu.id

SURAT PERINGATAN
Nomor: 1321/UNTB/MHS-2/II/2020

Surat Peringatan 1 ini ditujukan kepada:

Nama: Arif Wicaksono
NIM: 209211416208
Kelas: Drama

Sehubungan dengan adanya ketidakpatuhan Saudara Arif Wicaksono terhadap aturan perkuliahan yang berlaku, yaitu tidak hadir tanpa keterangan sebanyak lebih dari tiga kali dalam satu semester, maka Saudara Arif Wicaksono tidak diperkenankan mengikuti UAS pada mata kuliah Drama yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 6 Maret 2020.

Harap menghadap dosen yang bersangkutan sebelum tanggal 4 Maret 2020.

Jika Saudara tidak menghadap dosen yang bersangkutan pada tanggal tersebut, nilai mata kuliah Drama yang Saudara ikuti akan langsung diberikan nilai E dan tidak boleh mengulang pada semester selanjutnya.

Sekian surat peringatan ini untuk segera ditindaklanjuti. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Malang, 24 Februari 2020
Mengetahui,

Kepala Bagian Akademik,
Drs. Nadiyah Hapsari

2. Contoh Surat Peringatan Siswa / Contoh Surat Peringatan Sekolah

Surat peringatan siswa ditujukan kepada siswa atau kepada orang tua wali murid. Surat tersebut dibuat oleh pihak sekolah sebagai peringatan kepada siswa. Berikut contoh surat tersebut.

Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan
SMA Negeri Tunas Bangsa
Jalan Durian No. 34 Magetan

SURAT PERINGATAN
Nomor: 32/B/II/2020

Surat Peringatan 1 ini ditujukan kepada siswa:

Nama: Dian Anggraini
Kelas: XI IPA 2
NISN: 908767836

Sehubungan dengan peraturan sekolah yang mewajibkan para siswa untuk datang dan hadir dengan tepat waktu di sekolah, yakni pada pukul 07.00 pagi, maka dengan ini kami akan memberikan surat peringatan kepada siswa dengan nama tersebut di atas.

Hal ini dikarenakan siswa dengan nama tersebut di atas datang terlambat ke sekolah selama 4 hari berturut – turut dalam bulan Februari. Jika hal tersebut masih saja dilakukan, terhitung mulai awal bulan Maret, maka akan dikenai sanki sesuai dengan peraturan sekolah. Sanksi tersebut yaitu hukuman wajib berupa skorsing 2 (dua) jam tambahan sepulang sekolah selama bulan.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat diperhatikan.

Magetan, 24 Februari 2020
Kepala SMA Negeri Tunas Bangsa

BUDI RAHARJO, M.Pd
NIP 19770310 200203 1 028

3. Contoh Surat Peringatan Organisasi

Surat peringatan organisasi digunakan sebagai peringatan tertulis untuk anggota organisasi yang melanggar peraturan. Berikut contoh surat peringatan organisasi.

SMA Harapan Bangsa
Organisasi Siswa Intra Sekolah
Jalan Nusa Indah No. 37 Surabaya

Surat Peringatan Anggota
Nomor: 005/OSIS/SMA HB/I/2018

Yth. Saudara Rifka Amanda
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan hasil rapat bersama dengan eksekutif OSIS, Saudara/i yang bernama di bawah ini:

Nama: Rifka Amanda
Kelas: XI-IPS1
Jabatan: Bendahara 2

Telah 5 kali berturut-turut tidak mengikuti pertemuan pengurus OSIS dan tidak menjalankan kewajiban serta tugas sesuai perjanjian awal. Maka dari itu, kami beritahukan kepada saudara untuk aktif kembali mengikuti pertemuan OSIS serta menjalankan kewajibandan  tugas OSIS. Jika tidak, kami akan memberikan sanksi tegas atau pemberhentian secara tidak hormat.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian saudara/i, kami ucapkan terima kasih.

Surabaya, 3 Januari 2020
Ketua OSIS

Dimas Saputra

4. Contoh Surat Peringatan 1

Surat peringatan 1 ditujukan kepada pihak yang melakukan pelanggaran. Surat ini dikeluarkan pimpinan atau pihak yang berwenang untuk memberikan peringatan agar penerima surat tidak melakukan kesalahan lagi. Berikut contoh dari surat peringatan 1.

INDAH SEJAHTERA

Jalan Sumbersari No. 41 Ponorogo
Telepon: 082332334455/email: [email protected]

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
Nomor : 34/HRD-IS/III/2020

Dibuat oleh PT. Indah Sejahtera dan diperuntukkan kepada:

Nama: Jihan Maudy
Jabatan: Staff Marketing

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib perusahaan yang dilakuakn oleh Jihan Maudy, yakni berdasarkan hasil appraisal performance yang tidak mencapai target pemasaran yang diharapkan Tim Manajemen di bulan Januari dan Februari 2020. Yang mana sebagai seorang karyawan, Saudara dapat menjaga teta tertib kerja dan bersedia untuk meningkatkan performa kerja sesuai yang diharapkan oleh Tim Manajemen.

Maka dari pertimbangan tersebut perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Surat peringatan ini akan berlaku 1 (satu) bulan ke depan sejak diterbitkan.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan ke depan sejak diterbitkannya surat peringatan pertama ini Saudara tidak bermasalah dalam performa kerja yang menjadi dasar diterbitkan surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama Saudara dinyatakan tidak berlaku.
  3. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan sejak diterbitkannya surat peringatan pertama ini performa kerja Saudara kembali menurun, maka perusahaan akan memberikan surat peringatan ke-2 bagi Saudara.
  4. Selama masa peringatan ini berlaku atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah diterbitkannya surat peringatan ini, maka Saudara dilarang mengajukan cuti dalam waktu 3 (tiga) bulan ke depan.

Demikian surat peringatan pertama ini diterbitkan agar menjadi perhatian serta ditaati sebaik mungkin.

Hormat kami,

Jaya Mahardika
Direktur Utama

5. Contoh Surat Peringatan Pembayaran

Surat peringatan pembayaran merupakan surat yang digunakan untuk mengingatkan individu, instansi, perusahaan, atau lembaga terkait pelunasan pembayaran hutang atau tagihan. Berikut contoh surat peringatan pembayaran.

Surabaya, 11 Februari 2020

Nomor: 107/S-PP/II/2020
Lampiran: 1 halaman
Perihal: Teguran Pembayaran

Kepada
Yth. Manager CV. Ruang Belajar
Jalan Badak No. 39 Surabaya

Dengan hormat,
Dengan ini, kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami, perusahaan Bapak masih memiliki kewajiban pembayaran yang belum dilunasi sebesar Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) sesuai faktur Nomor: 152/PP/IX/2019 yang salinannya kami sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah melewati batas waktu yang telah disepakati, maka kami berharap Bapak berkenan segera melunasinya. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Gunung Ilmu

Ayunda Riska, S.E.
Manajer Keuangan

Nah, itu tadi beragam contoh surat peringatan yang bisa Anda gunakan. Semoga dapat memberikan manfaat dan memperlancar berbagai urusan. Terima kasih.

Tinggalkan komentar