Contoh Surat Peringatan

4 min read

contoh surat peringatan

Anda bekerja di sebuah perusahaan? Kalau iya, pasti akrab atau setidaknya pernah mendengar tentang surat peringatan (SP). Dokumen resmi ini biasanya dibuat oleh divisi HRD atau SDM untuk ditujukan kepada salah seorang karyawan.

Tentunya, datangnya surat tersebut bukannya tanpa sebab. Pasti ada sesuatu kesalahan yang telah diperbuat oleh dirinya, sehingga perusahaan terpaksa memberikan teguran secara resmi. Tidak hanya di dunia kerja, beberapa contoh surat peringatan berikut juga perlu Anda ketahui.

1.   Contoh Surat Peringatan 1

Dalam bidang profesional, penerbitan surat peringatan telah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan. Aturan tersebut salah satunya bertujuan agar karyawan terhindar dari PHK dengan memberikan teguran sesuai dengan tingkat kesalahan yang diperbuatnya.

Undang-undang tersebut juga telah mengatur tingkat surat peringatan menjadi tiga derajat, yaitu SP 1, 2, dan 3, yang masing-masing berlaku selama enam bulan masa percobaan. Berikut contoh penulisan surat peringatan dari perusahaan kepada karyawan.

PT ENDAH SARI MANAJEMEN
Jalan Raya Kendal Payak Km. 10, Karangduren, Kabupaten Malang
Telepon: (0341) 486118, Fax: (0341) 486114
email: [email protected]SURAT PERINGATAN
Nomor: 123/SP-ESM/2019/XIIDengan ini memberikan peringatan kepada:

Nama                    : Siti Rukmana
Jabatan                 : Staf Divisi Pemasaran

dikarenakan kelalaiannya dalam melakukan pelanggaran terhadap peraturan perusahaan terkait absensi. Yang bersangkutan telah melakukan tindak indisipliner, yakni absen selama enam hari berturut-turut tanpa keterangan, sehingga mengakibatkan tidak tercapainya target pekerjaan yang telah dibebankan.

Sebagai karyawan yang tergolong senior, seharusnya yang bersangkutan memiliki pengalaman lebih, terutama dalam hal mematuhi peraturan perusahaan sesuai dalam Surat Perjanjian Kontrak Kerja, serta menjadi teladan yang baik bagi karyawan lainnya.

Surat Peringatan ini diterbitkan dengan maksud untuk memberikan teguran kepada Yang Bersangkutan, sekaligus arahan dan peringatan, supaya perilaku tidak disiplin ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

Untuk memberikan efek jera, perusahaan memberikan hukuman kepada Yang Bersangkutan berupa:

·         Pengurangan insentif bulanan sebesar 20% dari jumlah keseluruhan.

·         Tidak diperkenankan mengambil cuti selama masa berlakunya surat peringatan ini.

Surat Peringatan ini berlaku selama 2 (dua) bulan, terhitung sejak pertama kali ditandatangani oleh Kepala Divisi SDM PT Endah Sari Manajemen dan diterbitkan.

Apabila selama masa berlakunya surat peringatan ini, Yang Bersangkutan kembali melakukan kesalahan yang sama. Maka perusahaan berhak menerbitkan Surat Peringatan kedua dengan sanksi lebih lanjut.

Demikian Surat Peringatan ini diterbitkan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 13 Desember 2019
PT Endah Sari Manajemen

 

Anton Suhendar
Kepala Divisi SDM

 

2.   Contoh Surat Peringatan Pembayaran

Dalam aplikasi lainnya, surat peringatan biasanya juga digunakan untuk melakukan penagihan, diterbitkan oleh instansi yang berhak menerima pembayaran atas layanan jasa atau penjualan produknya kepada pihak lain.

CV SURYA KENCANA
Jalan Bunga Flamboyan No. 14, Kedawung, Malang
Telepon/Fax: (0341) 490285Nomor      : 033/SP-INV/2019-SK/VII
Lampiran  : invoice penagihan 1 (satu) lembarHal            : Surat Peringatan PembayaranKepada, Yth.
Kepala Finance,
PT Endah Sari Manajemen
Jalan Raya Kendal Payak Km. 10
Kabupaten Malang

Sehubungan dengan telah selesainya pekerjaan Desain Interior Kantor PT. Endah Sari Manajemen, sesuai ketentuan dalam Perjanjian Kontrak Kerja Nomor: 3/SK-ESM/2019/II, tertanggal 1 Februari 2019, maka bersama datangnya surat ini kami mengajukan peringatan pelunasan biaya pekerjaan dengan uraian sebagai berikut:

a.     Nilai Tagihan                          : Rp 35.000.000,-

b.    Uang Muka                             : Rp 10.000.000,-

c.     Pembayaran Termin I             : Rp 15.000.000,-

Jumlah tagihan belum terbayar     : Rp 10.000.000,-

Terbilang: sepuluh juta rupiah

Bersama ini juga kami lampirkan 1 (satu) lembar invoice penagihan sesuai dengan nominal yang telah ditentukan dalam Perjanjian Kontrak Kerja.

Mengingat ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian Kontrak Kerja tersebut, kiranya pembayaran dapat diselesaikan maksimal dalam waktu 2 (dua) minggu sejak disampaikannya Surat Peringatan Pembayaran ini.

Penyelesaian pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening bank:

Nama bank           : Bank Central Asia Wilayah Malang
Nomor rekening   : 4402231590
Atas nama            : CV. Surya Kencana

Demikian surat ini diterbitkan untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Malang, 2 Juli 2019
CV Surya Kencana

 

Ayu Kanjeng Renata, S,Ak.
Administrasi Keuangan

 

3.   Contoh Surat Peringatan Organisasi

Pengurus organisasi resmi juga berhak menerbitkan surat peringatan terhadap anggotanya yang melakukan tindakan indisipliner. Aplikasinya hampir mirip dengan surat peringatan dalam dunia kerja. Berikut contoh penulisannya.

DEWAN PIMPINAN DAERAH
PARTAI DEMOKRASI SOSIAL
Provinsi Jawa TimurSurabaya, 14 November 2019Nomor                  : 01/SP-DPD-05/DemSos/XI/2019
Sifat                       : Khusus
Lampiran              : –
Perihal                   : Surat PeringatanKepada, Yth.
Pranoto Kusuma Atmaja
di
Tempat

Salam demokrasi,

Salam sejahtera, dengan iringan doa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menganugerahkan kesehatan dan kelancaran, serta kesuksesan dalam segala aktivitas yang kita semua lakukan.

Berdasarkan Hasil Rapat Pimpinan Partai Demokrasi Sosial Daerah Jawa Timur, dengan Keputusan Ketua DPD Nomor: 02/Kep-DPD-05/DemSos/XI/2019 memutuskan untuk memberikan Surat Peringatan dan Teguran Keras kepada Saudara Pranoto Kusuma Atmaja, dikarenakan yang bersangkutan telah melakukan tindakan indisipliner yang melanggar Peraturan Partai, yaitu penggelapan dana Rapat Tahunan DPD Partai Demokrasi Sosial periode 2018.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini yang bersangkutan juga dikenai sanksi berupa:

·         Pencopotan jabatan sebagai Kepala Bidang Kesejahteraan

·         Skorsing dari keanggotaan partai maksimal selama 2 (dua) tahun

·         Mengganti dana yang telah digelapkan, yaitu sebesar Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah), selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sejak ditetapkannya surat ini.

·         Melapor dan menyerahkan diri kepada pihak yang berwajib karena telah melakukan tindak pidana penggelapan dana, dan bersedia mengikuti proses hukum hingga tuntas

Demikian surat peringatan ini diterbitkan mohon digunakan sebagaimana mestinya.

Dewan Pimpinan Daerah
PARTAI DEMOKRASI SOSIAL

 

Drs. Agus Wahyudi, S. H.
KETUA DPD 05 JAWA TIMUR

 

4.   Contoh Surat Peringatan Siswa / Contoh Surat Peringatan Sekolah

Instansi pendidikan pun tak jarang menerbitkan surat peringatan. Umumnya, karena ada siswa yang melakukan pelanggaran. Atau kadang kala juga berupa surat peringatan pelunasan pembayaran iuran sekolah.

YAYASAN PENDIDIKAN AN-NUR
MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA
Jalan Kawali-Panjalu No. 123, Ciamis-46253
Telepon/Fax: (0265) 739 184No             : 011/SP-MA/IV/2019
Lampiran  : –
Hal            : Surat PeringatanYang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Madrasah Aliyah Nurul Huda Ciamis, memberitahukan bahwa sehubungan dengan pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan oleh putra/putri Bapak/Ibu/Wali siswa:Nama  : Ardian Bachtiar
Kelas   : IX-2
NIS      : 462000132
Alamat            : Jalan Melati II No. 49, Ciamis

Maka dengan ini, kami mewakili pihak sekolah dengan sangat terpaksa memberikan sanksi skorsing kepada siswa. Dan agar selama masa hukuman, yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan di sekolah selama 3 (tiga) hari, terhitung sejak tanggal 4 s/d 6 Mei 2019. Melalui sanksi tersebut, diharapkan siswa tidak mengulangi lagi kesalahannya, juga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk melakukan pembinaan di rumah.

Demikian kami sampaikan surat ini. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu/Wali siswa, kami sampaikan terima kasih.

Ciamis, 23 April 2019
Kepala MA Nurul Huda

 

WS. Rendranata
NIK. 10045012.980.2100

 

5.   Contoh Surat Peringatan Mahasiswa

Sementara di dunia perkuliahan, surat peringatan mahasiswa bisa dikeluarkan oleh pihak kampus atau organisasi resmi yang diakui universitas. Sebagai contoh, berikut surat peringatan dari badan eksekutif mahasiswa kepada anggotanya.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
KELUARGA BESAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA KARYA
Sekretariat: Jl. Bondowoso No. 2, MalangSURAT PERINGATAN I
No: 052/02/BEM-UWK-FE/II/2017Salam sejahtera,Terhitung sejak diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Widya Karya No: 011/05/SK-FE/I/2017 tentang Pengangkatan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM-FE) Universitas Katolik Widya Karya. Maka, sebagai wujud dari evaluasi kinerja pengurus BEM FE-UWK periode 2017, dirasa perlu terbitnya Surat Peringatan yang ditujukan kepada:

Nama        : William Andre
Jurusan     : Manajemen Pemasaran
Jabatan     : Ketua Seksi Pengembangan

Surat peringatan ini dibuat berdasarkan hasil pantauan Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, beserta Badan Pengurus Harian BEM FE-UWK, atas kinerja Saudara yang mencakup:

1.     Kelancaran dalam komunikasi antarpengurus

2.     Keaktifan dalam agenda rapat dinas dan global

3.     Keikutsertaan dalam agenda-agenda BEM FE-UWK

Demikian surat ini diterbitkan, teriring harapan semoga Saudara dapat kembali menjalankan komitmen dan kewajiban di BEM FE-UWK. Atas perhatian dan kerja samanya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Gubernur Mahasiswa FE
Universitas Katolik Widya KaryaEdi Peni Shintawati
NIM: 440156012901
Sekretaris BEM FE
Universitas Katolik Widya KaryaFanny Christina
NIM: 430205031009

 

Itulah beberapa contoh penulisan surat peringatan. Jika Anda ingin mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, silakan menyadur contoh-contoh di atas dan mengganti poin-poinnya sesuai kebutuhan. Praktis dan mudah, bukan?

Contoh Teks Deskripsi

root
3 min read

Contoh Dialog Interaktif

root
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *