Contoh Teks Deskripsi

3 min read

Contoh Teks Deskripsi

Inti dari komunikasi adalah bagaimana sebuah informasi dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh pihak lain. Dalam dunia penulisan, salah satu aplikasinya adalah menggunakan teks deskripsi.

Teks deskripsi memiliki pengertian dan struktur tersendiri. Tujuan penulisannya adalah menjelaskan sesuatu, sesuai dengan hakikat komunikasi itu sendiri. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai teks deskripsi, berikut ulasannya.

Pengertian Teks Deskripsi

Istilah deskripsi merupakan saduran dari bahasa Latin, describere, yang berarti menggambarkan suatu hal. Menurut KBBI daring, deskripsi adalah uraian, pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Berdasarkan istilah di atas, maka pengertian teks deskripsi adalah sebuah karya tulis yang isinya merupakan gambaran dari sebuah keadaan, peristiwa, atau informasi lainnya. Gambaran dibuat sejelas mungkin agar pembaca mendapatkan pengalaman inderawi ketika membacanya.

Pengalaman inderawi berarti melibatkan panca indera. Artinya, pembaca seakan-akan dapat ikut melihat, mendengar, meraba, mencium, bahkan merasakan sebuah gambaran yang tertulis di dalam teks deskripsi.

Struktur Teks Deskripsi

Tidak sembarang karya tulis atau karangan bisa disebut teks deskripsi. Teks deskripsi memiliki struktur yang dimaksudkan untuk memudahkan penulis dalam membuatnya. Pembaca pun dengan mudah dapat mengidentifikasinya.

Adapun struktur teks deskripsi, antara lain sebagai berikut.

1. Identifikasi

Struktur yang pertama ini merupakan bagian umum yang menjadi langkah pertama dalam pembuatan teks deskripsi. Bagian ini berisi perkenalan awal mengenai informasi yang diangkat atau diulas dalam teks deskripsi.

2. Deskripsi

Pada bagian ini, informasi mulai disajikan. Penulis menjelaskan sesuatu dengan penggambaran yang jelas. Menggunakan cara sistematis untuk mengklasifikasi atau mengelompokkan informasi dari beberapa satuan sudut pandang.

3. Penutup

Penutup berada di bagian akhir teks deskripsi. Bagian ini umumnya menyajikan rangkuman, kesimpulan, atau menegaskan kembali poin-poin penting dalam teks deskripsi. Dengan begitu, pembaca semakin memahami gambaran informasi yang disajikan.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

Anda dapat mengidentifikasi bentuk teks deskripsi dengan memperhatikan keberadaan tiga struktur utamanya, seperti dibahas pada poin sebelumnya. Kemudian secara umum, Anda juga bisa mengetahuinya berdasarkan ciri-ciri umum teks deskripsi, yaitu:

  • Teks deskripsi pasti menjelaskan tentang sesuatu, baik itu benda, makhluk, peristiwa, kondisi, maupun jenis informasi lainnya;
  • Teks deskripsi menggambarkan informasi secara terperinci. Mulai dari ciri-ciri fisik, lingkungan sekitar, hingga unsur tak kasat mata dari informasi tersebut; serta
  • Teks deskripsi menyajikan pengalaman inderawi, membuat pembaca dapat terbawa menyelaminya. Sehingga berpikir bahwa dirinya sedang berada di posisi penulis atau tokoh utama, jika teks deskripsi berbentuk cerita.

Itulah sedikit penjelasan mengenai teks deskripsi, mulai dari pengertian, struktur penyusun, sampai ciri-cirinya. Agar Anda lebih mendalami bentuk teks deksripsi, berikut beberapa contoh yang bisa dicermati.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Singapura

Singapura terletak di antara Indonesia dan Malaysia. Populasi Singapura hanya sekitar 5,6 juta jiwa dengan luas wilayah 721,5 km persegi. Warga etnis Tionghoa, Melayu, dan India mendominasi negeri ini.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Sekolah Masa Kecilku

Dahulu, aku pernah bersekolah di SD Dharma Wanita IKIP Malang. Sekolah itu hanya sejauh satu kilometer dari rumahku, tepatnya di Jalan Magelang No. 6, Malang. Daerah di sekitar sekolah relatif sepi, karena berada di lingkungan perumahan pribadi yang cukup elit.

Halaman sekolah pun cukup asri dengan pohon-pohon besar yang tumbuh di atasnya. Di situ juga terdapat arena bermain bagi anak-anak TK karena memang gedung sekolah tersebut digunakan oleh SD dan TK Dharma Wanita.

Terdapat empat gedung utama di sekolah kami. Kalau dilihat dari atas, bentuknya persegi, dengan bangunan berada di keempat sisinya. Di tengahnya terdapat lapangan yang biasa dipakai untuk upacara, olahraga, atau kegiatan lainnya.

Gedung paling depan adalah kantor dan ruang guru yang menghadap ke barat. Bangunan kelas berada di bagian utara dan selatan yang masing-masing terbagi menjadi lima ruangan. Sementara, di sebelah timur terdapat area kamar mandi, gudang, dan ruang penjaga sekolah.

SD Dharma Wanita hanya memiliki sekitar 200 orang siswa. Guru-gurunya pun sedikit. Kebanyakan adalah alumni IKIP Malang, universitas keguruan terbesar di Malang pada waktu itu. Dari 200 siswa pun, tidak sedikit yang merupakan putra-putri karyawan IKIP Negeri Malang.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan (Kucing)

Si Belang

Dasar si belang yang menjengkelkan. Gelagatnya selalu manja, tetapi sehari-hari ada saja kelakuannya, dari mulai buang air sembarangan, sampai mengobrak-abrik isi keranjang sampah. Sudah diberi pakan di kandang, masih juga mencuri ikan di meja makan.

Hampir tiap pagi ibu mengomel karena jumlah ikan di dapur berkurang sepotong. Siapa lagi tersangkanya, kalau bukan kamu, Si Belang? Segera saja ibu mencarimu, mengangkat tubuhmu kemudian mulutnya komat-kamit cerewet sambil tangannya menjewer kuping imutmu.

Saat melihat situasi itu, kakak, ayah, dan aku malah tersenyum geli. Ibu sedang mengomeli anak bungsunya yang meskipun nakal tetapi tetap menggemaskan. Ya, itulah si belang, kucing mungil dan lucu kesayangan keluarga kami.

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah

Rumah Dijual

Sebuah rumah dijual di kawasan Blimbing, Malang. Alamat lengkapnya di Jalan Atletik No. 9, tidak jauh dari pusat kota. Luas tanahnya 42 meter persegi, dengan bangunan berukuran 6×6 meter persegi. Bangunan berdiri kokoh menggunakan material yang berkualitas.

Rumah memiliki dua kamar tidur, dilengkapi ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan satu ruangan di lantai atas untuk mencuci baju dan menjemur pakaian. Halamannya sederhana, cukup untuk memarkir satu unit mobil. Juga memiliki sebidang tanah untuk menempatkan taman.

Harga beli rumah ini mencapai Rp450 juta. Si pemilik membelinya melalui sistem KPR dengan uang muka Rp75 juta. Sehingga, cicilan bulanannya sekitar Rp2,7 juta dalam jangka waktu 15 tahun.

Karena si pemilik mengalami kesulitan ekonomi, dia bermaksud untuk menjualnya dengan harga di bawah pasaran. Pak Amir, pemilik rumah tersebut membuka harga sebesar Rp45 juta kepada siapa saja yang bersedia membeli dan melanjutkan plafon kredit yang tersisa 10 tahun.

Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Kamera Nikon D7500

Kamera satu ini memiliki kelebihan pada kualitas jepretan, fokus, kecepatan lensa, dan fiturnya yang bervariasi. Nikon D7500 dilengkapi lensa resolusi 20,9 MP dengan ISO 51.200. Untuk menangkap objek bergerak, kamera ini dapat memotret hingga kecepatan 8 gambar per detik.

Nikon D7500 adalah versi ekonomis dari Nikon D500. Komponennya sekelas kamera profesional. Sebut saja prosesor gambar Expeed 5, teknologi Snapbridge untuk konektivitas nirkabel yang lebih fleksibel, yaitu via wifi, Bluetooth, atau NFC (Near Field Connectivity).

Namun, kamera ini juga mempunyai sejumlah kekurangan, terutama di sektor pengambilan gambar video. Ketajaman hasil rekaman video mencapai 4K, tetapi hasilnya akan terpotong sehingga berukuran lebih kecil. Fokus saat pengambilan video pun kurang stabil.

Demikianlah contoh-contoh teks deskrispsi lengkap dengan pengertian, struktur, serta ciri-cirinya. Selain contoh di atas, Anda dapat pula menemukan contoh teks deskripsi tentang alam dan contoh teks deskripsi tentang tempat wisata di internet. Semoga membantu!

Contoh Dialog Interaktif

root
4 min read

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh surat rekomendasi pastinya dibutuhkan jika Anda bermaksud mengikuti seleksi sebuah program bergengsi, melamar beasiswa yang kompetitif, maupun naik pangkat dalam pekerjaan. Surat ini...
Laili N.
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *