25 Film Drama Korea Terbaik Mendunia (Rekomendasi Paling Romantis)

Daftar drama korea terbaik dan romantis semuanya telah disajikan di bawah ini. Sebenarnya drama rating tinggi tidak hanya yang menceritakan romantisme sepasang kekasih, namun juga seluruh genre seperti halnya film produksi Hollywood.

Film drama korea terbaik sudah menjadi komoditi yang dicari-cari para penggemar film dari seluruh belahan dunia. Saat ini Korea Selatan menjadi salah satu kiblat industri hiburan. Banyak anak muda hingga dewasa rela bertemu salah satu pemain film berikut jika bertandang ke negaranya.

  1. Mr. Sunshine

kdramazone.com

Kim Eun Sook lah sosok di balik skenario Mr. Sunshine. Dia pula perancang kesuksesan film Goblin dan Descendant of the Sun (DotS). Adapun Mr.Sunshine sendiri menceritakan aktivis Korea yang berperang demi sebuah kemerdekaan di masa Joseon, 1871.

Choi Yoo-Jin adalah seorang budak yang masih anak-anak. Ia melarikan diri hingga Amerika Serikat setelah mendapati orangtuanya menjadi korban pembunuhan. Bocah kecil itu lantas kembali ke Amerika pada 1871 menumpang misi Shinmiyangyo, sebuah ekspedisi dari Amerika menuju Korea.

Saat itulah ia kembali ke tanah kelahirannya sebagai marinir Amerika Serikat. Konfliknya terjadi ketika Yoo-Jin menyukai Go Ae-shin, putri bangsawan yang membawanya pada kerumitan kondisi jatuh cinta.

  1. My First Love

youtube.com

Drama korea terbaik bagus kedua adalah Aeganjang yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ‘My First Love.’ Drama terbaru ini dirilis oleh Kim Hee Ran bersama Kim Byung Gwan pada 2015. Awalnya film ini adalah web komik yang lantas diadaptasi menjadi drama serial.

Kang Shin-woo hanyalah guru berusia 28 tahun yang mengajar Matematika dan tidak kunjung memiliki pasangan karena gagal move on dari Han ji-soo, gadis pertama yang dicintainya. Film drama korea ini memang mencampurkan antara romantis dan komedi.

Shin-woo flashback ke masa SMA dan bertemu Ji-soo. Kelihatannya memang klise. Namun di mana lagi kita bisa melihat orang kembali ke masa lalu dan mewujudkan keinginannya bersama kekasih masa SMA yang sudah 10 tahun berpisah?

  1. Grand Prince

soompi.com

Sung Ja-Hyun adalah wanita cantik yang menjadi rebutan dua pangeran. Genre dari drama Grand Prince ini adalah historical romance. Mengisahkan kehidupan dua pangeran yang sifatnya bertentangan.

Pangeran pertama bernama Lee Kang yang terkenal licik dan merasa pantas jadi Raja. Sedangkan adiknya, Lee Hwi berbakat dalam sastra seperti membuat puisi dan melukis. Ia lebih tampan dan tentunya wajar jika lebih populer dibanding kakaknya.

Para pemain dalam drama korea ini sangat tampan. Sehingga walaupun drama kolosal ini alurnya mudah ditebak, tetapi tetap banyak penggemarnya.

Apalagi saat konflik Lee Kang yang selalu mencoba menggeser keponakannya yang menjadi putra mahkota. Namun di sisi lain, Lee Hwi menggagalkan usaha kakaknya dan ini membuat mereka terlibat permusuhan dingin.

  1. A Poem Day

youtube.com

Drama Korea terpopuler nomor empat adalah serial a poem day. Di beberapa negara drama ini dikenal sebagai ‘you who forgot poetry.’ Mengisahkan tiga orang terapis dengan kepribadian unik masing-masing dimana mereka bekerja di rumah sakit sama.

Kehidupan terapis fisik bernama Ye Jae Wook dipenuhi oleh hari menjadi guru terapis karena ia memang ahli di bidangnya. Selain itu, Jae-Wook juga menduduki jabatan penting dalam tim terapis rumah sakit secara legal.

Di sisi lain, ada terapis bernama Woo-Bo yang baru bekerja 3 tahun. Ia bermimpi menjadi penyair terkenal. Sedangkan terapis terakhir adalah Shin Min-ho yang menjadi peserta pelatihan terapis padahal membenci bidang itu.

Sayangnya, nilai Min-ho tidak cukup untuk masuk kedokteran. Padahal ia sangat menginginkan masuk kedokteran mengikuti rekam jejak ayah ibunya.

  1. Fluttering Warning

dailyasia.com

Seolremjoouibo adalah judul novel web yang dicetuskan oleh Seo Han-Kyeol. Dari situlah kemudian lahir Fluttering Warning sebagai serial drama yang rilis 31 Oktober hingga 20 Desember 2018. Sehingga film ini termasuk drakor terbaru.

Cha Woo-Hyun adalah dokter kulit ganteng yang bertemu Yoon Yoo-Jung, aktris tersohor dengan segudang prestasi. Sayangnya, Yoo-Jung banyak menjadi bulan-bulanan karena tidak pernah bisa mempertahankan masa pacaran lebih dari 100 hari.

Di Fluttering Warning inilah cerita pasangan pura-pura terjadi. Dokter kulit terlibat skandal bersama artis dan akhirnya menjalin hubungan palsu. Dalam prosesnya, mereka berdua benar-benar jatuh cinta.

  1. Radio Romance

randomkoreandramaquotes.tumblr.com

Drama korea terbaik radio romance lebih terkenal di Indonesia daripada Korea Selatan. Terdiri dari 16 episode, film ini mengisahkan kegigihan Song Geu Rim yang merupakan penulis naskah radio yang sebenarnya tak berbakat menjadi penulis.

Ibu Song Geu Rim adalah tunanetra. Beliau sangat menyukai radio. Dari situlah Song Geu Rim bercita-cita menjadi penulis radio dan mengawali karirnya dengan menjadi asisten penulis selama 5 tahun.

Salah satu programnya bersama artis bandel hampir dibatalkan karena artisnya bertindak sesuka hati. Di sinilah karir Geu Rim mulai dipertaruhkan. Ia menemui Jo Soo-ho dan melakukan apapun demi merekrut artis papan atas  Ji Soo-ho. Drama romantis pun dimulai.

Salah satu quote pamungkasnya adalah:

“Just because you’re not crying doesn’t mean you’re not sad. Just like how smiling doesn’t mean you’re happy.”

  1. Life

pinterest.com

Apakah Anda menyukai bidang medis? Mungkin Anda dapat memperluas wawasan dari serial drama Life. Drama korea ini membuka borok rumah sakit bahwa ternyata ada banyak unsur perebutan kekuasan serta usaha politisir keadaan.

Baca juga:

Cho Seung-woo dan Lee Dong-wook menjadi bintang atas naskah yang ditulis Lee Soo-yeon. Ceritanya ada rumah sakit terkenal di Universitas Sangkook.  Seorang dokter di UGD, Ye Jin-Woo memiliki kharisma tinggi.

Dokter UGD tadi memiliki hubungan baik dengan Direktur Rumah Sakit, dr. Lee Bo-Hoon. Sayangnya sang direktur terkena serangan jantung dan meninggal. Sementara penggantinya, Koo Seung-hyo memiliki sifat dingin dan ambisius.

  1. Are You Human Too?

pinterest.com

Drama korea terbaik ini menceritakan robot dengan kecerdasan buatan yang diciptakan Oh Ra-ra. Ra-ra hanyalah ibu rumah tangga yang lalu memberi nama robot buatannya, Nam Shin III. Robot tadi dibuat semirip mungkin dengan anaknya.

Anak dari Oh Ra-ra yang sebenarnya sedang berada pada tahun kelima koma di rumah sakit karena kecelakaan. Padahal ia adalah pewaris harta chaebol. Robot AI tadi diberikan pengawal yang awalnya tak menyukai sang robot.

Pengawal dari robot AI adalah mantan MMA, Kang So-bong. Namun seiring dengan waktu berlalu dan keterpaksaan untuk terus merawat robot milik juragannya, Kang So-Bong akhirnya mencintai robot AI tadi.

  1. Live

pinterest.com

Drama korea terbaik sepanjang tahun 2018 adalah Live. Serial drama korea terbaru ini masuk dalam kategori aktor pendukung terbaik dan top excellence actrees. Kehidupan yang dikisahkan dalam Live menguak bagaimana sebenarnya petugas kepolisian dalam divisi patroli.

Han Jung-oh menjadi perwira perempuan yang diberi tugas melawa  chauvinisme pria. Ada Oh Yang-chon yang seorang letnan dedikatif namun hubungannya bersama sang istri, Ahn Jam-mi sedang retak. Sementara Yeom Sang-soo adalah mantan militer yang bergabung ke kepolisian supaya bisa hidup layaknya orang biasa.

Parahnya, ia jatuh cinta pada Han Jung-oh. Memang setiap tokoh dalam Live memiliki ceritanya masing-masing.

  1. Mother

k-series.me

Drama korea populer kesepuluh adalah Mother. Sebenarnya film ini hanya remake dari film Mother versi Jepang yang terkenal pada tahun 2010. Hasil remake kemudian ditayangkan lagi di tvN Korea tahun 2018.

Baca juga: 25 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik (Kualitas Setara Film Luar Negeri)

Hye-na adalah gadis cilik yang menjadi korban kekerasan ibunya. Ia menyembunyikan rasa sakitnya bahkan ketika orang lain curiga dia menjadi korban kekerasan. Hye-na selalu mencoba menjadi pribadi yang ceria dan kuat.

Suatu hari, guru Hye-na, Soo Jin mengetahui fakta yang selama ini tersembunyi. Sang guru kemudian menculik Hye-na dan berjuang merebut hak asuh Hye-na.

  1. 100 Days My Prince

dramabeans.com

Drakor rekomendasi nomor 11 adalah 100 Days Husband atau 100 Days My Prince. Inilah drama korea terbaik rating tertinggi se-Korea. Latarnya berada di era Joseon, dinasti Hanseong. Fokus yang diceritakan adalah Pangeran Lee Yool bersama Yoon Yi Seo, teman semasa kecilnya.

Sejak kecil Pangeran memang menyukai Yi Seo bahkan berniat menikahinya ketika dewasa. Sayangnya intrik dalam keluarga kerajaan membuat impian itu pupus. Bahkan keluarga kerajaan tega menghilangkan nyawa ayah Yi Seo dan memaksa mereka pindah serta merubah identitas.

Yi Seo berubah menjadi Hong Shim. Suatu saat ketika pangeran Lee Yool dewasa, ia menghilang selama 100 hari dan kehilangan ingatan. Selama itu pula ia hidup di luar tembok istana. Namanya dirubah menjadi Won Deuk. Ia bertemu kembali dengan kekasih masa kecilnya yang sekarang bernama Hong Shim.

  1. Your Honor

mydramalist.com

The Judge adalah nama lain dari serial drama korea yang menceritakan dua anak muda kembar identik. Han Soo-Ho adalah hakim jujur dan adil. Sedangkan saudara kembarnya, Han Kang-Ho adalah kriminal yang pernah dipenjara hingga 5 kali.

Kedua saudara tadi memang tidak pernah akur sama sekali, meskipun kembar identik. Ada masa ketika Soo Ho diculik dan saat itu juga Kang Ho menjadi buronan polisi. Kang Ho menyembunyikan diri di rumah Soo-Ho dan pura-pura menjadi saudaranya.

Kang Ho sebenarnya tidak tahu bagaimana hukum berjalan. Tetapi karena wajahnya sama persis dengan Soo-ho, publik percaya ia adalah hakim yang sebetulnya. Pengalamannya sebagai penjahat sedikit banyak mengajarkannya bagaimana pengadilan berjalan.

Uniknya, Kang Ho akhirnya benar-benar menjadi hakim yang dihormati karena menjalankan pekerjaan itu penuh dedikasi.

  1. Misty

pinterest.com

Bagaimana jika ada mantan jaksa dan penyiar berita berumah tangga? Go Hye Ran adalah penyiar berita terbaik 7 tahun berturut-turut. Ia sangat produktif di kantornya hingga lupa sebagai istri dari Kang Tae –Wook, seorang pensiunan jaksa.

Hye-Ran menjalin hubungan gelao dengan pria yang juga sudah berkeluarga. Takdir membuat kekasih gelapnya meninggal  dunia entah karena apa. Namun kejadian ini memposiiskan Hye-Ran sebagai tersangka.

Scene mengharukan terjadi ketika Tae-Wook memperjuangkan istrinya karena yakin istrinya tidak bersalah. Tae-Wook pun menjadi pengacara gratisan Hye-Ran dan membela istrinya mati-matian hingga meja pengadilan. Kejadian ini membuat mereka berdua kembali jatuh cinta

  1. What’s Wrong With Secretary Kim

soompi.com

Jung Kyung-yoon awalnya menulis judul ini dalam sebuah novel web pada 2013. Lee Young-joon adalah seorang wakil presiden di perusahaan besar. Ia kaya, pintar dan tampan, sayangnya juga arogan.

Sang wakil presiden bekerja bersama Kim Mi-So, seorang sekretaris handal dan dapat dipercaya 9 tahun terakhir. Mi-So ingin resign. Young-joon tidak mengizinkan dan menawarkan kenaikan gaji untuk mencegah Mi-So pindah.

Young-joon yang memang bersifat arogan berpikir Mi-So menyukainya. Akhirnya ia mencoba meluluhkan Mi-So dengan cara melamar, tetapi Mi-So menolaknya. Selama satu bulan berjalan, Mi-So berusaha keluar dan belum berhasil.

Di sisi lain, Young-joon juga berusaha mencegah kepergian sekretarisnya dengan berbagai cara pribadi. Semua usaha ini justru menumbuhkan rasa cinta di antara keduanya. Jika Anda menyukai komedia yang dramatis, coba saja tonton sendiri.

“You call this “trying your best? Is  this really the best you can do?” –Lee Young-Joon-

  1. Beauty Inside

mydramalist.com

Han Se-Kye adalah artis kondang dengan kepribadian misterius. Seringkali ia hilang dari rutinitasnya. Tiba-tiba saja ketika ditemukan, Se-Kye sudah menjadi orang lain dalam jenis kelamin, bentuk bahkan usia berbeda.

Kebiasaan misterius tadi terjadi minimal sebulan sekali. Tiap bulan, selalu ada satu minggu dimana Se-Kye bertingkah aneh begitu. Hingga akhirnya Se-Kye mengenal Seo Do Jae, seorang eksekutif perusahaan penerbangan besar.

Do-Jae memiliki kelemahan tidak bisa mengingat orang dari wajahnya. Ia mengatasi kelemahan itu dengan mengenal orang dari kebiasaannya. Di sinilah Do Jae bisa mengenali Se-Kye dalam kondisi apapun dan berubah menjadi siapapun.

  1. Hundred Million Stars From The Sky

dramabeans.com

Drama Korea rekomendasi ke-16 adalah hasil remake dari film Jepang dengan judul sama, hanya saja dipublikasikan pad 2002. Ada seorang detektif handal, Yoo Jin-Gook yang ingin resign. Detektif tersebut terakhir kali menangani kasus pembunuhan mahasiswi.

Kasus pembunuhan yang disetting seakan mahasiswi tersebut bunuh diri. Adik dari Yoo Jin-Gook adalah gadis perempuan bernama Yoo Jin-kang dan sedang menjalin hubungan dengan Kim Mou-Young yang misterius.

Mou-Young tidak begitu ingat bagaimana masa kecilnya. Akan tetapi diceritakan bahwa Mou-Young suka bermain dengan wanita lalu memperlakukannya secara buruk. Anehnya, Jin-kang tetap mencintai Mou-Young.

Jin-Gook curiga Mou-Young adalah dalang di balik pembunuhan mahasiswi yang kasusnya ia pegang. Tentu saja Jin-Gook berusaha memisahkan adiknya dengan pria tidak jelas tadi. Alur dari film ini tidak tertebak. Coba saja ikuti arusnya!

  1. Return

soompi.com

Inilah drama korea populer 2018. Ada empat lelaki kaya yang menjadi terdakwa atas kasus pembunuhan Yeom Mi-Jung. Mi-Jung adalah perempuan simpanan Kang In-Ho, salah satu pria kaya tadi. Pembunuhan terjadi setelah mereka berdua bertengkar.

Choi Ja-Hye adalah pengacara yang ditugaskan menangani kasus di atas bersama dektektif Dogo Young. Dari sang detektif ditemukanlah beberapa riwayat gelap para pria kaya tadi. Ternyata mereka pernah berbuat kriminal saat remaja.

Pengacara bekerjasama dengan detektif ternyata tidak cukup kuat untuk menjebloskan pria yang punya kedudukan. Ada banyak lika-liku supaya pelaku pembunuhan menerima ganjarannya.

  1. Gangnam Beauty

pinterest.com

Kang Mi-Rae memiliki sifat pemalu karena sejak kecil selalu dihina wajah jeleknya. Ia pun mengoperasi wajahnya supaya lebih menawan. Harapan tidak dipermalukan tidak terkabul. Pasca operasi plastik orang-orang justru menyebutnya ‘gangnam beauty.’

Kondisi baru berubah setelah si gangnam beauty bertemu Do Kyung-Seok, teman SMP-nya yang asli ganteng dan sekarang sudah populer. Sebenarnya Do-Kyung datang dari keluarga yang tidak utuh. Akan tetapi ia pintar dan tidak hanya menilai orang dari penampilannya.

Kebaikan hati Do Kyung-Seok membuat Mi-Rae lebih nyaman berinteraksi dengannya hingga kedua terlibat dalam perasaan mendalam. Film drama korea romantis ini diadaptasi dari sebuah komik web.

  1. Four Men

youtube.com

Kali ini prequel dari Man to Man sedikit berbeda. Dalam Four Men, hanya ada satu pria dengan empat karakter. Jadi, ada detektif wanita, Yeo-Rin yang merasa kesedihan mendalam akibat kehilangan Dong-Jin, pria yang dicintainya.

Detektif wanita tadi berusaha menelusuri sebab dari kematian prianya. Dalam usahanya, Yeo-rin bertemu kembaran kekasihnya yang bernama Kang Il Hoon. Hoon lantas membawa Yeo-rin untuk mengetahui rahasia yang sudah tersimpan lama.

  1. Boyfriend

kdramapal.com

Cha Soo-hyun adalah anak perempuan dari tokoh politik besar yang baru saja wisuda. Ia dinikahkan secara paksa dengan anak bos perusahaan terkemuka. Anehnya, saat pernikahan telah menghasilkan anak, sang ayah kembali memaksa mereka bercerai.

Kim Jin-Hyuk adalah lelaki muda yang lebih suka hidup sederhana. Ia sedang sibuk mengerjakan proyek freelancenya sembari mencari pekerjaan tetap.  Karena sudah lama tidak kunjung mendapat kerjaan bagus, Jin Hyuk sedikit penat.

Jin-Hyuk memutuskan pergi ke Kuba untuk sekedar liburan. Dari situlah Jin-Hyuk berkenalan dengan Soo-hyun dan romantisme berlanjut. Drama korea ini sudah ditayangkan pada 28 November 2018 dengan judul ‘encounter’ dan dibintangi Song Hye-Kyo serta Par Bo-Gum.

  1. Still 17

dramamilk.com

Shin Hye-Sun memerankan sebagai Woo Seo-Ri dalam film Thirty but Seventeen atau lebih dikenal sebagai ‘Still 17.’ Seo-ri adalah wanita 30 tahun berjiwa 17 tahun. Ia suka bermain biola dan sempat koma 13 taun di rumah sakita akibat kecelakaan.

Saat sadar dari komanya, Seo-ri sudah 30 tahun. Artinya ia gagal mewujudkan cita-citanya sebagai pemain biola. Di lain pihak ada Gong Woo-jin yang menjadi desainer panggung berusia 30 tahun tanpa pasangan.

Sejak kecelakaan yang dialami Seo-ri, Woo-jin selalu menyalahkan dirinya sendiri dan menjadi tertutup. Saat sudah sadar dari koma, Seo-ri yang tidak tahu harus kemana kembali ke rumahnya. Ternyata rumah itu sudah dimiliki Woo-jin dan Yoo Chan, keponakannya.

  1. My Secret Terrius

dramabeans.com

Jika Anda ingin mengikuti kisah para perempuan single fighter, sebaiknya tonton saja Terrius Behind Me atau My Secret Terrius ini. Mengisahkan Go Ae-rin yang harus ditinggal mati suaminya dan menjadi janda secara terpaksa.

Ia berusaha mengetahui penyebab kematian suaminya. Usaha ini dibantu oleh Kim Bon, tetangganya yang bekerja sebagai agen National Intelligence Service (NIS). Ae-rin lantas baru tahu bahwa ternyata almarhum suaminya terlibat dalam konspirasi tertentu.

  1. That Man Oh Soo

cosmo.ph

Inilah drama korea romantis yang dipadukan  dengan komedi dan misteri. Ceritanya Oh Soo adalah seorang owner dari kedai kopi.

Lelaki itu juga memiliki keahlian di bidang teknologi informasi, padahal usianya baru 20 tahun-an, namun masa depannya dengan gelar PhD di bidang kecerdasan buatan sudah sangat jelas. Selain itu, Oh Soo juga bisa mengidentifikasi emosi orang lain.

Emosi orang dilihat dari warnanya. Lebih dari itu, Oh Soo juga membuat serbuk perasaan bagi setiap customer kedai kopinya. Lewat serbuk tadi, Oh Soo sukses merekatkan kembali beberapa pasangan yang hampir putus.

Anehnya, Oh Soo tidak mempercayai hal bernama ‘cinta.’ Bahkan sebenarnya ia tidak menyukai kekuatan yang diwariskan dari keluarganya tadi. Kebenciannya pada cinta punah setelah bertemu Yoo Wi, polisi wanita yang berjiwa hangat dan ceria.

Mengerikan! Ketika pertama kali Oh Soo mencintai wanita, ada kutukan yang mengintai ia dan pasangan. Kira-kira apa kutukannya? Coba simak saja sampai habis.

“I hated seeing you hanging out with someone so nasty, so I’m glad you two broke up.”
-Episode2

  1. Cross

jessicapayan.wordpress.com

Cross: God’s Gift adalah sebuah drama korea tentang proses seseorang berdamai dengan keinginan balas dendamnya lewat jalan medis. Artis utamanya diberi nama Kang In-Kyu yang ayahnya menjadi korban pembunuhan brutal 13 tahun lalu.

Cara Kang membalaskan dendam adalah menjadi dokter sukarela di kantor medis yang dulu menjadi tempat pemenjaraan para terdakwa pembunuhan kasus ayahnya. Keinginan membalas dendam ini bahkan sangat terstruktur.

Kan In-Kyu sempat menjadi murid di sekolah kedokteran. Ia menjadi lulusan terbaik berkat skor lulus sempurna. Sejak cedera yang juga dialaminya 13 tahun lalu, otak kirinya memang lebih besar daripada otak kanan. Akibatnya, kemampuan keduanya pun berbeda.

Di sekolah kedokteran tadi ia mempelajari berbagai obatn-obatan yang dapat menghabisi nyawa orang dan yang bisa menyelamatkan nyawa. Film korea ini dibuat berseri dan memiliki rating tinggi. Lalu bagaiman dengan upaya balas dendamnya? Ikuti alurnya dengan menonton.

  1. Good Witch

youtube.com

Drama korea series ini menceritakan Cha Sun Hee dan Cha Do Hee. Keduanya adalah sepasang kembar identik yang karakternya seperti langit bumi. Sun Hee hanyalah ibu rumah tangga yang menjadi istri dari Bong Cheon-Dae, lelaki pengangguran.

Cha Do Hee adalah perempuan independen yang bekerja sebagai pramugari. Lantas di tengah film, keduanya mencoba bertukar peran. Sun Hee sekarang bekerja sebagai pramugari dan terlibat cinta pada co-pilot tampan, Song Woo-Jin.

Good Witch adalah rekomendasi film yang akan mengobrak-abrik emosi Anda. Sun-He nantinya akan memanipulasi keadaan dan berubah menjadi orang jahat. Lalu bagaimana Do-Hee merebut lagi kehidupan aslinya dari saudara jahatnya?

25 film di atas adalah daftar rekomendasi drama korea yang akan memberikan pelajaran kepada Anda.

Tinggalkan komentar