28 Judul Film Animasi Terbaik dan Bersejarah (Berbagai Genre)

Film animasi terbaik selalu menjadi incaran para remaja. Sebenarnya bukan hanya remaja penikmat film tersebut, banyak juga anak-anak bahkan orangtua yang turut duduk manis ketika genre animasi dipertontonkan.

Sejauh ini, film animasi masih menjadi film yang sangat sulit dalam proses pembuatannya. Selain aplikasi atau perangkat lunak yang dibutuhkan ada banyak jenis, keahlian programmernyalah yang tidak banyak diajarkan di perguruan tinggi.

Tak heran jika animator Indonesia banyak digaet luar negeri untuk membuat film seperti di bawah ini:

1. Zootopia

Sumber: bestbuy.com

Anak-anak yang baru belajar mengenal nama hewan sangat bagus dibersamai menonton Zootopia. Film ini mengisahkan sebuah perkotaan yang disesaki hewan mamalia.

Apalagi film ini mengocok perut penonton berkat alur 108 menit yang lucu.
Film akan dipenuhi oleh Nick Wilde dan Judy Hopps yang sedang berpetualan menjadi pemecah misteri kehidupan di Zootopia. Byron Howard, Jared Bush serta Rich Moore menjadi sutradara di balik animasi keren pertama ini.

2. Inside Out

Sumber: chipandco.co

Disney yang menjadi agensi film animasi 3 dimensi tersohor level dunia meluncurkan inside out. Disney mengangkat Ronnie Del Carmen bersama Pete Docter sebagai sutradara atas film berdurasi 94 menit tersebut.

Di bawah arahan dua orang di atas, inside out menceritakan gadis dengan lima sifat yang berbeda. Dengan lima sifat dalam satu kedirian inilah ia berhasil membangun kepribadian orang lain.

Unik, ya? Bagaimana menurut Anda jika film ini dianggap sebagai film animasi terunik?

3. Moana

Sumber: bigw.com.au

Lagi-lagi Disney memberikan angin segar bagi para animator handal. Kali ini film animasinya menceritakan dunia laut dimana Moana menjadi anak yang dibesarkan sangat dekat dengan lautan dan segala hiruk pikuknya.

Takdir mempertemukan Moana dengan Dewa Maui yang akhirnya membantu anak ingusan tersebut melakukan perjalanan panjang mencari jati diri. Dalam perjalanannya nanti, keduanya akan menyingkirkan beberapa musuh kejam.
Film yang berdurasi 107 menit ini disutradarai oleh John Musker dan Ron Clements.

Adapun cerita aslinya sudah sangat merakyat di daerah Polynesia. Hanya saja penyajian melalui animasi tentu menambah cerita rakyat semakin melegenda di dunia.

4. Monster Inc

Sumber: microsoft.com

Sully dan Mike adalah monster yang menakutkan. Uniknya, mereka tak seperti monster lain yang pandai menakut-nakuti anak kecil. Pada saat Mike dan Sully menakut-nakuti Boo yang masih kecil, Boo justru menunjukkan minat pada mereka hingga menjadi stalker monster.

Mau tidak mau akhirnya Sully dan Mike malah berusaha mengembalikan Boo ke rumahnya. Petualangan ke dunia monster ini disajikan oleh sutradara David Silverman dan Pete Docter selama 92 menit.

5. Finding Nemo

Sumber: newstatesman.com

Jika Anda pernah mengalami masa sekolah dasar sekitar tahun 2010-an, Anda pasti mengenal Finding Nemo. Animasi dari Disney ini memang sangat tersohor selama beberapa tahun karena bukan hanya menarik secara visual, namun juga banyak inspirasi yang termuat di alurnya.

Lee Unkrich dan Andrew Stanton menceritakan Finding Nemo sebagai kisah seekor ikan Nemo yang terjebak di jaring nelayan. Selama 100 menit diputar, film animasi inspiratif ini menceritakan usaha ayah Nemo berpetualang untuk mencari anaknya yang hilang hingga terancam dimangsa Hiu.

6. Frozen

Sumber: disney.co.uk

Soundtrack dari Frozen menjadi hits dimana-mana, bahkan sampai sekarang. Frozen adalah film 102 menit yang disutradarai Jennifer Lee dan Chris Buck yang menceritakan keluarga kerajaan dan kekuatan sihir yang melingkupinya.

Elsa dan Anna adalah adik kakak puteri Kerajaan. Elsa memiliki kekuatan sihir dari lahir. Ia bisa mengubah seluruh kota menjadi es jika sedang emosi. Elsa pun mengasingkan diri. Sementara Anna berpetualang mencari saudaranya dan berjuang menyembuhkan Elsa dari kutukan badai es abadi.

7. Isle of Dogs

Sumber: wbur.org

Film animasi anak selanjutnya adalah Isle of Dogs yang mengisahkan wabah flu di kalangan Anjing Jepang. Kemudian diputuskanlah para Anjing tersebut dikarantina di pulau asing. Cerita petualangan dimulai dengan tokoh bernama Spots

Spots adalah nama Anjing yang sedang diasingkan dan dicari oleh bocah petualang. Bocah tersebut mencari Spots dengan bantuan Anjing-anjing terasing lainnya. Lucu bukan? Pastinya akan ada banyak scene yang menunjukkan interaksi manusia dan Anjing di sini.

Film ini berdurasi 101 menit dan disutradarai oleh Wes Anderson. Jika Anak Anda masih takut bermain bersama Anjing, coba ajak duduk minum teh di depan layar yang memutar Isle of Dogs.

8. Incredibles 2

Sumber: vanityfair.com

Brad Bird menjadi sutradara atas animasi 118 menit ini. Incredibles 2 bukan termasik film animasi terbaru. Sekuel pertamanya ditayangkan di bioskop tahun 2004. Meskipun begitu, film ini bisa dibilang film animasi terbaik karena telah menghasilkan uang $1 milliar.

Perjuangan seorang ibu di dalam keluarga yang sedang menghadapi musuh ditonjolkan dalam film istimewa ini. Animasi yang satu ini sangat direkomendasikan ditonton bersama keluaga karena juga akan mengisahkan pembagian peran dan pekerjaan dalam keluarga.

9. How To Train Your Dragon: The Hidden World

Sumber: amazon.com

Sebenarnya animasi yang menceritakan Hiccup dan Toothless tersebut adalah sekuel ketiga. Di bagian ini dikisahkan ada Night Furry, nama Naga betina yang hadir menjadi buruan Grimmel, sang pemburu Naga.

Jika Anda suka film yang memacu adrenalin tapi disajikan dalam bentuk animasi imut, cobalah menonton film arahan sutradara Dean De Blois selama 104 menit ini.

10. Big Hero 6

Sumber: shopdisney.com

Hiro ialah anak yang sangat gandrung robotika. Ia mendapatkan hadiah Baymax, robot pintar yang akan mengurusnya. Robot tersebut sering bertingkah menggemaskan yang akhirnya memicu kejadian lucu dan inspiratif.

Don Hall bersama Chriss Williams mengatur Big Hero 6 menjadi film 102 menit. Selama itu pula Robot Baymax bersama Hiro akan melawan kejahatan para kriminal yang berusaha merusak bumi.

11. Ralph Break The Internet

Sumber: walmart.com

Revolusi industri 4.0 rupanya juga diperhatikan oleh industri animasi. Salah satu film animasi terkenal adalah Ralph Break The Internet. Di sekuel sebelumnya diceritakan Ralph berpetualang di Ding Dong, sebuah permainan klasik.
Pada sekuel ini Ralph dipertemukan dengan Venellope untuk menjelajahi dunia internet.

Mereka berhasil membobol internet demi mencari setir baru yang cocok menggantikan setir mobil milik Venellope. Ralph tidak betah di dunia internet, tapi Venellope kebalikannya.

Menurut kamu akankah mereka bertengkar atau saling meninggalkan? Jawabannya sudah disediakan sutradara Rich Moore dan Phil Johnston dalam film 112 menit tersebut.

12. Spider-Man: Into the Spider-Verse

Sumber: gortoncenter.org

Film animasi ini juga termasuk ke dalam kategori film action terbaik keluaran Marvel. Dimulai dengan laba-laba dari stasiun kota di bawah tanah yang menggigit seekor anak. Gigitan itu membuat sang anak berperilaku aneh.

Sang anak menemuka laboratorium lengkap dengan mesin menuju dunia paralel yang dibuat Fisk. Di alurnya nanti muncul juga Peter Parker yang mencoba menghancurkan mesin ajaib tersebut. Sayangnya, Peter harus gagal menghadapi musuh yang menghalangi niatnya.

Peter pun menghibahkan flash disk kepada Miles. Flash disk tersebut punya kemampuan menghancurkan mesin yang dibuat Fisk. Ketika memberikan benda elektronik tersebut, Peter sangat berharap Miles dapat menyetop niat busuk Fisk.

Selama 117 menit Miles berpetualang menghadapi musuh-musuh jahat dalam film Spiderman ini. Peter Ramsey dan Bob Persichetti memang lihai membawa penonton semangat mengikuti setiap aksi superhero ini.

13. The Lego Batman Movie

Sumber: zavvi.com

Chris McKay menjadi orang kreatif yang mengangkat karakter pada permainan lego menjadi film baru dan menghasilkan dollar dari sana. Apakah Anda juga salah satu pecinta lego?

The Lego Batman menceritakan Batman melawan Joker. Joker sudah dikenal sebagai karakter jahat tetapi erat dengan komedi. Penasaran jika kedua karakter tersebut bertemu dalam sebuah film animasi? Coba simak sendiri saja.

14. Cars 3

Sumber: youtube.com

Sekarang Cars 3 telah memiliki tiga sekuel. Sekuel yang terakhir disutradari Brian Fee. Cars 3 mengisahkan Lightning McQueen yang memutuskan kembali ke area balapan. Sayangnya, niat baik ini justru berujung kecelakaan tragis.

Lightning terpaksa keluar dari lintasan pertandingan. Kerennya, ia tidak langsung menyerah karena satu kecelakaan dan terus mencoba kembali bersama teman-temannya demi membuktikan ia pantas disebut juara. Anda dapat menikmati Cars 3 selama 109 menit pemutaran.

15. Despicable Me 3

Sumber: virginmegastore.ae

90 menit durasi Despicable Me 3, Sutradara Eric Guillon, Kyle Balda, Pierre Coffin melepaskan kerinduan penonton akan karakter Minion. Di sekuel ketiga dimulai dengan pertemuan Gru dan para saudara kaya-nya.

Gru dan saudara-saudaranya juga Lucy, istri Gru berjuang menghadapi penjahat demi misi penyelamatan bumi. Para Minions juga turut membantu misi tersebut. Unik, asik? Silahkan ditonton, pemirsa.

16. Ratatouille

Sumber: youtube.com

Ratatouille menjadi film animasi unik karena sepertinya Kelly Abury, sang Sutradara dan timnya memiliki cara pandang terbalik. Selama 111 menit, film ini mengisahkan tikus yang berada di rumah manusia dan membuat makanan untuk penghuninya.

Bayangkan ada seekor tikus yang menjalin kerjasama dengan chef ternama di restoran untuk menyajikan masakan. Nama tikus yang bercita-cita menjadi koki tersebut adalah Remy. Apakah Remy akan sukses menjadi koki atau justru dia yang menjadi bahan masakan?

17. Wall-E

Sumber: amazon.com

Film animasi terbaik Disney menceritakan robot yang sedang berpetualang di langit. Anehnya, Wall-E bukanlah robot canggih seperti robot pada umumnya. Ia hanyalah robot yang dibuat sebagai pembantu pengatur limbah bumi.

Wall-E yang biasa menjadi luar biasa setelah dipertemukan dengan Eve. Mereka menjadi sahabat yang sama-sama punya pribadi unik dan bersama berpetualang ke galaksi. Sang sutradara, Andrew Stanton hanya menyajikan Wall-E dalam film selama 97 menit.

18. Up

Sumber: beats.eckovation.com

Up pantas dinobatkan sebagai film animasi terbaik sepanjang masa karena kebanyakan penonton sudah berlinangan air mata hanya di 15 menit pertamanya saja. Rasanya, film besutan Disney ini bagus di setiap scenenya dari awal hingga akhir.

Carl Fredrickesen adalah kakek yang bekerja sebagai tukang balon. Kakek punya mimpi berkunjung ke Amerika Selatan. Mimpi tersebut membuatnya menerbangkan rumah dengan balon. Selama 89 menit Pete Docter dan Bob Peterson, sang sutradara akan mengocok emosi penonton.

19. Coco

Sumber: kobo.com

Coco menjadi film animasi terbaik 2017. Miguel, seorang anak lelaki yang punya mimpi menjadi musisi ala Enersto de la Cruz. Mimpi ini berubah ketika ia terjebak di dunia orang meninggal dan berjumpa dengan beberapa orang yang akan merubah total hidupnya.

Lee Unkrich dan Adrian Molina menyajikan Coco selama 109 menit. Coco sangat cocok ditonton bersama keluarga. Film pemenang nominasi ini dianggap menyuguhkan kebudayaan secara tepat.

20.The Boss Baby

Sumber: dorotv.com

The Boss Baby sangat direkomendasikan ditonton bersama keluarga. Ia mengisahkan kecemburuan kakak adik karena curahan kasih sayang orangtua yang berbeda. Kakaknya bernama Tim Templeton, Tim berniat mengusir adiknya supaya cinta orangtuanya penuh untuk dia semata.

Di luar dugaan, agen rahasia bernama The Baby Corps sedang berada dalam misi mengincar informasi perusahaan Puppy Co. Demi niat teguh mengusir adiknya, Tim berkecimpung menjadi agen rahasia dalam misi tadi.

Film animasi ini bukanlah murni film action atau thriller. Justru ada banyak nilai moral yang terselip untuk kehidupan keluar. Ditambah lagi balutan beberapa scene komedia yang membuat suasana cair.

21. The Nut Job 2

Sumber: pinterest.com

Sekuel kedua ini mungkin menjadi film animasi terbaik 2017. Mengisahkan petualangan Surly dan kawanannya menyudahi usaha walikota menghancurkan Oakton City untuk taman hiburan raksasa. Surly yang bukan siapa-siapa harus bersatu dengan teman-temannya. Akankah ia berhasil?

22. Escape from Planet Earth

Sumber: imdb.com

Rainmaker menjadi pembuat film yang dirilis Februari 2013 tersebut. Ceritanya, alien merasa terancam dengan kehidupan manusia. Di film ini Brendan Fraser memerankan Scorch Supernova, pahlawan di planet Baab.

Supernova mendapat bantuan dari Gary yang dimainkan Rob Corddry untuk membuat buku berisi prestasi penyelamatan yang dianggap keren. Dalam prosesnya, Jessica Alba yang memerankan Lena memberi informasi bahwa ada sinyal darurat berasal dari planet berbahaya.

Scorch langsung pergi ke bumi dan sialnya ia terjebak oleh manusia. Scorch yang seorang Alien bertubuh biru akhirnya dipenjara di Area 51 bersama Alien lain. dalam film ini pengetahuan kita akan dirubah menjadi ‘media sosial, internet dan smartphone adalah buatan alien’

23.Planet 51

Sumber: slashfilm.com

Film animasi komedi ini sebenarnya bergenre sci-fi, namun direkomendasikan ditonton bersama keluarga. Awalnya dikeluarkan dalam bahasa Spanyol sebelum dirilis pada November 2009 dalam Bahasa Inggris. Sutradaranya Jorge Blanco yang menceritakan adanya makhluk asing aneh dengan warna hijau dan telinga buruk di Amerika. Film produksi Ilion Animation Studios tersebut dibuat di Kota Madrid oleh HandMade Films.

Diawali dengan Kota Glipforg dimana Lem, remaja lelaki yang bekerja paruh waktu sebagai pegawai planetarium jatuh cinta pada Neera. Ia punya teman baik bernama Skiff. Skiff sendiri sangat maniak pada film humaniacs.

Pada suatu ketika ada pesawat asing dari luar angkasa yang mengorbit di planet 51. Pesawat tak dikenal itu memberikan sinyal. Sementara di bumi sendiri ada Basis 9, angkatan senjata rahasia yang menginstalasi ruang bawah tanah berisi artefak bumi, salah satunya satelit robot.

Aktor seperti Dwayne Johnson, Justin Long, John Cleese dan aktris Jessica Biel setuju bermain di film animasi planet 51. Film ini terbukti menjadi film animasi terbaik karena menjadi rebutan. New Line sebenarnya bermaksud mengakuisisi hak edar, tapi akhirnya dijual ke Sony Pictures bahkan sebelum proses produksinya selesai.

24. Megamind

Sumber: cineman.ch

Dimana lagi film tema superhero dipadukan komedi? Megamind menghadirkan tema tersebut di bawah produksi DreamWorks Animation beserta Red Jam Productions. Animasi 3 dimensi yang tayang sejak 5 November 2010 tersebut didistribusikan Paramount Pictures.

Brad Pitt, David Cross, Ben Stiller, Tina Fey, Will Ferrel menjadi pengisi suara atas film yang disutradarai Tom McGrath.
Masih tentang planet, megamind juga mengisahkan adanya planet yang sangat jauh. Di planet itu hiduplah Megamind, makhluk super kecil yang hidupnya tragis karena terpaksa meninggalkan orangtuanya demi hijrah ke planet lain.

Perpisahan tadi adalah sebuah keharusan. Jika megamind tidak pindah, planetnya akan segera habis karena adanya lubang hitam. Lubang hitam ini menyengsarakan seluruh penduduk planet asing. Hanya Minions bersama Megamind yang pindah dari planet itu.

Megamind mulai meraba-raba kehidupannya dari pesawat kecil. Sayangnya, planet sebelah juga mengirimkan 1 anak kecil bernama Metro Man yang naik pesawat lebih besar dan mewah dari Minions dan Megamind.

Mereka bertiga terlibat perebutan tempat tinggal di bumi. Metro Man kalah dan terdampar di bumi. Ia jatuh dalam keluarga kaya yang mau mengadopsinya karena tampan. Sedangkan Megamind jatuh ke lapangan penjara dan diasuh oleh tawanan yang berperilaku buruk.

25. Home

Sumber: youtube.com

Chris Jenkins dengan Suzanne Buirgy menjadi produser Home, kemudian diadaptasi Matt Ember bersama Tom Astle. Film animasi komedi tiga dimensi ini menceritakan komputer. 20th Century Fox menjadi distributor resmi dari hasil produksi DreamWorks Animation.

Home adalah sebuah kisah tertulis dari buku Anak ‘Adam Rex The True Meaning of Smekday’ tahun 2007. Ceritanya menarik Jim Parsons, Jennifer Lopez, Rihanna dan Steve Partin untuk bersedia menjadi pengisi suara.

27 Maret 2015 menjadi tanggal perilisannya. Home mengisahkan alien imut yang menyerang bumi dan memindahkan semua manusia ke tempat berfasilitas layak. Saat itu, bumi sedang disabotase.

Semua alien yang ada punya kebiasaan rapi, disiplin, teratur. Sekali saja mereka berbohong maka badannya akan berubah warna. Bintang utama dari Home adalah Oh, seorang alien yang ceroboh dan bandel karena jiwa berpetualangnya sangat kuat.

Oh senang sekali bisa mendarat di bumi. Ia mau berpesta merayakannya. Sayangnya, tidak ada satu alien yang mau melanggar kebiasaan tidak pernah berpesta. Di ujung cerita, Oh tidak sengaja mengirimkan undangan.

Undangan yang dikirim Oh dilengkapi koordinat tempat pesta dan tersebar ke seluruh titik galaksi. Undangan ini membuat setiap alien yang menerima berhasrat menguasai bumi.

26. Monster vs Alien

Sumber: amazon.com

Rob Letterman dan Conrad Vernon menjadi sutradara atas film animasi yang rilis tahun 2009 ini. Lisa Stewart bertindak sebagai produser. Sedangkan Stephen Colbert, Reese Witherspoon, Seth Rogen, Will Arnett, Hugh Laurie, Kiefer Sutherland dan Rainn Wilso menjadi pengisi suara.

Ceritanya ada wanita bernama Susan Murphy yang menjadi korban tabrak meteorit tepat saat dia menjadi pengantin. Dari situ, Susan menyerap quantonium, zat yang membuat manusia menjadi raksasa.

Susan Murphy dijebloskan ke penjara rahasia di bawah suruhan Jenderal Warren Monger. Di tempat itu ia bertemu tawanan bernama Bob, makhluk seperti jelly yang tidak punya otak secara fisik. Di situ juga ada ilmuwan yang berubah jadi kecoak, Dr. Cockroach.

Lebih dari itu, ada makhluk perpaduan kera dan tembakul yang bernama Missing Link. Yang paling mengejutkan adalah ada serangga lebih raksasa dari ukuran tubuh Susan sekarang, namanya Insectosaurus.

Suatu waktu para alien mencoba menginvasi bumi. Saat itu pula Presiden Hathaway mengirim makhluk-makhluk tadi untuk melawan alien demi misi penyelamatan bumi. Pertarungan pun dimulai.

26. ‘The Simpsons Movie’

Sumber: thesun.co.uk

Tahun 2007 The Simpsons menjadi film animasi terlucu. Danau di Kota Springfield tercemar akibat ulah Homer. Kota itu pun diberi kubah kaca untuk mengurung kota selama penyelidikan oleh Environmental Protection Agency (EPA).

Seluruh penduduk kota pada akhirnya tahu siapa pelaku pencemaran karena sampah yang dibuang Homer ke danau telah ditemukan. Penemuan ini membuat Homer harus mengasingkan diri bersama seluruh anggota keluarganya.

27. Shrek

Sumber: pinterest.com

DreamWork mungkin secara perdana memproduksi animasi humor. Saat itu masih 2001 dan shrek lebih fantastis dari film Disney lainnya. Shrek kesal karena sendirian di rawanya setelah Lord Farquad memindahkan Donkey, Pinocchio dan Three Little Pigs ke rawa miliknya.

28. ‘The Emperor’s New Groove’

Sumber: amazon.co.uk

Masih sarat unsur humor, film dari Walt Disney ini sudah bisa mengocok perut hanya lewat suara Patrick Warburton dan David Spade. Ceritanya ada raja muda yang bersifat egois bernama Kuzco dari Kerajaan Inca.

Kuzco menjadi musuh rakyat, sedangkan tahtanya sedang diincar oleh penyihir dengki. Kronk pun mencoba meracuni Kuzco. Masalahnya, Kuzco tidak mati karena ada kesalahan di racunnya, ia berubah jadi Ilama.

Tinggalkan komentar