25 Rekomendasi Film Anime Tebaik (Paling Seru Ditonton)

9 min read

Film Anime romantis maupun anime sedih 2019 juga tersedia, loh! Jadi jangan menganggap semua hal yang sedih dan romantis hanya ada di film yang dibintangi oleh aktor dan aktris kondang. Pada film anime sedih 2018, meskipun tidak dimainkan manusia tapi tetap seru.

Perkembangan teknologi membuat satu orang manusia yang memiliki skill mengoprek tokoh anime dapat menyutradarai sekaligus menentukan alur ceritanya. Anime banyak lahir di Negara Jepang dan beberapa negara lain saja. Meskipun begitu, film anime tetap dapat mendunia.

  1. Angel Beats

Sumber: crunchyrollcom

Film anime banyak yang mengisahkan bagaimana sekolah dan hiruk pikuknya. Uniknya, Angel Beats menceritakan kehidupan sekolah para arwah meninggal yang mati penasaran.

Dirilis 3 April 2010, anime ini bukan termasuk dalam film anime sad ending 2019. Akan tetapi masih cukup dikenal oleh pecinta anime hingga saat ini. Rasa sakit para roh yang tidak bisa hidup tenang dengan iringan backsound mellow membuat penonton trenyuh.

P.A Works Studio membuat Angel Beats dalam 13 episode dan menggabungkan genre supernatural dengan drama, komedi, sekolah, dan aksi. Adapun jumlah rating yang didapat oleh Angel Beats adalah sebanyak 8.3.

  1. Koe no Katachi

otakunn.blogspot.com

Dalam bahasa Inggris, film anime tersedih sepanjang masa ini biasa dikenal dengan ‘a silent voice.’ Menceritakan tentang Shouko Nishimiya yang tuli sekaligus murid baru di sekolah dasar. Ia dipertemukan dengan Shouya Ishida.

Shouya bukanlah teman yang baik. Dia kerap kali menghina kondisi Shouko yang tidak dapat mendengar secara brutal. Wajar saja jika Shouko memilih pindah lagi ke sekolah lain. kepergian Shouko justru menjadi bumerang bagi Shouya.

Seluruh warga kelas balik melakukan bullying terhadap Shouya karena perbuatannya pada Shouko. Perbuatan ini membuat Shouko menjadi lebih pendiam dan menyendiri. Dia merasa berdosa bahkan hingga SMA.

Kesempatan bertemu Shouko didapatkan ketika Shouya SMA. Langsung saja gadis itu meminta maaf untuk menghilangkan rasa bersalahnya. Poin dari film ini justru memuncak saat Shouya berjuang mendapat maaf dari Shouyo.

Film ini dibuat oleh studio Kyoto Animation dan rilis 17 September 2016. Sebanyak 418.489 orang mengulas film anime ini dan membuatnya mendapatkan rating 9.03. Jika ingin menonton, luangkan setidaknya 2 jam 10 menit untuk menyelesaikan.

  1. Sen to Cihiro no Kamikakushi

gde-fon.com

Lebih terkenal dengan spirited away, mungkin ini juga masuk dalam anime the best yang menyedihkan.

Cerita berpusat pada Chihiro Ogino, seorang bocah perempuan 10 tahun yang baru pindah rumah bersama orangtuanya. Dimulai dengan melewati terowongan di mana ujungnya adalah padang rumput hijau terhampar.

Chihiro dan orangtuanya sangat penasaran dengan kelanjutan dari perjalanan menuju rumah baru. Mereka pun terus menelusuri jalan dan bertemu dengan tempat semacam pagelaran festival yang terdiri dari beberapa booth, namun tidak ada petugas sama sekali.

Orangtua Chihiro berhenti di sebuah booth dan mengambil makanannya. Mereka makan secara lahap, namun Chihiro tidak mengambil secuil makanan pun karena merasa memakan yang bukan haknya adalah perbuatan terlarang. Orangtua Chihiro tidak sepakat dengan anaknya.

Setelah menyantap makanan tanpa pemilik, orangtua Chihiro berubah menjadi babi. Di sinilah anime sedih 2001 ini mulai memasuki tahapan konflik. Chihiro harus bekerja mati-matian untuk para roh yang memiliki semua booth tadi demi mengembalikan orangtuanya.

Nantinya, Chihiro juga akan bertemu Haku, Sang Naga penjaga sungai. Diproduksi oleh  studio Ghibli, film anime spirited away ini mendapat rating 8.91. Durasi dari pemutaran film sendiri sepanjang 2 jam 5 menit.

  1. Ookammu Kodomo no Ame to Yuki

jalantikus.com

Mengisahkan Hana yang menjadi single fighter menghidupi serta merawat kedua anaknya yang werewolf. Oleh karena itu film anime ini lebih dikenal sebagai Wolf Children.

Dua anak serigala yang didapat Hana memang berawal dari ia sendiri yang jatuh cinta pada teman sekelasnya dan ngotot menikah dengannya. Padahal temannya adalah seorang manusia setengah serigala.

Suami Hana meninggal  selang beberapa waktu setelah ia melahirkan anak keduanya. Ia pun memutuskan merawat Yuki dan Ame, anak serigalanya dengan cara menjauh dari tetangga karena takut membahayakan.

Di rumah baru mereka, Hana sungguh diuji untuk menjadi ibu yang sabar. Wolf Children diulas oleh 240.331 orang yang akhirnya menghasilkan rating 8.74. Studio Chizu menjadi tempat produksi film yang dirilis 21 Juli 2012 ini. Adapun durasi film cukup 2 jam kurang.

  1. Hotaru no Haka

sancinema.blogspot.com

Masih menceritakan Jepang, kali ini latarnya menggunakan perang dunia II. Dalam bahasa Inggris, film anime sedih ini dikenal sebagai Graves of the Fireflies. Pusat dari ceritanya adalah dua bersaudara bernama Seita dan Setsuko.

Ibu bersaudara tersebut menjadi korban pembunuhan bom Jepang oleh Amerika. Saat itu, ayah mereka sedang melaut dan mereka dititipkan pada bibi mereka yang galak. Mereka tidak betah hidup bersama sang bibi dan memutuskan hidup sendirian.

Kedua bersaudara itu mulai hidup di bunker bekas perang. Dari sinilah kisah sedih dimulai. Inilah film anime yang menyampaikan pesan bahwa perang selalu mengorbankan rakyat sipil.

Selama 1 jam 28 menit, Studio Ghibli membuat penonton meneteskan air mata. Film ini mulai beredar pada 16 April 1988.

  1. Clannad After Story

amazon.com

Gambar anime paling sedih terdapat pada clannad after story. Film anime ini mengisahkan kehidupan Tomoya yang merupakan remaja berandalan. Hidupnya sepi karena hanya bersama sang ayah.

Tomoya dipertemukan dengan Nagisa yang pada masa mendatang menjadi pasangan hidupnya. Dalam salah satu serial yang rilis 3 Oktober 2008 tersebut, Tomoya sukses melewati ujian kelulusan SMA dan terpaksa meninggalkan Nagisa yang gagal.

Baca juga:

 

Nagisa mengidap suatu penyakit. Meskipun sudah tidak satu almamater, namun Tomoya terus bekerja keras demi menghidupi diri sendiri. Ia bersabar menunggu kelulusan Nagisa untuk kemudian meminangnya.

Film anime romantis terjadi di Clannad After Story. Dimana sepasang kekasih yang sudah saling mencintai terhalang drama keluarga yang menjadi duri dalam upaya menuju ikatan suci. Di sini pula nanti diceritakan tentang Ushio, anak dari Tomoya.

Masih dipegang oleh Kyoto Animation. Clannad After Story dibuat sebanyak 24 serial. Memadukan genre drama, komedi, serta romantisme menjadi satu.

  1. Shigatsu Wa Kimi no Uso

imdb.com

Dikenal sebagai your lie in April. Film anime ini dianggap sebagai film anime populer sepanjang masa. Ada haru persahabatan dan romantisme percintaan yang diiringi oleh musik senada.

Studio A-1 Pictures merilis Your Lie In April pada 10 Oktober 2014. Dari 503.257 pengulas, film anime ini mendapatkan rating 8.86. Anime ini menceritakan tentang Arima Kousei, seorang remaja yang mengalami trauma pada musik.

Setelah ditinggal mati ibunya, ada rasa takut mendengar permainan alat musik, terutama sekali piano. Hingga suatu hari Arima bertemu dengan Miyazono Kaori sang perempuan pemain biola. Gadis itu mengajak Arima memainkan musik pelan-pelan..

Kesedihan dan air mata banyak berlinangan di saat hubungan Arima dan Miyazono mulai dekat hingga sangat akrab. Anime sedih ini memiliki 22 episode dalam serialnya.

  1. Boku Dake Ga Inai

bedaunik.com

Lebih dikenal sebagai erased, inilah film anime tersedih. Satoru Fujinuma berusia 29 tahun. Saat itu ia baru menyadari memiliki kekuatan bisa bergerak dalam pusaran waktu secara mundur.

Ketika memanfaatkan kekuatan barunya, Satoru baru sadar ia sedang dijebak dalam pusaran kasus pembunuhan. Ia sedang berada di pusaran 1988 dan menjadi buronan. Saat masih kecil, ia sangat berharap bisa mengetahui siapa pelaku pembunuhan.

Inilah film anime detektif terkeren. Ratingnya 8.54 dan rilis 8 Januari 2016. Diterbitkan oleh Studio A-1 Pictures, film anime ini bisa masuk kategori misteri dan psikologi. Emosi yang dibawakan tokoh utama memang pahit dan sangat kuat dalam 12 episodenya.

  1. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

play-asia.com

Judul film anime yang sangat panjang ini ternyata juga tetap panjang dalam bahasa Inggris. Anohana: The Flower We Saw That Day. Meskipun begitu, kisah dari perjalanan yang digambarkan dalam film ini sangat mudah diingat karena kesedihan mendalam.

Baca juga: 25 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa (Paling Seram)

Ada persahabatan yang menimbulkan percintaan di antara enam orang yang menjalin persahabatan sejak kecil dan terpisah akibat Menma, salah satu anggotanya meninggal dunia. Lima orang sisanya menyalahkan diri sendiri dan menjadikan kematian itu beban.

Akhirnya roh Menma mendatangi salah satu dari temannya yang terus-terusan merasa bersalah atas kematiannya.

Bagaimanapun juga, film anime yang berjumlah 11 episode dan rilis 15 April 2011 tersebut termasuk unik karena berhasil mengangkat tragedi masa lalu. Dirilis oleh studio A-1 Pictures, Anohana mendapatkan rating 8.52 dari 455.794 pengulasnya.

  1. Byouskou 5 centimeter

jalantikus.com

5 cm per sc adalah kisah dua orang bernama Shinohara Akari dan Tono Takaki yang menjalin persahabatan sejak kecil dan terpisah. Mereka tetap saling memberi kabar setelah perpisahan tersebut.

Ternyata meskipun sudah menjaga hubungan lewat tukar pesan, tetap ada jarak yang tercipta di antara mereka. Dalam hati masing-masing terus berusaha mengingat kenangan masa kecil dan berharap setidaknya bisa sekali bertemu.

Inilah film yang menjelaskan bahwa teknologi tidak dapat mengobati rindu dan menggantikan pertemuan. Walaupun sudah ada chatting dan Whatsapp, teknologi itu tetap tidak dapat menahan rindunya.

Ada 3 sekuel dalam anime ber-rating 7.90 tersebut. Masing-masing bagian berdurasi 22 menit. Studio CoMix Wave Films meluncurkannya pada 3 Maret 2007.

  1. One Punch Man

redddit.com

 

Adalah anime komedi parah. Komedi yang disajikan diselingi oleh beberapa aksi menarik tentang superhero khas-nya, Saitama. Saitama adalah tokoh yang kepalanya botak dan selalu menang melawan musuh-musuhnya hanya dalam satu pukulan.

Ada banyak lawakan konyol yang tersebar dari awal hingga akhir anime. Anda tidak akan tegang hanya dengan melihat perkelahian monster saja.

  1. Gintama

worldfilmgeek.com

Film anime rekomendasi yang mengisahkan Jepang masa Edo adalah Gintama. Ceritanya Jepang yang Negara penjajah juga dijajah oleh alien pimpinan Amanto yang diktator.

Para pahlawan Jepang dimainkan oleh Kagura, Shinpachi Shimura dan Gintoki Sakata. Ketiganya berusaha sekuat tenaga untuk terus bisa hidup layak. Terdapat perpaduan antara alien dan Samurai di sini. Meskipun menceritakan penjajahan, banyak pula komedi di dalamnya.

  1. Bakuman

amazon.com

Moritaka Mashiro menjadi karakter unik yang merupakan seorang manga artis. Dia memiliki mimpi menjadi manga artis paling bagus se-Jepang raya. Berbagai imajinasi liarnya bahkan sering diwujudkan dalam kenyataan.

Akito Takagi adalah manusia yang mencuri hati Mashiro. Akito adalah seorang penulis cerita yang juga pemimpi besar. Keduanya menjadi seorang kekasih yang selain memperjuangkan pernikahan, juga berjuang untuk mimpinya masing-masing.

  1. Fairy Tail

sgcafe.com

Film anime yang wajib ditonton selanjutnya adalah fairy tail. Rilisnya pada tahun 2006 namun serialnya baru selesai pada 2017. Film anime rekomendasi ini pernah dianugerahi sebagai Anime of the Year oleh Animax Asia tahun 2010.

Anda masih kurang yakin dengan kualitas filmnya? Bahkan pada tahun 2012, di Negara Prancis film ini menerima penghargaan sebagai Anime dan Manga Grand Prix.

  1. Boku no Hero Academia

variety.com

Bayangkan superhero berada di sekolah. Dalam film anime inilah hal tersebut menjadi kenyataan. Midoriya Izuku adalah tokoh yang tidak memiliki kekuatan superhero tetapi terus ngotot bersekolah di akademi pahlawan super.

Film tersebut merupakan salah satu anime action yang akan membangkitkan semangat penonton dalam mewujudkan mimpinya. Apalagi soundtrack anime ini akan lebih membawa kita menambah laju kecepatan dalam menggapai mimpi.

  1. Rurouni Kenshin

pinterest.com

Inilah anime yang mengisahkan seorang ronin, samurai tanpa tuan yang berharap melarikan diri dari masa lalunya. Kenshin bertekad tidak akan membunuh siapapun lagi meskipun ia masih mengantongi katana kemana saja.

Ini adalah anime edukasi karena memuat konten sejarah perjalanan bangsa Jepang berikut dengan kebudayaannya. Tak heran jika film anime ini  sangat direkomendasikan untuk ditonton.

  1. Hunter x Hunter

thegeekiary.com

Kilua dan Gon adalah anak lelaki yang ingin menjadi pemburu terbaik. Setelah mereka meraih lisensi sebagai pemburu, mereka terus menjelajah supaya kekuatan mereka terasah. Tapi sebenarnya Gon juga sekalian mencari ayahnya.

Ayah Gon adalah pemburu paling terkenal kuat di seluruh bumi. Gon dan Kilua harus menaklukkan banyak rintangan untuk bisa bertemu pemburu paling kuat sedunia itu. Sebagian orang membantu mereka, sisanya tidak.

  1. Film Anime Sword Art Online

bukalapak.com

Film anime action lain terbit pada Desember 2013. Meskipun begitu, sword art online tetap dapat dikategorikan sebagai film anime terbaik 2019 karena terus dinikmati banyak orang hingga saat ini.

Dalam alurnya diceritakan tentang kehidupan Kirigaya Kabuto yang menjadi gamer. Dia sedang bermain di dunia sword art online. Di sana, Kirigaya Kabuto harus menyelesaikan setiap tantangan dan tidak boleh ada kegagalan satu kali pun.

Yang mengerikan adalah peraturan, ‘apabila Anda mati dalam permainan maka Anda akan mati pula di dunia nyata.’

  1. Fullmetal Alchemist

youtube.com

Ed dan Al adalah sepasang bersaudara yang berjuang untuk menghidupkan kembali sang ibu. Kedua bocah lelaki tersebut memanfaatkan bantuan alat dan bahan kimia untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam beberapa kali percobaan yang dilakukan, terjadilah kegagalan transmutasi yang membuat mereka justru harus repot. Tangan Ed hilang sedangkan Al memakai baju perang selamanya. Petualangan pun dimulai. Bagaimana mereka menjadi normal lagi?

  1. Film Anime ReLife

japanesestation.com

Kaizaki Arata adalah pemuda yang hidupnya suram karena menjadi pengangguran dan belum memiliki pasangan. Ini semua adalah bayaran karena saat muda ia sering menyepelekan sesuatu dan berfoya-foya.

Suatu hari ada seseorang asing yang mengajaknya bergabung mengerjakan proyek ReLife. Alur cerita dalam anime ini sangat tidak mudah ditebak. Bagaimana mungkin berkat proyek ReLife yang membuat Arata mendapatkan kesempatan muda kedua.

  1. Prison School

imdb.com

Ada lima orang murid laki-laki yang diterima di sekolah khusus perempuan. Otomatis mereka menjadi sorotan bagi seluruh warga sekolah dan tetap harus tunduk pada seluruh peraturan yang berlaku di sekolah tersebut.

Lima orang lelaki tersebut hidup dengan peraturan ketat dan pada suatu hari terpaksa harus kena hukuman karena melanggar peraturan. Mereka pun dijebloskan di penjara sekolah.  Tempat itu sangat jahat.

Anime ini termasuk ecchi dan banyak unsur pornografinya lebih dari film romantis India. Terutama aktivitas-aktivitas penyiksaan kelima lelaki di sekolah perempuan tadi. Banyak penyiksaan yang menjurus ke pornografi, bahkan dalam aktivitas makan bersama.

  1. Flavors of Youth

reddit.com

Film anime terbaik 2018 jatuh pada flavors of youth. Film ini disajikan dalam 1 jam 14 menit dan take film dilakukan di tiga kota di Cina. Setiap sekuel film selalu terhubung di masa kecil dan makanan favorit tokoh.

Anime flavors of youth dianggap sebagai anime yang sukses mengaduk perasaan penontonnya.

  1. Kimi no Suizou wo Tabetai

 

imdb.com

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Let Me Eat Pancreas. Judulnya memang sangat mengerikan, tapi sebenarnya ini adalah anime romance. Judulnya saja yang menyeramkan, tapi jalan ceritanya tidak sama sekali.

Ada perempuan yang mengalami sakit pankreas dan dijudge hanya memiliki waktu hidup sebentar. Ia menyimpan rapat penyakitnya tersebut kecuali pada seorang lelaki yang secara tidak sengaja membaca diary-nya saat di rumah sakit.

Satu pria yang menjadi satu-satunya orang yang mengetahui tentang penyakit pankreas si wanita menjadi pasangannya menghabiskan sisa nafas dengan melakukan hal-hal romantis.

  1. Assassination Classroom

crunchyroll.com

Inilah anime yang masih erat kaitannya dengan luar angkasa. Ceritanya bumi diserang mendadak oleh alien yang sebelumnya juga menghancurkan bulan. Alien tersebut memberikan ultimatum pada penduduk bumi untuk bisa membunuhnya selama setahun.

Sungguh tidak pas. Golongan manusia yang diberi kesempatan membunuh alien jahat tersebut hanyalah siswa SMA yang juga diajari bagaimana seni membunuh oleh alien tadi.

Akhirnya, para siswa SMA tersebut kehilangan nafsu membunuh alien jahat tadi. Mereka justru berbalik menyayangi sang alien. Akan tetapi nasib keberlanjutan bumi ada di tangan gerombolan anak SMA tadi. Bagaimana endingnya? Langsung tonton saja,

  1. Koi wa Ameagari no You ni

animekompi.web.id

Lebih dikenal sebagai anime after the rain, film ini menceritakan siswi SMA yang menaksir manajer di kantornya. Manajer yang ditaksir adalah duda beranak satu yang secara lahir tampak seperti lebih membutuhkan sosok perempuan keibuan.

Wajar saja kalau anime dianggap sebagai anime romantis. After the rain akan menghibur para penonton remaja dengan beberapa adegan kocak namun juga romantis.

Itulah 25 judul film anime yang mengisahkan tentang perjuangan, sekolah, drama romantis hingga thriller. Bagaimana, berniat menghabiskannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *