Film Horor Terbaik

Produksi film horor mungkin tak semasif drama Korea, Drama Thailand maupun film Hollywood. Film-film Film horor terbaik selalu memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Banyak penonton film yang senang memacu adrenalin lewat film horor. Anehnya, penonton sendiri masih menjerit ketakutan ketika diputarkan film-film yang berhubungan dengan dunia gaib.

horor banyak divariasikan dengan genre seperti romantis dan komedi untuk menjaring lebih banyak penonton. Oke, beranikah Anda menonton film di bawah ini sendirian?

1. Insidious The Last Key

 

bestbuy.com

Mari mengawali dengan film horor terbaik asal barat yang dirilis  tahun 2017 namun baru masuk Indonesia awal tahun 2018. Insidious chapter 3 yang terkenal dengan Insidious The Last Key mengisahkan paranormal bernama Elise Rainer.

Kehororan dalam film ini berkaitan erat dengan teror masa lalu. Teror tersebut mendatangi Elise sekitar tahun 1950-an dan lalu mengusik ketenangannya. Elise sendiri  memiliki ayah yang bersifat berangasan karena bekerja sebagai sipir penjara.

Di saat menduduki bangku kelas 6 sekolah dasar, ia menyadari kemunculan bakat anehnya, yaitu bisa berinteraksi dengan makhluk halus. Perubahannya menjadi anak indigo mengundang penasaran dari anggota keluarga yang lain.

Ayah Elise tidak percaya memiliki anak indigo. Untungnya, ibu Elise bijaksana, sehingga bisa memahami apa yang terjadi pada anaknya. Kemampuan tersebut  tidak menyeramkan hingga Elise beranjak dewasa.

Saat sudah dewasa tiba-tiba Elise menerima panggilan telepon dari pemilik baru rumahnya saat kecil. Keluarga itu berharap Elise berkunjung ke kediaman mereka karena merasa ada yang ganjil. Setelah dibujuk dengan gigih barulah Elise bersedia bertandang ke sana.

2. Lights Out

amazon.co.uk

David F Sandberg menjadi sutradara atas film horor terbaik Lights Out. Sementara James Wan adalah produsernya, film ini diluncurkan pada 2016 dan berhasil menjadi bintang pada genre ini. Sehingga pantas jika Lights Out menjadi film horor rekomendasi banyak orang.

Paul yang memiliki jabatan di sebuah kantor mempunyai karyawan. Karyawan tadi seringkali mengalami kejadian ganjil. Ia pun mengadukan hal tersebut bahwa setiap kali ia mematikan lampu kantor, ia selalu melihat ada bayangan asing.

Bayangan tadi membuat bulu kuduk karyawan Paul berdiri. Lebih dari itu, ketika karyawan yang malang tadi hendak berlari mencari aman, ia justru menjadi korban pembunuhan bayangan misterius. Semenjak itu, bayangan aneh tadi meneruskan aksi terornya.

Di tempat berbeda, anak dari Paul menyaksikan ibunya berbicara tanpa lawan bicara di dalam ruangan gelap. Anak tadi menyadari adanya bayangan di belakang ibunya. Spontan, ia melarikan diri ketakutan dan bayangan di belakang ibunya malah mengejar.

Kondisi semakin pelik dan menyeramkan. Musibah datang. Istri Paul mengalami depresi tingkat berat akibat ulah hantu bayangan yang ternyata bernama Diana.  Lantas bagaimana kelanjutan hidup Paul sendiri? Jawabannya ada di Lights Out.

3. Crimpson Peak

microsoft.com

Siapa yang tidak mengakui crimpson peak sebagai film horor terbaik? Setiap karya Guillermo Del Toro menciptakan film horor baru pasti menuai pujian dari penggemar horor seluruh dunia. Apalagi kali ini filmnya diadaptasi dari kisah nyata pengalaman Guillermo.

Edith Cushing merupakan anak perempuan dari pengusaha kaya yang populer. Edith menjumpai arwah ibunya tanpa sengaja. Dalam pertemuan tersebut, sang ibu menasehati Edith supaya berhati-hati dengan Crimpson Peak.

Edith Cushing tak memahami maksud dari arwah ibunda tersayangnya. Sampai akhirnya Edith berkenalan dengan Thomas Sharpe. Thomas sendiri juga datang dari kalangan bangsawan kaya. Dialah pemilik rumah mewah yang diberi nama Crimpson Peak.

Ternyata Crimpson Peak yang dimaksud arwah ibunya kemarin adalah rumah Thomas. Padahal Edith kemudian harus tinggal di rumah mengerikan ini bersama Thomas serta adiknya. Kira-kira teror apa saja yang perlu membuat Edith hati-hati?

4. We Are Still Here

facebook.com

Judulnya memang mirip film romantis, namun film ini didesain Ted Geoghegan, sang sutradara sebagai film horor terbaik. Berkutat pada cerita tentang sebuah keluarga Anne dan Paul yang terus menerus dihantui kejadian seram.

We are still here mengambil setting sekolah lama tahun 1970-an. Pemilihan setting membuat nuansa horor semakin hidup menceritakan keluarga Paul bersama Anne yang hendak pindah rumah ke New England.

Perpindahan tempat tinggal diputuskan demi menyudahi duka keluarga akibat meninggalnya Bobby, anak kesayangan mereka dalam sebuah kecelakaan. Setelah pindah rumah, Anne malah selalu merasa Bobby hadir di dekatnya. Sementara Paul tidak memercayai perasaan Anne.

Selain merasakan kehadiran mendiang putranya, orang lain selain Anne dan Paul yang hidup di sekitar rumah baru tersebut juga mengaku mengalami kejadian janggal. Pengakuan ini tentu saja membuat Anne tambah gusar.

Anne bingung mencari bantuan orang pintar yang bisa mengusir arwah jahat di rumahnya. Sialnya, usaha tersebut malah mengundang semakin banyaknya peristiwa menyeramkan. Keseraman terus terjadi hingga di ujung film. Berani menontonnya sendirian?

5. Creep

amazon.com

Inilah creep. Film found footage yang tidak membosankan karena alurnya jelas dengan biaya produksi yang fantastis. Kerasnya proses pembuatan creep sukses berbuah tingginya apresiasi penonton film horor terbaik berdurasi 82 menit dan rating 95% tersebut.

Creep yang diluncurkan perdana pada 2015 menceritakan hasrat Aaron meraup uang $1000 untuk membiayai proyek sebuah film. Pekerjaan ini tergolong pekerjaan misterius. Di sisi lain ada Josef yang juga ingin apapun kegiatannya direkam supaya anaknya yang belum lahir nanti bisa tahu bagaimana ayahnya bekerja.

Menonton creep tidak cukup hanya sebagai penikmat. Anda perlu berpikir siapa yang berperan sebagai pelaku dan korban. Siapa pula yang salah dan benar dalam pekerjaan yang dilakukan oleh pemain creep.

6. Evil Dead

denofgeek.com

Ada perempuan muda yang kesurupan dan diburu hantu dalam hutan. Begitulah awalan film horor terbaik Evil  Dead yang hadir pada 2013. Sebenarnya ini hanya remake atas karya klasik Sam Raimi tahun 1981. Walaupun begitu, penggemar film horor tetap kagum.

Kemasan barunya justru lebih baik dari film aslinya. Kembali ke gadis yang kesurupan di hutan tadi. Orang-orang di sekitarnya berusaha menyadarkan gadis tersebut dengan cara mengikatkan dirinya ke tiang.

Mengetahui perbuatan masyarakat, ayah si gadis mencoba menolong anaknya yang seakan sedang disiksa orang banyak. Ayah penyayang tersebut berusaha meyakinkan orang sekitar bahwa anaknya tidak kenapa-kenapa.

Ketika sudah mendapatkan anaknya kembali, tiba-tiba anak perempuannya kesurupan lagi dan tidak dapat menguasai diri. Ayahnya kelabakan dan merasa pusing melihat tingkah putrinya. Dia pun refleks membakar putri kesayangannya serta menembaki kepalanya.

Tentu saja maut segera menjemput anak gadis malang tadi. Hingga pada suatu hari ada segerombolan orang yang berada di atas kabin. Mereka memiliki tujuan sama, yaitu membantu Mia, teman mereka supaya bisa lepas dari kecanduan heroin.

Semenjak itulah banyak teror dimulai. Mulai dari adanya bau aneh datang dari lantai. Mereka semua mengikuti alur asal bau tersebut hingga terbawa ke ruangan rahasia. Di situlah mereka bertemu  hewan membusuk, buku berjudul naturom demonto dan senjata api. Benda-benda tadi adalah pemicu atas teror-teror ngeri yang sedang terjadi.

7. Jelangkung

liputan6.com

Pada tahun 2001 ramai beredar perbincangan tentang makhluk bernama Jelangkung yang datang tak diundang pulang tak diantar. Rizal Mantovani bergandengan dengan Jose Poernomo menjadi sutradara filmnya.

Kerennya, film horor terbaik ini hanya diproduksi dalam tempo 10 hari namun hasilnya bisa bertahan bertahun-tahun di tengah penggemar film horor Indonesia. Dimulai dengan cerita segerombol anak muda yang bermaksud iseng bertemu makhluk gaib.

Mereka hanya ingin mendapatkan pengalaman spiritual baru. Lantas, memutuskan bertandang ke Desa Angkerbatu, Jawa Barat. Pada hari ke-10 ada salah satu anak yang secara diam-diam melakukan ritual pemanggilan Jelangkung. Teror pun dimulai.

Baca juga: 29 Rekomendasi Film Action Terbaik (Sepanjang Masa)

8. The Ring

empireonline.com

Setahun setelah Jelangkung, hadir pula film horor terbaik buatan Hollywood, The Ring. Ratingnya lumayan tinggi. The Ring mengisahkan sebuah investigasi video tape yang kondang bisa membunuh secara jitu.

Cara pembunuhannya adalah ketika ada penonton yang melihat isi video tape tersebut, pasti tujuh hari setelahnya orang tersebut meninggal dunia. Apa sebenarnya yang membuat video tape tersebut bisa sesadis itu?

9. Coming Soon

keepo.me

Film horor terbaik Thailand diluncurkan pada 2008. Menceritakan kehidupan Yod yang bekerja sebagai operator film. Yod mendapatkan perintah mengecek film yang ditayangkan besok. Yod berencana mengajak Shane dan membujuknya.

Shane sangat tidak tertarik pada Yod dan segala aktivitasnya. Ia pun meninggalkan Yod begitu saja. Akan tetapi ketika sudah berganti hari, Yod hilang dan Shane baru sadar hal itu. Namun ini bukan film romantis karena kehilangan ini akan membawa pada rentetan adegan menyeramkan.

10. Meat Grinder

brillio.net

Setahun setelah Coming Soon, Thailand merilis lagi film menyeramkan yang termasuk dalam film horor terbaik. Kali ini menceritakan wanita penjual mie ayam, namanya Buzz. Buzz memiliki paras molek tanpa tandingan, sayangnya wanita tersebut tidak sehat psikologisnya.

Profesinya sebagai pedagang mie ayam tak begitu berdampak pada keseimbangan hidup Buzz. Hingga pada suatu hari ada demonstrasi di area di mana Buzz berjualan mie ayam. Wajar saja jika di sana banyak polisi yang ditugaskan mengamankan keadaan karena terjadi bentrok yang cukup sengit.

Buzz mengalami ketakutan luar biasa melihat kerusuhan yang terjadi dan akhirnya bersembunyi. Mendadak ada mayat tersungkur dalam posisi telungkup menimpa gerobak mie Buzz. Peristiwa itu justru memberi inspirasi bagi Buzz untuk menjadikan mayat sebagai bahan dasar mie.

11. Ladda Land

imdb.com

Pada 2011 Thailand juga menghasilkan film horor terkenal, Ladda Land. Inilah kisah keluarga yang pindah kediaman ke Ladda Land. Ladda Land sendiri adalah sebuah pemukiman menyeramkan yang sudah lumrah banyak aksi teror di sana.

Keluarga tersebut sempat merasakan bahagia pada saat awal perpindahan. Keadaan baru berubah ketika ada pembunuhan di Ladda Land. Kejadian tersebut mencemaskan penduduk. Belum lagi tamu tak diundang yang meneror setiap malam.

12. Long Weekend

YouTube.com

Nam dan Thongsook berteman. Thongsook menyimpan jimat yang tuahnya bisa membuatnya berinteraksi dengan makhluk gaib. Sementara Nam penasaran pada jimat tersebut dan semakin mengakrabi Thongsook hingga temannya itu mau meminjamkan jimat saktinya.

Pada suatu ketika Nam beserta beberapa teman lainnya berencana berlibur ke pulau asing yang terkenal sebagai pulau hantu. Sebenarnya sudah pernah dilakukan upaya pengusiran roh di situ. Sayangnya tidak berhasil.

Film horor terseram yang rilis 2013 ini lantas menunjukkan bagaimana Thongsook yang secara mendadak diajak bergabung oleh Nam. Padahal teman Nam lainnya tidak menyukai kebergabungan Thongsook.

Teman-teman Nam yang kesal dengan tindakan Nam mengajak Thongsook memutuskan mengerjai mereka sebagai hukuman. Mereka dijebloskan ke sebuah sel. Banyak kisah seram dimulai dari sel ini.

13. The Skin I Live In

amazon.in

Di tahun 2011 juga, film horor terbaik hollywood menjadi pesaing film horor terbaik di nomor 12. Kali ini ceritanya tentang dokter bedah plastik yang memiliki impian bisa membuat kulit tahan terhadap kerusakan model apapun.

Keinginan tersebut berubah menjadi obsesi semenjak ditinggal mati istrinya. Pada waktu proyeknya sedikit lagi berhasil, tiba-tiba munculah ingatan yang ingin dihapusnya. Memangnya sengeri apa ingatan tadi?

Baca juga: 25 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik (Kualitas Setara Film Luar Negeri)

14. The Others

amazon.com

Di awal millenium baru, Hollywood meluncurkan film horor paling ngeri yang merekrut Nicole Kidman sebagai aktris utamanya. Ia menjadi ibu dengan dua anak dalam film The Others. Kedua anaknya mendiami sebuah rumah tua.

Si ibu tidak ingin sinar matahari bisa menembus rumah mereka. Itulah alasan kenapa rumahnya selalu ditutup rapat. Kengerian dalam film mulai datang saat penghuni rumah sadar ada penghuni lain yang juga tinggal di rumah mereka.

15. The Conjuring

foxtelmovies.com.au

Conjuring menjadi film horor booming pada 2013. Siapapun pasti pernah mendengar tentang cerita The Conjuring yang berlatar tahun 1971. Dibuka dengan Roger Peron dan Carolyn yang pindah ke rumah menyeramkan.

Rumah dengan fasilitas layak dan lengkap barunya sangat tidak nyaman karena banyaknya teror aneh.  Pasangan suami istri tersebut mencoba meminta bantuan paranormal untuk mengusir setan-setan di rumahnya.

Paranormal panggilan keluarga tadi mencoba menyelidiki isi rumah dan bersedia menggelar ritual pengusiran setan. Namun, ritual suci tersebut hanya bisa dilakukan setelah mengantongi izin dari gereja katholik. Bagaimana perjuangan mendapatkan izinnya? Habiskan filmnya.

Baca juga: 28 Film Animasi Terbaik dan Super Keren Sepanjang Masa!

16. A Quite Place

medium.com

Film horor terbaru yang rilis pada 2018 dibesut oleh kalangan Hollywood. Peminatnya sangat tinggi. Tema a quite place adalah momen halloween yang semakin menakutkan saja dari hari ke hari.

Ada monster yang memiliki kepekaan tinggi terhadap suara. Monster itu melakukan penyerangan kepada keluarga tanpa anak yang ayahnya diperankan John Krasinski sementara ibunya Emily Blunt.

17. Get Out

imdb.com

Versi lain Halloween dibuat pada 2017. Chris Washington sedang menengok orangtua Rose Armirtrage, pacarnya. Saat kunjungan itu banyak kejadian ngeri yang menimp Chris. Menurutmu bagaimana Chris bisa melalui semua kengerian di tengah keluarga kekasihnya?

Apalagi perlakuan tetangga orangtua pacarnya sangat mengintimidasi dan menyebabkan segala keganjilan terjadi. Film horor hollywood tersebut mendapatkan penghargaan sebagai film horor terbaik tahun 2017. Di IMDB sendiri ratingnya mencapai 7.7 dan 99% versi rotten tomatoes.

18. Zombie Land

pinterest.com

Zombie Land adalah film tahun 2009 yang daya tariknya sangat tinggi, padahal film horor. Lagi-lagi masih membawa Halloween sebagai temanya. Zombie land menceritakan adanya ratusan zombie yang memburu manusia.

19. Let The Right One In

markomanev.com

Oscar adalah lelaki yang kepribadiannya tertutup. Ia juga sangat pendiam dalam bersosialisasi. Inilah penyebab Oscar menjadi objek bullying teman-temannya. Namun pada suatu titik, Oscar bisa merasakan jatuh cinta pada lawan jenis. Anehnya, perempuan yang ditaksir menyeramkan.

20. Split

moviesroom.pl

Di tahun 2017 tema film horor terkenal bergeser pada dunia medis. Split menyajikan kisah penderita bipolar yang dikemas secara mengerikan. James Mc Avoy adalah pemeran utamanya. Diceritakan bahwa Avoy punya 23 kepribadian berbeda dalam satu tubuh.

Baik kepribadian baik maupun buruk sama-sama dimiliki Avoy. Saat menjadi jahat, Avoy menculik tiga anak kecil dan menawan mereka. Mulailah banyak kejadian aneh, menyeramkan dan menjadi teror terjadi.

21. IT

nme.com

Masih di tahun yang sama, industri hiburan drama korea merilis film bergenre horor yang kemudian menjadi fenomenal. Center perannya adalah badut Pennywise. Badut ini suka meneror dan menakut-nakuti anak kecil secara mengerikan.

22. Devil’s Candy

microsoft.com

Ethan Embry menjadi pemeran utama dalam film horor menyeramkan buatan hollywood. Dimulai dengan kisah seniman ahli yang secara tidak sengaja membuat lukisan menyeramkan. Dari lukisan inilah ia dan keluarganya sering ditakut-takuti kejadian ganjil.

Tiba-tiba saja muncul setan tanpa wajah. Namun pesan moral dari film horor terbaik ini adalah manusia pun bisa juga menjadi sangat kejam dan menakutkan seperti setan.

23. Insidious

insidious-fandom.com

Di versinya tahun 2011, insidious disutradari James Wan juga. Ini adalah kali pertamanya rilis sebelum diikuti seri lainnya. Mengisahkan keluarga Renai dan Josh Lambert yang baru pindah rumah.

Dalton, anak dari Renai dan Josh bisa melihat dunia lain. Kemampuannya ini membuat Dalton bisa mengeluarkan roh dari jasadnya. Roh tadi bisa berjalan-jalan ke alam mana saja. Kejadian ini dikenal sebagai The Further.

Ada banyak roh jahat yang ingin menguasai jasad Dalton. Mereka berebut menempati tubuh kecil Dalton. Di sinilah banyak teror mulai muncul. Hingga Renai, sang ibu mencarikan paranormal yang bekerja bersama dua asistennya. Tim paranormal ini akan menggarap barang supranatural dengan banyak komedi.

24. Pee Mak

coconuts.co

Rupanya film Pee Mak bisa digolongkan sebagai film horor ngeri maupun film thailand terbaik dan romantis. Belum lagi banyaknya adegan konyol yang mengundang tawa membuat film ini digemari hingga mancanegara.

Pee Mak adalah cerita legenda di Thailand yang berasal dari kepercayaan bahwa Mak terpaksa meninggalkan istrinya yang sedang hamil demi turun ke medan perang karena ia adalah prajurit sejati.

Di lapangan, Mak bertemu Shin, Ter, Aye dan Puak. Sehabis berperang, Mak mengajak teman-temannya kembali ke desa. Mak mendengar kabar istrinya meninggal. Teman-teman Mak berusaha memisahkan Mak dengan istrinya yang sudah menjadi hantu.

Usaha pemisahan Mak dengan hantu istrinya justru membawa sial pada keempat temannya. Ujungnya mereka membiarkan Mak hidup dengan istrinya yang sudah menjadi hantu.

25. Life

youtube.com

Jika Anda sedang mencari film horor sci-fi, Life adalah jawabannya. Ia mencampurkan Alien, The Thing sekaligus Gravity. Tentu saja ini menjadi sangat luar biasa. Mengisahkan di luar angkasa ada kehidupan di atas planet Mars.

Para peneliti melakukan penyelidikan terhadap Mars. Usaha ini malah membawa banyak petaka yang bisa mencelakakan bumi. Para peneliti malah menjadi buronan makhluk-makhluk seram yang tinggal di luar angkasa.  Apakah para peneliti tersebut bisa bertahan?

25 daftar pilihan film horor terbaik dari berbagai belahan dunia mungkin akan membuka mata Anda bahwa tak selamanya film horor harus dibumbui erotisme supaya laris.

Tinggalkan komentar