45 Rekomendasi Film India Terbaik (Sepanjang Masa)

Film India  sudah menjadi bagian dari jiwa masyarakat Indonesia. Apakah Anda pernah menggandrungi stasiun TV Indo**** yang menyajikan sinetron dengan balutan nyanyian dan tarian ala India yang dilakukan aktris Indonesia?

Demam Bollywood rasanya masih awet saja dari zaman Nenek kita hingga sekarang kita mungkin sudah menemukan pasangan hidup sendiri. Bukan hanya di layar televisi, undangan meet and greet bersama artis-artis India laris manis digelar. Beberapa di antara mereka adalah jebolan dari film berikut:

Daftar Film India Terbaik Sepanjang Masa (Terbaru)

  1. Ek Tha Tiger

Film yang rilis tahun 2012 ini tergolong dalam genre romantis dibalut thriller. Sutradaranya adalah Kabir Khan dengan produser Aditya Chopra. Mereka berdua mengundang aktor terbaik India seperti Gavie Chahal, Roshan Seth Katrina, Salman Khan untuk bermain di Ek Tha Tiger.

  1. 3 Idiots

Pada tahun 2009 3 Idiots menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Tidak seperti film India pada umumnya yang menggelontorkan produksi drama percintaan, 3 Idiots banyak memberikan inspirasi pada para pendidik.

3 Idiots menjadi terkenal bukan saja karena dibawakan oleh Boman Irani, Kareena Kapoor, Sharman Joshi, dan Aamir Khan. Film ini ternyata juga dinobatkan menjadi film India terbaik dengan sutradara Rajkumar Hirani dan Vidhu Vinod Chopra sebagai produser.

  1. Krrish 3

Masih penasaran dengan penyajian film India yang tidak mellow, Krrish 3 menjadi jawabannya. Film tahun 2013 ini bertemakan superhero bergenre science fiction. sekarang tema superhero seakan dimonopoli Hollywood, Anda bisa membandingkan dengan tema sama dari Bolywood.

  1. Kick

Tentu saja ada alasan mengapa Kick pada tahun 2014 dapat ditayangkan di box office dalam waktu singkat. Kabarnya Kick menjadi salah satu film unggulan dari produksi India. Wah, tak perlu ragu mencoba memutar kepopuleran Kick, ya.

Daya tarik utama dari Kick mungkin saja terletak di bintang utamanya, Salman Khan. Rasanya setiap film yang dibawakan oleh pria tampan tersebut selalu menyihir banyak orang. Para fans Salman Khan dikenal sangat loyal pada setiap akting yang dibawakannya.

  1. Saala Khadoos

Sudha Kongara sebagai sutradara sepertinya berhasil melahirkan buah karya baru di akhir Januari 2016. Saala Khadoos diusung dengan tema olahraga. Saala Khados memberitahukan adanya manipulasi politik yang jahat di pusaran olahraga tinju.

  1. Laal Rang

Masih di tahun yang sama, Bollywood memiliki Laal Rang sebagai kebanggaan film action-thriller yang berhasil dibumbui humor renyah.

Piaa Bajpai, Rajneesh Duggal, Randeep Hooda dan Menakshi Dixit berakting tentang lingkungan bisnis ilegal yang kental akan kisah cinta dengan wanita pujaan.

  1. Udta Punjab

Kareena Kapoor dipertemukan Shahid Kapoor, Diljit Dosanjg dan Alia Bhatt. Di bawah sutradara Abhisek Chaubey, Udta Punjab menjadi film yang direkomendasikan untuk ditonton pada tahun 2016 hingga sekarang.

  1. Badrinath Ki Dulhania

Lebih baru lagi, tahun 2017 Badrinath Ki Dulhania datang sebagai komedi romantis yang menyegarkan dunia perfilman India. Shashank Khaitan sebagai Sutradara mendistribusikan film ini lewat Fox Star Studios setelah sebelumnya diproduksi Dharma Production House.

  1. Rangoon

Mungkin saja tanpa diberitahu, Anda adalah salah satu orang yang pernah menonton Rangoon sejak perilisan pertamanya di 2017. Drama romantis ini memang menarik ketika dimainkan oleh Kangana Ranaut, Shahid Kapoor dan Saif Ali Khan.

Vishal Bhardwaj sang sutradara mengambil latar belakang perang dunia kedua untuk film Rangoon. Apresiasi lebihnya kepada produser Rangoon yang berjumlah 4, Reha Bhardwaj, Vishal Bhardwaj, Sajid Nadiaddwala dan Roy Kapoor.

  1. Commando

Diawali oleh Film Commando 1 tahun 2013, Commando 2 terbit tahun 2017 sebagai sekuel lanjutan. Film action ini naskahnya ditulis oleh Ritesh Shah. Distributor film Commando dimotori oleh Reliance Entertainment.

  1. Fan

Siapa orang Indonesia yang tidak tahu Shah Rukh Khan? Dialah bintang untuk drama Fan yang diluncurkan di pasaran pada 15 April 2016. Bersama dengan lawan mainnya Ileana dan Atul Sharma, Shah Rukh Khan semakin melambungkan namanya di tingkat dunia.

  1. Wazir

Mungkin genre campuran terlihat jarang diangkat. Salah satu film India bergenre campuran drama misteri yang direkomendasikan adalah Wazir (2016). Keseruan petualangan mencekam ini dijelajahi oleh Aditi Rao Hydari, Amitach Bachchan dan Farhan Akhtar.

  1. Parched

Di tahun 2016 bulan April, Parched dilepas ke pasaran. Hasil produksi Airan Consultants bersama Ashlee Films dan Blue Waters Motion Pictures mengangkat bintang Lehar Khan, Chandan Anand, serta Radhika Apte sebagai pemainnya.

Jika Anda sedang berminat pada hal berbau keperempuanan dan feminis  bisa menonton Parched. Di sini  menceritakan wanita yang sedang menghadapi situasi baik dan sulit sekaligus.

  1. Zamaanat

Misteri disentuh drama keluarga tersaji dalam zamaanat. Amitab Bachchan menjadi pusat perhatian di Zamaanat. Film tersebut banyak mengambil setting di ruang sidang. Bersama Vinjayshanti serta Arshad Warsi, Zamaanat mungkin dapat disandingkan dengan film “Valak”.

  1. Raees

Cerita kriminalitas dibawakan oleh Raees (2016). Di bulan Juli, 2016 Raees mendudukkan Shah Rukh Khan sebagai pusat perhatian selama 161 menit. Lawannya adalah Farhan Akhtar dan Nawazuddin Siddiqui berperan sebagai polisi dihadapkan kriminal kejam.

  1. Peekay

Peekay tahun 2014 lebih tenar dengan sebutan film “PK.” Anuska Sharma dipertemukan dengan Amir Khan. Tentunya untuk sampai menjadi film Boxx Office, PK tidak hanya mengandalkan dua artis di atas. Ada Sanjay Dutt, Boman Irani, Saurabh Shukla, dan Sushant Singh Rajput melengkapi.

  1. Stree

Shraddha Kapoor, Pankai Tripathi dan Rajkummar Rao bekerjasama dalam film komedi sekaligus horor, Stree. Stree meraup untuk 369 milliar rupiah dari penayangan di box office dengan rating 8,3 sejak pertama kali peluncurannya pada 31 Agustus 2018.

Jika biasanya film horor sering menjadikan bintangnya seorang perempuan, Stree yang merupakan roh jahat di kota kecil Chanderi lebih menyukai menculik lelaki yang keluyuran malam hari. Film ini terinspirasi dari legenda “Nale Ba” tahun 90-an.

  1. Geetha Govindam

Di pertengahan 2018, Geetha Govindam menawarkan Rashmika Mandanna, Subbaraju, dan Vijay Deverakonda untuk memukau penonton. Bagi penggemar drama, tidak melulu harus mencari ke Korea, India pun telah berhasil mengaduk hati penonton lewat film rating 8.2 ini.

Parasuram, sang produser menulis naskah film yang berdurasi 142 menit. Selama itu Geetha Govindam menceritakan tentang dosen muda yang dituduh cabul oleh perempuan yang menjadi adik ipar dari saudara lelakinya. Tapi, justru keduanya terperangkap cinta.

  1. Laila Majnu

Masih bicara tentang film drama romantis. Sajid Ali menjadi produser yang mengeluarkan Laila Majnu pada 7 September 2018. Di box office, kisah yang berasal dari cerita rakyat dunia ini mendapat rating 8.1.

Avinash Tiwary, Sumit Kaul dan Tripti Dimri berlaga selama 140 menit. Mereka menjadi pemeran dari kisah cinta klasik antara Laila dan kekasih gelapnya. Disebut gelap karena keduanya saling mencintai namun justru dua belah keluarga mereka bermusuhan.

  1. Hello Guru Prema Kosame

Ratingnya memang 7.9, namun masih direkomendasikan bagi penonton drama romantis yang ingin dibumbui komedi. Ram Potheneni berperan sebagai Sanju, pemuda dari Kakinada yang hidupnya membuat orang iri karena dikelilingi teman serta orangtua penyayang.

Anak yang terbiasa hidup nyaman dan penuh akan kasih sayang pada akhirnya harus hijrah ke Hyderabad demi mendapatkan pekerjaan layak. Pekerjaan yang mengangkat strata sosial tentu saja akan membahagiakan orangtuanya. Film ini berjalan selama 140 menit.

  1. Kuch Bheege Alfaaz

Jangan anggap kisah cinta di facebook hanya ada di Indonesia, lewat film yang satu ini Zain Khan Durrani, Shray Rau Tiwari dan Geentanjali berpetualang seru selama 146 menit. Dengan menunjukkan lika-liku usaha serius dalam hubungan sosial media, film ini meraih rating 7.8.

  1. Hiccup

Nah, jika Anda sedang mencari motivasi hidup dan ketepatan Anda seorang wanita, tonton saja Hiccup. Ratingnya memang hanya 7.6, namun alur ceritanya cukup bernilai. Menceritakan kisah seorang perempuan yang berjuang mengubah kelemahan menjadi kekuatan andalannya.

Film ini dirilis 23 Maret 2018. Meskipun bernuansa positif dan sangat memotivasi orang-orang yang merasa lelah akan perjuangan dalam hidup, Hiccup bukan film tegang. Ia dibubuhi komedi dalam beberapa babak supaya penonton merasa santai.

  1. Badhaai Ho

Biasanya orangtua akan malu anaknya hamil di luar nikah. Lantas bagaimana jika anak lelaki malu ibunya hamil? Bagaimana pula ia memanajemen rasa malunya saat harus berhadapan dengan masyarakat?

Alurnya saja sudah sangat seru dan tidak biasa. Neena Gupta, Sanya Malhotra, Ayushmann Khurrana menjadi bintang dalam Badhhaai Ho. Mulai peluncurannya di 19 Oktober 2018, Badhaai Ho sudah mendapatkan rating 8.3.

  1. Sarkar

Rating Sarkar 8. Filmnya dirilis pada 6 November 2018 dan menceritakan pengusaha sukses yang memiliki ambisi politik. Akhirnya ia harus bergulat bersama dua orang menteri tersohor untuk menyelesaikan isu kesejahteraan nelayan di wilayah Tamil Nadu.

Sarkar adalah salah satu drama aksi terbaik besutan A.R. Murugadoss. Beberapa pemainnya yakni Varalaxmi Sarathkumar, Keerthi Suresh, Joseph Vijay. Film ini sangatlah realistis karena kehidupan nyata seorang pengusaha sukses biasanya memang tergoda kekuasaan.

Amitabh Bachan menjadi pusat perhatian karena menjadi sosok terkuat di film thriller berlatar belakang politik, Sarkar. Sarkar adalah versi Indianya film The God’s Father  yang legendaris. Rilisan pertamanya tahun 2005 dan diluncurkan dengan cerita berbeda di 2018.

Amitabh Bachchan dipertemukan dengan Abhishek Bachchan . Keduanya terlihat sangat profesional membawakan karakternya masing-masing. Puncak profesionalitas mereka dibuktikan dengan diterimanya penghargaan Filmfare Awards kategori Best Supporting Artist.

  1. Raid

Selama 120 menit Ileana D’Cruz, Ajay Devgn dan Saurabh Shukla  beraksi drama kriminal. Sayangnya, peluncuran film di 16 Maret 2018 hanya mendapat rating 7,5. Angkanya tidak sebanding dengan kesulitan memerankan alur cerita sarat bahaya.

Ceritanya ada seorang petugas pajak penghasilan. Ia sangat berani melakukan penggerebekan kediaman pria berkuasa. Setting film Raid ada di kota Lucknow. Semuanya dimulai dengan adegan orang misterius yang memancing perhatian memiliki bukti penggelapan pajak.

  1. Newton

Film yang satu ini bukan hanya bagus saja, melainkan sudah terbukti menyabet berbagai penghargaan. Newton adalah satu dari nominasi Best Foreign Language film pada Academy Awards 2018 serta pemenang Critics Best Film 2018.

Konflik di Newton sangat seru. Rajkummar Rao berperan sebagai Newton Kummar yang merupakan petugas pemilu di pedalaman India yang sedang didera konflik. Ia harus menghadapi pemberontakan komunis yang kemudian memicu pertikaian di daerah tersebut.

Newton berada di tengah-tengah. Pihak pertama adalah golongan pemberontak komunis yang tidak menginginkan pemilu. Sementara beberapa warga masih pro dengan Newton yang tetap teguh melaksanakan tugas negara sebagai pegawai pemilu.

  1. Hindi Medium

Rekomendasi peraih Filmfare Award 2018 yaitu film Hindi Medium. Film ini menceritakan kritikan terhadap pemerintah Hindia yang dibawakan Irrfan Khan bersama Saba Qamar Hindi. Tentu saja alurnya tidak semulus drama percintaan.

Terdapat sepasang suami istri yang memiliki harapan besar memberikan pendidikan formal terbaik se-India pada anaknya. Sekolah tersebut dikuasai swasta. Menariknya, ketika tes di sekolah tersebut sang anak gagal.

Demi tetap bisa menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik, suami istri tersebut memutuskan berpura-pura miskin.  Mereka mencoba jalur kuota khusus warga tidak mampu. Konflik semakin memuncak pada saat surveyor mendatangi rumah asli mereka.

  1. Koi Mil Gaya

Koi Mil Gaya mungkin menjadi legenda sejak tahun 2004. Film ini bergenre fiksi ilmiah yang menceritakan hubungan alien dengan anak laki-laki kecil. Terlalu banyak penghargaan yang diraih Koi Mil Gaya. Masyarakat India mendapat jawaban tentang keberadaan alien lewat sini.

  1. Uri: The Surgical Strike

Apakah Anda sedang mencari film terbaru? Tahun 2019 ini film India yang cukup menarik adalah Uri: The Surgical Strike yang diangkat dari kisah nyata. Pemainnya adalah Yami Gautam, Mohit Raina, Vicky Kaushal, Paresh Rawal.

Film ini adalah film perang yang dibuat dramatis dan sudah tayang di Inggris serta Amerika juga. Di India sendiri, film tentang perlawanan terhadap serangan teroris lewat balasan yang strategis menjadi film perang terbaik.

  1. Caravan

Durasi Caravan panjangnya 114 menit dengan raupan rating 7.7. Komedi ini dirilis pada 3 Agustus 2018 dengan pemain Dulquer Salmaan, Mithla Palkar serta Irrfan Khan. Film ini tentang dua orang yang berteman dan sedang berpetualang lewat jalan darat dari Bangalore ke Kochi.

  1. October

Gitanjali Rao, Banita Sandhu dan Varun Dhawan di bawah sutradara Shoojit Sircar merilis October di 13 April 2018. Ia menceritakan grup pegawai magang yang kecelakaan dimana peristiwa itu mengubah hidup mereka. Ratingnya 7.6 dengan durasi 100 menit.

  1. Dilwale Dulhania Le Jayenge

Chemistry paling kuat sepanjang sejarang perfilman India mungkin didapatkan Kajol dan Shah Rukh Khan. Mereka tampil sangat alami bagaikan pasangan kekasih asli. Mungkin ini pula yang membuat film produksi tahun 1995, Dilwale Dulhania Le Jayenge tetap diburu orang.

Sutradaranya adalah Aditya Chopra yang dianggap sukses mengubah pola serta gaya film produksi Bollywoood. Film ini sukses menyabet Best Movie di ajang FilmFare Awards. Buah karya Jatin Lalit ini diabadikan dalam 1001 Movies You Must See Before You Die.

  1. Kuch Kuch Hota Hai

Disutradarai oleh Karan Johar namun tetap bintangnya Kajol bersama Shah Rukh Khan. Di film ini citra Bollywood menjadi lebih dinamis, berwarna dan modern dipadu lagu dari Jatin Lalit. Kuch Kuch Hota Hai berlatar Mauritius, Skotlandia serta India.

Film ini menjadi pengantar bagi Karan Johar sebagai Best Screenplay sekaligus Best Director, Rani Mukerji dan Salman Khan Best Supporting Actress dan Actor, Kajol – Shah Rukh Khan Best Actress – Actor dan tentunya karena itu semualah film ini menjadi Best Movie.

  1. Dangal

Nitesh Tiwari adalah sutradara yang menjadi perhatian publik berkat film ‘Dangal.’ Film ini bekerjasama dengan Walt Disney dan menceritakan keluarga pegulat. Ceritanya penuh dengan alur dari keluarga pegulat.

Mahavir Singh Phogat, pegulat baru memiliki tekad kuat melatih dua putrinya menjadi pegulat handal global yang memecahkan sejarah sebagai pegulat putri India.

  1. Happy New Year

Film tahun 2014 ini dibintangi artis papan atas Abhisek Bachchan, Jackie Shroff, Viviaan Shah, Deepika Padukone, Shah Rukh Khan serta Sonu Sood. Happy New Year sangat mengagumkan karena dapat meraup US$7 juta 300 ribu.

  1. Bajrangi Bhaijaan

HMC merekomendasikan Bajrangi Bhaijaan yang dibintangi Salman Khan untuk ditonton sampai saat ini. Film ini juga sangat menggiurkan dimonetisasi, karena sudah tayang di box office India. Bajrangi Bhaijaan dibesut tahun 2015.

  1. Chennai Express

Chennai Express mencampurkan action, romantis dan komedi pada tahun 2013. Deepika Padukone bertemu lagi dengan Shah Rukh Khan di bawah sutradara Rohit Shetty bersama produser Gauri Khan.

  1. Dhoom 3: Back In Action

Televisi Indonesia sangat sering memutar film ini. Katrina Kaif dan Amir Khan menjadi duta film Dhoom 3. Film action ini tentu saja sangat menarik, terutama bagi Anda yang suka menonton adegan laga.

  1. Bang Bang!

Bang Bang! Adalah sebuah pembuatan ulang dari Knight and Day produksi Hollywood. Katrina Kaif serta Hrithik Roshan menjadi sangat terkenal berkat main di Bang Bang! Yang diluncurkan tahun 2014.

  1. Madaari

Nishikant Kamat menjadi sutradara di balik Madaari yang  rilis 22 Juli 2016. Madaari seakan merekrut artis papan atas seperti Jimmy  Shergill, Vishhes Bansal, Tushar Dalvi dan Irrfan Khan yang menceritakan keterpaksaan menculik Perdana Menteri.

  1. Airlift

22 Januari 2016 sebuah film thriller berjudul Airlift diluncurkan di pasaran. Dengan campuran banyak adegan perang, Airlift ini sebenarnya diadaptasi dari cerita asli. Latarnya mengambil tahun 90-an dibawakan aktor senior Akshay Kumar.

  1. Sultan

Marrese Crump, Anushkha Sharma, Randeep Hooda dan Salman Khan membawakan film Sultan atas arahan sutradara Ali Abbas Zafar. Alur ceritanya memang dramatis namun dibalut romantisme dan olahraga.

Salman Khan adalah seorang pegulat hebat yang mengalami ketidak tenangan dalam hidup disebabkan dia sangat terkenal. Film ini merupakan salah satu yang paling laris di pasaran sejak peluncurannya di 6 Juli 2016.

  1. Sarbijt

Sarbijt mengisahkan petani bernama Sarbijt Singh yang menjadi petani di Bhikiwind, Punjab. Di bagian negara India itu ia dianggap sebagai mata-mata oleh Pakistan yang mengakibatkannya ditangkap basah.

Petani Singh mendapatkan hukuman mati oleh negara tetangga. Dirilis pada tahun 2006, Sarbijt dibintangi Randeep Hooda, Aishwarya Rai, Darshan Kumar serta Richa Chadha. Ada banyak alur tak terduga di dalamnya.

  1. Neerja

Tahun 2016 Sonam Kapoor, Abrar Zahoor, Shabana Azmi dan Yogendra Tikku bermain dalam Neerja. Film ini diasuh oleh sutradara Ram Madhvan yang menceritakan Sonam Kapoor sebagai aktris utama yang juga berperan sebagai aktris terkenal.

  1. Kapoor & Sons

Ada keluarga yang tidak harmonis akibat masalah keuangan. Setiap harinya ada saja pertengkaran yang mewarnai hingga fungsi dibangunnya keluarga tidak berjalan sama sekali.

Cerita keluarga ini dibawakan Fawad Khan, Anahita Oberio, Sidhart Malhotra dan Aliat Bhatt secara dramatis namun penuh komedi. Diluncurkan pada 18 Maret 2016, film ini sangat rekomendasi ditonton bersama keluarga.

Rekomendasi film di atas harus ditonton sesegera mungkin. Anda bukan hanya akan terhibur, namun banyak pelajaran yang didapatkan setelah menyelesaikan daftar tontonan tersebut. Tenang, nontonnya  tidak harus urut, kok. Bisa Anda pilih sesuai genre dan mood sekarang.

Tinggalkan komentar