Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

10 min read

Film Indonesia terbaik sepanjang masa akan disajikan dalam daftar di bawah ini. Meskipun Indonesia tidak seperti Hollywood atau Bollywood dalam hal produksi film. Tapi masih banyak film komedi dan film romantis yang terbit dari Indonesia dan sangat menghibur.

Seharusnya setiap karya anak bangsa patut mendapat apresiasi, entah cukup bagus atau masih perlu perbaikan dalam produksinya. Yang jelas, ketika para pembuat film mendapatkan apresiasi dari masyarakat pasti mereka akan lebih semangat membuat film yang semakin berkualitas.

1. Hangout

pojoksatu.id

Raditya Dika adalah orang keren di balik film Indonesia Hangout. Dimulai dengan undangan misterius yang diterima oleh Raditya Dika lengkap dengan tawaran uang. Radit harus menuju pulau asing yang tidak dikenal sebelumnya.

Di tengah pulau terdapat rumah besar. Radit baru tahu kalau ternyata ada banyak aktor yang mendapatkan undangan misterius dan datang ke tempat yang sama. Alur kemudian membawa mereka pada gelaran makan malam bersama.

Kerumunan mendadak kebingungan dengan meninggalnya salah satu tamu, diduga penyebabnya adalah keracunan. Setelah itu, setiap hari selalu ada korban pembunuhan. Sisa undangan yang belum mati lantas segera mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi.

2. Eiffel I’m in Love

kanal247.com

Film Indonesia terbaik wajib ditonton selanjutnya adalah film tentang Tita dan Adit. Adit sangat dingin, sedangkan Tita bersifat manja. Bayangkan jika keduanya menjadi sepasang kekasih. Awalnya Tita masih memiliki kekasih lain, namun pertengkaran intens dengan Adit membawa perubahan.

Tita akhirnya mencintai Adit  dan sebaliknya. Film ini dirilis 2003 dan diikuti serial keduanya. Jika Anda menyukai film romantis, jelas saja Eiffel, I’m in Love menjadi rekomendasi.

3. Dilan 1990

wolipop.detik.com

Milea, kamu cantik. Tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja.

-Dilan, 1990-

Dilan 1990 yang dirilis 2018 mungkin akan menjadi film bagus bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi film Indonesia romantis. Berawal dari novel  Pidi Baiq dengan judul sama yang menceritakan bagaimana dua anak muda saling jatuh cinta.

Berlatarkan Kota Bandung tahun 1990, film Indonesia terbaik ini menjadi bintang di bioskop dan perbincangan anak muda.

4. Dilan 1991

wolipop.detik.com

PR-ku adalah merindukanmu. Lebih kuat dari matematika. Lebih luas dari Fisika. Lebih kerasa dari Biologi.

-Dilan, 1991-

Masih lanjutan dari sekuel film wajib tonton setelah Dilan 1990, versi tahun 1991 diluncurkan tahun 2019. Aktor utamanya masih Iqbal Ramadha dengan pasangan Vanesha Prescilla yang menjadi Milea.

Baca juga: 25 Film Drama Korea Terbaik yang Mendunia (Rekomendasi Paling Romantis)

Bisa jadi film ini adalah film Indonesia paling laris 2019. Belum genap satu tahun, penontonnya di bioskop sudah menembus lima juta pasang mata. Dalam versi 1991 ini konflik Dilan dengan Milea lebih terasa. Terutama ketika mereka dibenturkan pada geng motor Dilan dan banyaknya lelaki yang menyukai Milea.

5. Surat Cinta Untuk Starla

imdb.com

Pada tahun 2017 sebuah film keren mengisahkan Hema yang diperankan Jefri Nichol sangat jatuh cinta pada alam. Ia juga menyukai suara mesin tik. Akibatnya, Hema selalu membawa mesin tik tua milik kakeknya kemanapun ia pergi.

Saat melanglangbuana, Hema dipertemukan dengan Starla yang diperankan Caitlin Halderman. Hanya dalam 6 jam saja, mereka berdua saling jatuh cinta. Bagi Hema, itulah saat perdananya merasa lebih indah menulis surat cinta untuk Starla daripada alam.

Konflik memuncak ketika Starla merasa Hema membawa sial pada kehidupannya. Gadis cantik pemilik cafe tersebut pun memutuskan hubungannya dengan Hema yang sudah semakin erat. Di tengah hujan, mereka berdua berpisah dalam pertengkaran.

6. Critical Eleven

bontangpost.id

Film yang dirilis pada 2017 ini mengadopsi kondisi terkritis selama 11 menit penerbangan yang biasa dikenal sebagai critical eleven, yakni 8 menit sebelum landing dan 3 menit setelah take-off. Saat critical eleven inilah bersemi kisah cinta antara Reza Rahardian dan Adinia Wirasti.

Reza yang menjadi Ale dan Adinia sebagai Anya dipertemukan di atas pesawat menuju Sydney, Australia. Dari pertemuan tidak sengaja tersebut, mereka memutuskan untuk menjadi sepasang mempelai.

Banyak badai kehidupan datang ketika mereka berdua terpaksa pindah ke New York, Amerika. Saat itu Anya hamil. Di waktu yang sama pula banyak insiden terjadi hingga keduanya mulai saling meragu akan kadar cinta dan egoisitas masing-masing. Lebih parah lagi, seseorang istimewa di masa lalu Anya muncul kembali.

7. Laskar Pelangi

idseducation.com

Pada tahun 2008, film Indonesia berkualitas ini menjadi booming seiring dengan naik daunnya lagu berjudul ‘laskar pelangi’ yang dibuat oleh grup band Nidji. Diangkat dari novel buatan Andrea Hirata, Laskar Pelangi menceritakan realita pendidikan anak di daerah terpencil.

Terdapat 11 anak kecil dimana masing-masing dari mereka memiliki cita-cita tinggi. Mereka adalah anak-anak daerah Belitung yang  sangat jauh dari kemajuan. Belum lagi keluarga mereka yang miskin dan letak geografis yang terjal menjadi bumbu pedas perjuangannya.

8. Sang Pemimpi

tokopedia.com

Film Indonesia inspiratif selanjutnya adalah sang pemimpi. Menceritakan seorang guru inspiratif yang dijadikan panutan oleh Arai, Ikal, Jimbron. Guru tersebut kerap kali memberitahukan tentang luasnya ilmu pengetahuan hingga lebarnya kesempatan untuk menyudahi semua kesulitan hidup.

Dalam film ini tidak hanya fokus pada perjuangan seorang anak muda meraih mimpi dan memperbaiki nasibnya, namun juga ada percintaan sebagai pemanis perjuangan. Tepatnya, Arai menaksir Zakiah Nurmala hingga rela menjadi penyanyi.

Ikal menjatuhkan hatinya pada bintang iklan bioskop. Sementara Jimbron menyukai Laksmi yang hanya buruh di pabrik cincau. Apalagi gadis yang dicintai Jimbron ini selalu terlihat murung semenjak orangtuanya meninggal dunia.

9. Ayat-ayat Cinta

montasefilm.com

Di tahun yang sama dengan boomingnya, Laskar Pelangi, ada juga film Indonesia terbaik romantis yang diperbincangkan hangat. Judulnya adalah ayat-ayat cinta, soundtracknya dinyanyikan oleh penyanyi Rossa dan menjadi trending di tahun tersebut.

Penonton ayat-ayat cinta membeludak.  Wajar saja, kisah romansa yang disajikan tak seperti film Indonesia romantis lainnya. Bercerita tentang Fahri bin Abdillah (Fedi Nuril), lelaki dewasa yang masih menuntut ilmu tingkat pascasarjana di Universitas Al Azhar, Kairo.

Fahri terjebak dalam kisah cinta rumit antara Nurul (Melanie Putria), Maria Girgis (Carissa Putri), Aisha (Rianti Cartwright) dan Noura (Zaskia Adya Mecca). Banyak pelajaran tentang agama dan budaya dituangkan dalam film ini.

10. Habibie dan Ainun

youtube.com

Setelah istri dari Almarhum B.J.Habibie meninggal dunia, Indonesia turut berduka cita. Saking inspiratifnya kisah cinta mereka berdua hingga dibuatlah film yang rilis tahun 2012. Film ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari dan Reza Rahardia.

Baca juga:

Bisa jadi film Indonesia romantis ini sekaligus adalah film Indonesia inspiratif yang layak dimasukkan daftar rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa. Kisahnya adalah cerita asli mendiang B.J.Habibie dan istrinya, bu Ainun sejak belum menikah hingga maut memisahkan.

Wajar saja penonton film tersebut tidak hanya datang dari kalangan muda-mudi Indonesia, tetapi juga para pejabat. Tentu saja lika-liku menemani suami dari belum memiliki pangkat hingga terbang ke luar negeri dan kembali mengabdi ke nusantara patut diapresiasi.

11. Ketika Cinta Bertasbih

themoviedb.org

Khairul Azzam adalah sarjana S1 sebuah Universitas di Mesir. Tapi ternyata meskipun menjadi lulusan luar negeri, tak lantas membuat hidupnya mapan. Nyatanya Azzam adalah alumni Al Azhar Kairo yang menjadi pengangguran dan sulit mendapat pekerjaan.

Ibu Azzam pun meminta tolong pada anak keduanya untuk membantu abangnya mendapatkan pekerjaan layak. Azzam sendiri pada akhirnya memutuskan untuk berdagang. Di saat yang sama, Azzam mengidamkan seorang wanita yang sudah menjadi istri dari sahabatnya.

Wanita tersebut datang dari keturunan bagus, agama oke dan paras menawan. Ternyata Allah Maha Pengatur yang paling adil. Akhirnya mereka pun dipersatukan setelah wanita yang diidamkan cerai dengan suaminya karena fakta yang mengejutkan. Film ini rilis pada 2009.

12. Ada Apa Dengan Cinta ? 2

instasaver.org

Cinta tidak bisa dipaksakan, merelakannya pergi jauh lebih baik daripada menggenggamnya tanpa cinta. -AADC 2-

Film Indonesia terbaru yang banyak menjadi perbincangan adalah AADC 2 yang terbit pada 2016. Ini adalah kelanjutan sekuel percintaan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dengan Rangga (Nicholas Saputra). Sebelumnya, mereka berdua terpisah selama 14 tahun lamanya sejak SMA.Selama belasan tahun tadi Cinta tumbuh menjadi gadis cantik sekaligus pengusaha di ibukota. Sementara itu, Rangga hijrah ke New York. Ia adalah co-owner atas kedai kopi Indonesia yang dibangun di  tanah Paman Sam.

13. ILY From 38.000 Ft

iflix.com

Asep Kusdinar menggarap film ILY From 38.000 Ft ini dengan apik. Tak heran jika film percintaan tersebut masuk ke jajaran film Indonesia terbaik. Mengisahkan Aletta yang baru 18 tahun. Gadis tersebut sedang berlibur ke Bali dan bertemu Arga, 2 tahun lebih tua darinya.

Baca juga: 35 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Diangkat dari Perang Besar Dunia)

Arga adalah mahasiswa yang memiliki sampingan sebagai creator dalam sebuah program entertainment dibawah Geography Channel. Pertemuan tidak sengaja mereka mengantarkan pada serunya masa pendekatan di luar ruangan hingga akhirnya mereka saling cinta.

14. 5 Cm

astridkhairina.blogspot.com

Nah, film Indonesia terbaik yang mengisahkan persahabatan adalah 5 cm. Ada 5 orang yang memiliki hubungan sahabat. Mereka adalah Riani, Zafran, Genta, Arial, Ian. Persahabatan ini sudah berjalan selama belasan tahun lamanya.

Mereka bersepakat memberi tantangan pada diri sendiri dan berujung pada kesepakatan tidak saling mengontak dalam 3 bulan ke depan. Selama triwulan tersebut mereka menjalani pahit manis hidup tanpa saling bertukar kabar. Hingga akhirnya tibalah waktunya berkumpul.

Saat bertemu lagi, ada banyak cerita yang ingin dibagikan. Namun mereka merasa ingin merayakan keberhasilan mereka menghadapi tantangan tersebut dengan cara melakukan pendakian. Gunung yang ingin ditaklukkan adalah puncak tertinggi pulau Jawa.

Tepat pada 17 Agustus, di hari kemerdekaan Indonesia mereka memulai perjalanan penuh tantangan dan ujian bagi persahabatan mereka. Bagian paling mengharukan adalah ketika hampir menuju puncak, salah satu di antara mereka hampir meregang nyawa karena dingin.

15. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

kaorinusantara.or.id

Pada tahun 2016 Indonesia ramai dengan kehadiran kembali cerita Warkop DKI. Ini adalah pengulangan atas film-film legendaris yang diperankan oleh Dono, Kasino, Indro. Ketiganya acap kali disebut sebagai Warkop DKI.

Di tahun 2016 ini almarhum Dono diperankan oleh Abimana Aryasatya, Kasino oleh Vino G Bastian dan Indro digantikan Tora Sudiro. Kali ini ceritanya mereka akan bersinggungan dengan pihak kepolisian dalam misi menangkap begal.

Ketiganya adalah anggota organisasi CHIIPS (Cara Hebat Ikut-Ikutan Penanggulangan Sosial). Dari perjalanan mereka di organisasi hingga menjalankan misi penangkapan begal ada banyak banyolan yang mengobati kerinduan penonton akan Warkop DKI.

16. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

youtube.com

Setahun sesudahnya, di 2017 sekuel lanjutan Warkop DKI Reborn lahir kembali. Film Indonesia komedi tersebut masih menceritakan Dono, Kasino, Indro. Di cerita part 2 ini misinya adalah melunasi hutang dengan cara mencari harta karun.

Petualangan mereka mencari harta karun harus masuk ke pulau angker dimana banyak hantu seram di sana. Film kedua ini dianggap tidak lebih sukses daripada film pertama mungkin juga karena misinya kurang banyolan seperti versi awal.

17. Comic 8 :Kasino King Part 2

beritagar.id

Comic 8 dijebak The King yang sudah menjalin hubungan dengan Dr.Pandji. Itulah cerita yang ditonjolkan dalam part 2 Comic 8. Ada banyak adegan komedi di dalamnya. Film ini banyak  dimainkan oleh komika terkemuka tanah air.

Mereka terpaksa harus meneruskan permainan judi online. Mereka terjebak pada level dimana permainan harus terus berjalan jika kehidupan mereka ingin berlanjut. Di tengah cerita hadirlah The Hunters, grup pemburu yang ikut bermain dan mengancam para komika.

Di saat yang sama, Indro Warkop akhirnya menjadi buronan interpol dan ikutan terjebak dalam permainan demi menyambung hidup. Lantas bagaimana perjalanan para komika tersebut hingga bisa keluar dari lingkaran permainan judi online beserta kerumitan polanya? Tonton saja.

18. Cek Toko Sebelah

senang-sening.com

Film Indonesia terbaik bergenre komedi salah satunya adalah cek toko sebelah. Film Indonesia bagus ini akan meningkatkan kadar humor Anda. Mengisahkan Erwin yang hanya pria biasa dengan karir paripurna. Karir melejit dilengkapi kekasih super cantik.

Kehidupan Erwin seakan terlihat sangat sempurna. Sampai kesehatan ayahnya menurun pelan-pelan. Sebenarnya sejak kecil, keluarga Erwin sudah memiliki toko sembako. Ayahnya berencana supaya Erwinlah yang akan meneruskannya. Kira-kira apakah Erwin akan meninggalkan karirnya?

19. Koala Kumal

twitter.com

Raditya Dika bukan hanya penulis produktif. Ia juga menjadi sutradara film. Salah satunya, ialah film Koala Kumal yang diadaptasi dari novelnya sendiri berjudul sama. Ceritanya, Raditya Dika adalah penulis yang gagal menikah karena pacarnya selingkuh.

Dika merasa sangat tersakiti atas kelakuan pacarnya. Hal ini berdampak pada sulitnya ia menyelesaikan buku yang sedang ia kerjakan. Sampai suatu hari Radit bertemu Trisna. Perempuan itu sukses mengubah pandangan Radit tentang hidup yang pahit.

Radit dan Trisna semakin dekat saja dari hari ke hari. Hingga Trisna berniat membantu penyelesaian buku yang sedang ditulis Radit. Trisna pun mengetahui alasan Radit macet dalam proses penyelesaian buku.

Trisna yang sudah memahami duduk perkara pun menyuruh Radit membalas dendam untuk meluapkan emosinya yang selama ini membuatnya sangat terpuruk. Semuanya demi kelancaran penyelesaian buku. Akankah Radit menuruti nasehat Trisna?

20. Si Doel

youtube.com

Film Indonesia terbaik yang melegenda adalah Si Doel. Ada Cornelia Agatha, H. Rano Karno, Maudy Koesnadi, Adam Jagwani, Rey Bong, H Mandra YS  yang bekerjasama menjadi tokoh dalam film Si Doel Anak Betawi.

Sudah 14 tahun berlalu. Sarah pergi tanpa meninggalkan kabar sedikitpun. Hal ini membuat Doel yang sudah menikah dengan Zaenab semakin rindu. Lewat Hans, Sarah menginginkan Doel ke Belanda supaya mereka bisa berjumpa lagi.

Sebenarnya Sarah ingin Doel bertemu dengan anaknya, Dul yang dibawa Sarah ke Belanda. Hans pun memenuhi keinginan Sara dan mengatakan demi urusan bisnis ketika mengundang Doel ke Belanda.

Doel pergi ke Amsterdam bersama Mandra. Ia berhasil menyelesaikan rindu yang selama ini disimpannya sendiri. Doel bertemu Sarah dan darah dagingnya. Namun pertemuan ini justru membawa Doel pada posisi sulit. Doel bingung menentukan harus hidup bersama siapa.

21. Susah Sinyal

popbela.com

Ernest Prakasa sebagai sutradara atas susah sinyal diketahui sukses mendudukkan Susah Sinyal dalam jajaran film Indonesia terbaik berkualitas. Alurnya diawali oleh single mom yang bekerja sebagai pengacara dan sulit membagi waktu dengan anak semata wayangnya.

Anaknya bernama Tiara tumbuh menjadi pemberontak dan kerap kali menyalurkan emosi ke media sosial. Tiara memang diasuh neneknya sejak kecil. Akan tetapi sang nenek tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Semenjak meninggal sang nenek, Tiara mengalami kesedihan mendalam. Ia pun datang ke bersama ibunya ke psikolog. Rekomendasi menunjukkan bahwa Ellen harus berlibur bersama Tiara. Gadis tersebut berencana ke Sumba untuk liburan.

Sebenarnya Ellen memiliki proyek yang harus batal  karena berlibur bersama Tiara. Akan tetapi Ellen sebagai ibu yang sangat sibuk juga lupa menghadiri acara show di SMA anaknya. Lebih dari itu, Ellen juga lupa sudah berjanji mengajak putrinya liburan.

Semua kelupaan tidak sengaja Ellen sebagai ibu membuat Tiara marah dan sangat kesal. Gadis itu menjadi pemberontak yang akhirnya membulatkan tekad untuk berlibur ke Sumba seorang diri.

22. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur

m.vidio.com

Pada 2018, film horor legendaris yang dibintangi oleh almarhumah Suzanna kembali ditayangkan. Kali ini Luna Maya dipercaya menggantikan Suzanna. Ia tewas secara tragis saat segerombolan perampok mendatangi rumahnya.

Meskipun sudah masuk ke liang lahat, arwah Suzanna terus bergentayangan di rumahnya. Saat itu rumah tersebut dihuni oleh Satria yang diperankan oleh Herjunot Ali beserta tiga pembantu.

Dalam film ini, Luna Maya dianggap sukses memerankan sebagai Suzanna. Film remake ini memiliki alur yang sama dengan film aslinya. Para penggemar horor Indonesia terpuaskan dengan film Indonesia horor berkualitas ini.

23. Pengabdi Setan

databasefilm.blogspot.com

Pada 2017, Joko Anwar menyelesaikan film pengabdi setan. Sutradara kondang tersebut menjadikan pengabdi setan sebagai film Indonesia paling seram. Menceritakan teror berkepanjangan pada keluarga yang ibunya baru saja meninggal.

24. Danur

idntimes.com

Selanjutnya, Danur. Menjadi satu dari sekian film horor Indonesia yang digemari penonton. Ceritanya Risa, anak kecil berusia 8 tahun memanjatkan doa kepada Tuhan supaya ia tidak merasa kesepian lagi.

Sejak ulangtahun tersebut Risa lebih sering tertawa sendiri. Ibu Risa tentu saja menjadi curiga atas perilaku anaknya dan merasa ada yang tidak beres. Risa juga memiliki kakak perempuan yang sama curiganya. Kakaknya sangat khawatir akan kondisi adiknya.

Ternyata Risa memiliki teman bermain gaib yang membuatnya merasa tidak kesepian.  Yang membahayakan adalah makhluk gaib lain yang menginginkan kecelakaan terjadi pada Risa dan keluarganya. Teman-teman gaib Risa berusaha melindunginya.

25. Jailangkung

liputan6.com

Film Indonesia berkualitas dengan genre horor terakhir adalah Jailangkung. Film dengan penonton banyak ini diawali dengan scene seorang ayah yang terbaring di atas dipan rumah sakit karena koma.  Tidak ada yang tahu persis alasan komanya.

Ayah tersebut memiliki tiga anak perempuan yang menyayanginya. Mereka berusaha mencari tahu penyebab ayahnya menjadi seperti itu. Tiga bersaudara tersebut adalah Tasya, Angel dan Bella.

Bella memiliki  teman bernama Rama yang sangat menyukai dunia metafisika. Ia pun meminta tolong Rama untuk mencari jawaban atas kondisi ayahnya. Di tempat berbeda ada seorang pilot bernanama Capt Wardaya yang sudah sangat lama tidak berjumpa keempatnya.

Dalam perjalanan mencari jawaban, mereka menemuka Jailangkung yang memiliki sangkut paut dengan kejadian di masa lalu. Diketahui rahasia masa lalu itu justru membahayakan nyawa setiap dari mereka. Lantas bagaimana kelanjutannya? Coba selesaikan filmnya.

Itulah 25 film Indonesia terbaik yang disajikan bagi Anda. Semuanya cocok untuk mengisi waktu luang. Kadang-kadang kita perlu memacu adrenalin dengan film horor, meningkatkan mood lewat film romantis atau film Indonesia komedi. Tinggal pilih saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *