35 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Diangkat dari Perang Besar Dunia)

11 min read

Film Perang Terbaik meskipun memakan biaya besar namun tetap menggiurkan bagi para produser. Selalu saja ada pasar untuk film perang, apalagi jika perang yang ditampilkan termasuk dalam sejarah. Otoritas pemerintah biasanya tentu berusaha menjadikan momen tersebut sebuah dokumenter.

Hollywood masih menjadi tempat paling nyaman kelahiran film terkenal level global, tak terkecuali film perang perang terbaru yang diangkat dari kisah perang-perang bersejarah sepanjang masa. Supaya Anda mengenal epik-nya, langsung saja telusuri daftar di bawah ini.

1. Return

amazon.com

Pada tahun 2011 Linda Cardelilini ditantang berakting menjadi orang gila lagi. Setelah beberapa kali ia dianggap berbakat dalam memerankan orang kurang waras bernama Lindsar Weir dan Meg Rayburn dalam beberapa track record film serial menarik, Bloodline.

Dalam Return (2011) Cardelilini lagi-lagi menjadi orang sinting di bawah arahan Liza Johnson. Dalam film tersebut diceritakan Cardelilini mendapatkan tugas militer di wilayah Timur Tengah dan harus kembali menata ulang kehidupannya.

2. A Few Good Men

yahoo.com

Di tahun 1992 Aaron Sorkin menjadi sutradara atas film perang yang punya dialog diplomatis ini. Bahkan beberapa kutipan dari film ini seolah telah menjadi lagu kebangsaan di Amerika Serikat. Tom Cruise bersama Jack Nicholson-lah yang menjadi aktor utama dalam A Few Good Men.

3. Dun Kirk

federalist.com

Mungkin Dun Kirk termasuk film perang terbaru karena dirilis 2017. Dikemas sinematik bercerita tentang operasi militer di Dunkirk, Prancis. Dun Kirk mengisahkan perang dunia 2 dalam tulisan Christopher Nolan. Uniknya, film ini perang ini banyak mengandung romantisme dan komedi.

4. Jarhead

rogerebert.com

Sam Mendes di tahun 2005 menelurkan film perang Hollywood bersama ate Winslet, istrinya. Mantan sutradara American Beauty tersebut menceritakan seorang marinir ahli tembak dalam Jarhead.

Naasnya, sang Marinir kekurangan amunisi saat berlangsungnya peperangan tembak menembak. Di situlah Jake Gyllenhall, sang marinir merasa gagal.

5. Stripes

youtube.com

Adanya wajib militer menuntut upaya mempertahankan patriotisme, persahabatan, kewajiban dan kehormatan tak langsung membuat Harold Ramis dan Bill Murray bersedia. Mereka justru bergabung bersama tentara untuk pembuatan film komedia arahan Ivan Reitman untuk bersenang-senang.

6. Top Gun

standard.co.uk

Pada tahun 1986, Top Gun dibintangi oleh Tom Cruise. Aktor tampan tersebut dikisahkan selalu menggunakan jaket bomber dan kacamata aviator ketika menunaikan tugas negara. Dari dulu sampai sekarang, Tom Gun tetap diminati.

Baca juga:

Film ini diproduseri oleh Tony Scott dan banyak menceritakan terjadinya perkelahian sesama pilot. Mungkin inilah film perang terbaik karena bisa terus memiliki penikmat meskipun usianya sudah lebih dari 30 tahun.

7. Apocalypse Now

imdb.com

Francis Ford Coppola membuat Apocalypse Now pada 1979. Mengisahkan adanya kapten yang tersesat di sebuah hutan lebat Negara Kamboja dan harus melawan psikologinya yang memburuk karena keterjebakan dalam misi, ngeri, dan perang mempertaruhkan kehormatan.

I watched a snail crawl along the edge of a straight razor. That’s my dream; that’s my nightmare. Crawling, slithering, along the edge of a straight razor… and surviving.

-Colonel Walter E. Kurtz

Negara yang sedang bergejolak dalam daftar film perang ini adalah Vietnam. Martin Sheen, Robert Duvall dikombinasikan Marlon Brando membuat daftar sejarah untuk film perang terbaik Best Cinematography Piala Oscar dan best Sound.

.Di balik itu ada banyak hal yang perlu menjadi catatan. Martin Sheen sempat mengalami serangan badai asli saat proses syuting dan membuat perilisan harus ditunda. Begitu pula dengan Marlon Brando yang berat badannya berlebih, sehingga sangat ditantang mengurangi.

Yang perlu diketahui seluruh pecinta film sejarah adalah Apocalypse Now sudah diregistrasikan pada National Film Registry oleh Library of Congress pada tahun 2000.

8. Crimson Tide

moviesanywhere.com

Pada 1995 ada film perang yang mengisahkan Gene Hackman dan Denzel Washington menjadi bagian dari perang nuklir. Lokasi perang berada di bawah laut. Tapi keduanya bukanlah bintang perangnya, bintang sesungguhnya diperankan Viggo Mostensen dan James Gandolfini.

9. The Messenger

imdb.com

Film yang dirilis tahun 2009 ini disutradai oleh Oren Movermen. Secara visual, tiap penonton pasti akan larut dalam emosi yang menceritakan tentara dimana ia diutus menyampaikan kabar gugurnya tentara lain di medang perang. Kerennya, film ini diproduksi indie, loh.

Baca juga: 25 Drama Film Thailand Terbaik dan Romantis (Saingan Drama Korea)

10. The Hurt Locker

impawards.com

Kathryn Bigelow Sang Sutradara menceritakan tentang Perang Irak dari sudut pandang Sersan tegas. Sersan ini mendapat tugas sebagai pemimpin pasukan bom di wilayah penyanderaan. Peran Sersan dalam film tentara tersebut dibawakan Jeremy Renner dengan syuting di area Baghdad.

Film perang terbaik sepanjang masa ini secara visual tidak mengandung adegan perang. Namun visualisasi bom sudah pasti akan memicu adrenalin. Wajar jika Oscar menganugerahkan Best Achievement in Sound Mixing, Best Motion Picture of The Year, dan Best Achievement in Sound Editing.

You know, this doesn’t have to be a bad time in your life. Going to war is a once-in-a-lifetime experience. It could be fun.

-Colonel John Cambridge

Kekacauan yang ada dalam Hurt Locker bahkan melebih film Avatar yang sudah menyabet piala Oscar yang dibesut James Cameron.

Hurt Locker menceritakan William James, tentara Amerika yang ditugaskan ke Irak sebagai komandan invasi. Ia menjadi pemimpin yang hanya menggunakan sudut pandang pribadi. Sehingga James selalu merasa sudah benar, padahal banyak anggota tim yang tidak menyukai caranya memimpin.

Dalam film yang tayang sejak 2 Juni 2009 tersebut mendetailkan bagaimana perjalanan James memimpin pasukan sampai ia pensiun. Diceritakan pula bagaimana orang sipil menjadi korban atas perang yang sebenarnya kepentingan segelintir orang pemegang kekuasaan.

Hurt Locker termasuk dalam Thriller drama. Di bawah produksi Film Capital Europe Funds, Voltage Pictures dan Grosvenor Park Media, Kathryn Bigelow sang sutradara membuat Anthony Mackie, Jeremy Renner dan Brian Geraghty bermain akting selama 2 jam 11 menit.

11. Lone Survivor

amazon.co.uk

Lone Survivor memperkenalkan aktor Eric Bana, Ben Foster, Emile Hirsch, dan Mark Wahlberg di bawah narasi yang dituangkan Marcus Luttrel dalam bukunya.

Lone Survivor menjadi film Hollywood terbaik yang bertemakan peperangan. Latarnya berada di Afghanistan dan menceritakan Marcus Luttrell yang sedang dalam operasi Red Wings. Operasi tersebut mengemban misi menjerat Ahmad Shah, pemimpin Taliban.

Sayangnya, operasi yang berjalan gagal dan malah membunuh semua anggota pasukan hingga Luttrell menjadi sendirian. Lone Survivor juga berhasil menyabet award untuk mixing suara dan editing suaranya.

Anything in life worth doing is worth overdoing. Moderation is for cowards.

-Shane Patton

12. Platoon

pinterest.com lagi

Film perang rekomendasi selanjutnya adalah Platoon. Lagi-lagi Vietnam memiliki sejarah perang yang sangat menarik. Oliver Stone didapuk menjadi sutradara Platoon. Ia merilis film tentang trilogi perang Vietnam ini pada 1986.

Setelah tahun perilisan Platoon, dilanjutkanlah pembuatan film Born on teh Fourth July yang dirilis pada 1989 dan diakhir Heaven and Earth tahun 1993. Sehingga lengkaplah film rekomendasi perang bersejarah ini.

Death? What do you all know about death?

-Sgt. Barnes

Academy Award pun tak tanggung-tanggung, ada 4 kategori sekaligus yang disabet film dengan aktor Charlie Sheen, Willen Dafoe serta Tom Berenger ini. Sisi suara, visualisasi gambar, direktur film, dan editing film secara keseluruhan dihargai oleh dunia.

Semua penghargaan tadi memang sebanding dengan kualitas film. Sisi psikologis yang tak banyak dikuak, dibuka dalam Platoon. Misalnya tentara yang mabuk-mabukan saat perang berlangsung.

13. Full Metal Jacket

imdb.com

The dead know only one thing: it is better to be alive.

-Private Joker

Matthew Modine dan Adam Baldwin sangat naik daun berkat Full Metal Jacket. Bahkan para kritikus juga ikut memuji akting mereka. Keduanya sedang menceritakan tentang perang Vietnam di bawah arahan Stanley Kubrick.

Film perang menegangkan tersebut rilis tahun 1987 dan lebih fokus pada pletonnya marinir Amerika yang sedang berlatih di medan pertempuran perang Vietnam.

14. American Sniper

Sumber: imdb.com

Bisa jadi American Sniper adalah film perang terbaik sepanjang sejarah. Clint Easwood merupakan sutradara atas mahakarya yang dipuji juga dikritik karena dengan polosnya mengisahkan bagaimana Amerika memporak-porandakan Irak.

Rilis tahun 2014, Bradley Cooper bertindak sebagai penembak jitu jebolah Navy SEAL. Sementara Chris Kyle sudah dicap “The deadliest marksman” sepanjang sejarah kemiliteran USA. Naasnya, Sniper America masuk dalam 6 nominasi penghargaan tapi hanya pulang dengan best sound editing saja.

There are three types of people in this world: sheep, wolves, and sheepdogs. Some people prefer to believe that evil doesn’t exist in the world, and if it ever darkened their doorstep, they wouldn’t know how to protect themselves. Those are the sheep.

-Wayne Kyle

Tapi kemalangan di atas telah dibayarkan berkat banyaknya puja puji dan cacian pada film hollywood terlaris ini. Ada $534 juta uang yang didapat tim pembuatan film berkat penayangan di seluruh bioskop dunia. Bahkan sampai sekarang, American Sniper bisa disebut film terlaris sepanjang masa.

15. Black Hawk Down

moviesanywhere.com

Tahun 2001 menjadi tahun Ridley Scott menjadi sutradara film perang modern terbaru. Film perang yang ini memang mengambil tema perang 2000-an. Ceritanya masih sama, selalu ada hubungan dengan Amerika yang sedang memburu Mohamed Farrah Aidid. Aidid berdiam di Mogadishu, Somalia.

Tom Sizemore, Sam Sephard, Ewan McGregor adalah para pemainnya. Yang menjadikan ini film seru adalah tuaian pujian dari kritikus dan cacian dari militer negara lain karena dalam film ini Amerika membuat seolah Amerika punya kuasa atas negara merdeka lainnya.

Piala Oscar yang berhasil dibawa pulang adalah kategori best film editing dan best sounda dalam piala Oscar nominasi academy awards.

When I go home people’ll ask me, “Hey Hoot, why do you do it, man? What, you some kinda war junkie?” You know what I’ll say? I won’t say a goddamn word. Why? They won’t understand. They won’t understand why we do it. They won’t understand that it’s about the men next to you, and that’s it. That’s all it is.

-Hoot pop

16. Wings

en.wikipedia.org

Film perang bersejarah Wings diproduksi tahun 1927. Film ini dianggap sebagai film sunyi terbaik sepanjang Paramount Pictures berdiri. Sebenarnya Wings merupakan sebuah drama yang mengandung komedi dan romantisme dalam kancah peperangan.Seperti layaknya film perang lawas, Wings juga memuat adegan aksi spesial seperti terbang saat bertarung.

17. Zero Dark Thirty

imdb.com

Kathryn Bigelow rupanya sangat gemar menjadi sutradara film peperangan. Kolaborasinya bersama Mark boal kali ini menceritakan bahwa ternyata ada banyak persiapan yang harus terpenuhi sebelum memenangkan perang.

Zero Dark Thiry mengisahkan buronan prioritas yang menjadi target operasi gelap, ia adalah Osama Bin Laden yang viral pasca 11 September di Amerika.

Film yang menjadi banyak peminat karena menceritakan peristiwa tragis bersejarah di Amerika tersebut mendudukkan Jessica Chastain untuk berperan sebagai pencari lokasi buruan dan paling berjasa atas operasi gelap tersebut.

18. Megan Leavey

Megan

Pada tahun 2017 terjadi pertarungan antara sisterhood dan brotherhood binatang kaki empat. Film Megan Leavey adalah sebuah realita kehidupan yang oleh Sutradara mahir, Gabriela Cowperthwaite disulap menjadi film peperangan.

Gabriela sukses membuat emosi kuat dalam pemeranan Kate Mara yang seolah menjadi kopral marinir. Ia sudah memiliki ikatan jiwa hebat dengan sembilan ekor Anjing yang berkat hubungan inilah sang marinir lolos dari maut beberapa kali.

19. Courage Under Fire

whatsontv.co.uk

1996 menjadi tahun peluncuran film peperangan misteri yang berpusat pada cerita militer. Tokoh utamanya dipegang oleh Denzel Washington yang menjadi letnal kolonel. Denzel harus beraktik perang dengan Desert Storm yang terkenal kejam.

Pertarungan tadi semata-mata demi misi investigasi kematian Meg Ryan yang berakting menjadi kapten militer yang gugur demi menyabet medali kehormatan.

20. District 9

sonypictures.com

District 9 dibuat oleh Neill Blomkamp pada 2009. Film sejarah sains fiksi ini menggambarkan masa depan mengerikan. Saat itu bumi telah diinvasi masyarakat alien. Lebih tepatnya, Afrika Selatan menjadi latar dalam film dimana menunjukkan banyaknya pertempuran meriam yang kreatif dan mendebarkan.

21. Tigerland

avxhmse.com

Pada tahun 2000, Tigerland banyak didalami penontonnya. Joel Schumacher membuat film ini seperti drama bootcamp. Bootcamp ini menjadi tanda adanya prospek karir tinggi untuk Colin Farrel.

22. The Guest

aminoapps.com

Tahun 2014, The Guest diluncurkan dan langsung terkenal sebagai film thriller peperangan. Dimulai dengan cerita adanya tentara yang mendatangi sebuah keluarga dan mengaku menjadi teman anak lelaki dalam rumah yang sudah meninggal dalam peperangan.

Kengerian dimulai ketika jati diri si tamu terbongkar. Ternyata ia memiliki penyimpangan kepribadian jenis psikopat dan mempunyai kebiasaan buruk yaitu suka berbohong.

23. Casablanca

alchetron.com

Tahun 1997, The Casablanca mungkin menjadi film perang modern karena menceritakan hubungan romantis dalam perang dunia II.

24. Rescue Dawn

Christian Bale sangat bersemangat dalam pembuatannya di bawah arahan Werner Herzog. Sehingga, rescue dawn sementara ini, Seorang pilot pejuang Amerika Serikat yang melakukan misi rahasia kemudian jatuh di Laos, dan dijadikan tawanan, kemudian menceritakan pelariannya.

Terdengar seperti plot yang familiar, namun apa yang dibuat tentang pertahanan hidup ini patut ditonton apalagi film ini dibintangi oleh Christian Bale dan diarahkan oleh Werner Herzog.

25. Three Kings

dailyasia.com

Film ini diluncurkan pada tahun 1999. David O Russell-lah yang membesutnya dan merekrut Mark Wahlberg, Ice Cube Mise serta George Clooney. Ketiganya berkolaborasi membuat film perang Three Kings.

Konsepnya mengambil latar di Perang Teluk Persia. Seharusnya film perang menegangkan, namun dalam film yang menjadi film perang terbaik dalam dekade ’90-an tersebut lebih banyak dibumbui komedi dalam setiap perjalanannya.

26. Edge of Tomorrow

reelrundown.com

Masuk ke millenium kedua, ada Edge of Tomorrow yang ditokohkan oleh Tom Cruise bersama Emily Blunt sebagai pasangan. Film perang militer tersebut diarahkan oleh Doug Liman dan Christhopher McQuarrie. Bagaimana tidak saintifik jikalau alien dimasukkan dalam cerita peperangan dahsyat?

Alien di sana tentu saja bukan pemain filmnya, namun cerita dalam film yang merupakan perang waktu. Musuh manusia adalah alien di masa mendatang. Kerennya, kisahnya tidak melulu digambarkan mengerikan dan menegangkan. Masih banyak kekonyolan yang justru datang dari alien itu sendiri.

27. Jojo Rabbit

imdb.com

Jojo adalah seorang pengagum rahasia kekejaman Nazi Jerman yang dianggap gagah. Roman Griffin Davis sebagai pemeran sosok Jojo ini bahkan memiliki teman imajinasi bernama Taika Waititi, seorang Adolf Hitler versinya sendiri.

Jojo Rabbit yang memang mengambil tema film perang dunia kedua digarap santai. Inilah film perang terbaru karena baru akan tayang 18 Oktober 2019. Kalau di trailernya diceritakan juga mengenai ibu Jojo yang menyembunyikan seorang putri yahudi di loteng rumah. Di sinilah konflik mulai memuncak.

Jojo Rabbit nanti akan ditayangkan selama 1 jam 48 menit. Film ini disutradari oleh Taika Waititi yang sekaligus sebagai pemainnya langsung. Sementara produksinya dipegang oleh Piki Films, Czech Anglo Production dan Defender Films. Sampai saat ini ratingnya masih 7.2 di Imdb.

28. Midway

YouTube.com

 

Hampir sama, masih tentang perang dunia II. Bedanya, Midway ini mengambil spesifikasi perang laut yang benar pernah terjadi di area Samudra Pasifik. Pertempuran tersebut terjadi setelah peristiwa bom menggegerkan meledak di Pearl Harbor dan perang Laut Koral selama sebulan.

Dalam perang Pasifik, terjadilah gesekan keras antara armada laut milik Jepang dan Amerika. Ujungnya sama saja kedua belah pihak harus menanggung kerugian besar. Roland Emmerich sebagai sutradara membuat film perang bersejarah tersebut lebih dramatik.

Alexander Ludwif, Luke Evans dan Patrick Wilson bertindak sebagai aktor. Sementara Starlight Culture Entertainment Group, Centropolis Entertainment serta Ru Yi Media berhak memproduksinya. Anda dapat menikmati Midway di bioskop mulai 8 November 2019.

29. Tolkien

Ini adalah film perang yang sebenarnya terinspirasi dari biografi tokoh bernama R.R. Tolkien. Ia menjadi anak yatim piatu yang menjadi mahasiswa Oxford University dan berjuang memenuhi hasrat akan teman, pemenuhan kebutuhan hidup dan tentunya cinta dari orang terdekat.

Tolkien yang seorang mahasiswa pintar harus turun wajib militer pada kancah perang dunia I. Di sinilah petualangan dimulai. Film yang mendapat rating 51% ini sudah tayang selama 1 jam 52 menit sejak 10 Mei 2019. Nicholas Hoult-lah yang berperan sebagai Tolkien di bawah produksi Fox Searchlight Pictures.

30. Saving Private Ryan

yahoo.com

Latar belakangnya masih Perang Dunia II. Diproduksi tahun 1998, Saving Private Ryang mengangkat Matt Damon sebagai tokoh utama. Ceritanya, Ryan adalah orang yang harus diselamatkan oleh tim militer elit yang beranggotakan 8 orang. Ryan sedang disekap oleh Jerman, sementara ia seorang warga Amerika.

Tayang di pertengahan tahun dan mendapat rating 93%, fantastis! Wajar saja jika film yang disutradarai Steven Spielberg ini merebut 10 nominasi Oscar. Anda dapat menikmati film produksi Amblin Entertainment, DreamWorks, serta Paramount Pictures tersebut selama 2 jam 49 menit.

31. Hacksaw Ridge

pinterest.com

Berikutnya adalah Hacksaw Ridge yang dibintangi oleh Andrew Garfield. Andrew menjadi Desmond Doss, seorang prajurat tempur Amerika. Ia adalah prajurit kuat yang sangat religius. Lebih tepatnya, seorang Kristian taat yang harus andil dalam perang dunia II dimana banyak kekejaman di sana.

Doss tidak bersedia menjadi pembunuh, bahkan sekedar memegang senjata saja ia tidak mau, apalagi melukai orang lain. Tebalnya iman Doss baru tergoyah ketika melihat teman-temannya terdesak ke belakang oleh musuh.

Hacksaw Ridge tayang selama 2 jam 19 menit sejak 4 November 2016. Sutradaranya adalah Mel Gibson dengan artis lain Sam Worthington serta Luke Bracey. Adapun hak produksi film berrating 85% tersebut dimiliki Summit Entertainment, Cross Creek Pictures dan Demarest Films.

32. Letters from Iwo Jima

youtube.com

Jika tadi ada kisah nyata dalam perang dunia II. Film kali ini malah menciptakan sisi lainnya. Ini mungkin menjadi film perang dunia II bersejarah yang mengambil sudut pandang Jepang. Iwo Jima adalah nama sebuah pulau di Jepang yang dikuasai 100 ribu tentara USA dan direbut 21 ribu tentara Jepang.

Ada sangat banyak ledakan dalam Letters from Iwo jima. Sinematografinya mendapatkan banyak pujian. Film dengan rating 91% ini diluncurkan pada 2 Februari 2007 dan diputar selama 2 jam 21 menit. Clint Eastwood yang warga Amerika menjadi sutradaranya. Sementara pemainnya semua dari Jepang.

33. Lawrence of Arabia

foxtelmovies.com.au

Film perang kontroversial sepanjang masa yang tetap seru ditonton meskipun usia sudah usang. T.E. Lawrence adalah seorang perwira Intelijen yang bekerja untuk Inggris dan mendapat mandat sebagai provokator demi meruntuhkan Dinasti Fatimiyah penguasa Ottoman 1916-1918.

T.E. Lawrence sukses mempersatukan beberapa negara Arab untuk bersatu menyudahi dinasti Ottoman. Film yang tayang 11 Desember 1962 ini dianggap kejam, rasis dan sarat Islamophobia.

Selama 3 jam 36 menit, Horizon Pictures di bawah sutradara David Lean mengarahkan Alec Guinness, Anthony Quinn dan Peter O’Toole untuk berakting. Film ini harus ditonton bagi siapapun penyuka film perang. Ratingnya mencapai 98%.

34. Braveheart

Sumber: facebook.com

Film perang kerajaan berstandar bagus. Braveheart mungkin dapat menjadi contohnya. Mengisahkan bagaimana prajurit skotlandia berjuang menumpas pemberontakan ke Kerajaan Inggris di abad 13. Pemberontakan sebenarnya berupaya melindungi rakyat Skotlandia dari kesewenangan Inggris.

William Wallace adalah Pahlawan Skotlandia yang akan menjadi bintang dari Braveheart. Film berdurasi hampir tiga jam ini sukses membawa pulang 5 piala Oscar berkat alur dan visualisasinya. Mel Gibson, sutradaranya mulai meluncurkan Braveheart pada 25 Mei 1995.

Selain sebagai Sutradara, Mel Gibson juga menjadi pemain film bersama Patrick McGoohan dan Sophie Marceau. Produsen Braveheart sendiri adalah B.H. Finance C.V, Icon Entertainment International dan The Ladd Company. Sampai sekarang, Braveheart mengantongi 8.3 rating film.

35. Pearl Harbor

metro.co.uk

Kalau ditanya tentang film perang produksi Hollywood, Pearl Harbor inilah film perang hollywood rekomendasi banyak kritikus. Peristiwa bersejarah tentara Jepang yang meledakkan Pearl Harbor justru menimbulkan percikan romantisme baru di dalamnya.

Rafe dan Danny adalah tentara yang sudah sangat akrab. Keduanya harus mulai berkonflik karena masalah hati. Meskipun ada persaingan batin untuk mendapatkan wanita pujaan sama, namun keduanya tetap berusaha menjadi pemenang pula dalam perang dunia II. Tidak seperti drama percintaan India.

Selama 3 jam 3 menit, film besutan Michael Bay ini akan menghibur penonton. Ada Kate Beckinsale, Josh Hartnett dan Ben Affleck yang menjadi pemain film sejak peluncurannya di 25 Mei 2001. Ratingnya hanya 24% namun produksi Jerry Bruckheimer dan Touchstone Pictures ini tetap direkomendasikan.

Itulah 35 daftar film perang yang dapat ditonton. Sebagian darinya diilhami langsung oleh perang-perang besar di dunia. Selain keseruan visual, tentu saja ada pesan moral yang disampaikan.

Contoh Teks Deskripsi

root
3 min read

Contoh Teks Anekdot

root
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *