Pesona Pantai Bajul Mati

Alamat: Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178.

Terletak sekitar 66,3 Km (1 jam 46 menit) dari Kota Malang.

Banyaknya wisata pantai yang tersedia di Malang membuatnya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa dimasukkan kedalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Apalagi dengan garis pantai panjangnya yang terhampar dengan indahnya.

Sebagian pantai sudah banyak dikenal di dalam maupun luar daerah. Namun, sebagian lagi masih dalam proses pengenalan. Seperti contohnya Pantai Bajul Mati yang baru-baru ini saja diekspos. Lantas apa sajakah yang membuat pantai ini menarik, simak ulasannya berikut ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bajul Mati

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa masuk kedalam kawasan pantai ini, sebab hanya dengan uang sebesar Rp. 5.000 Anda sudah bisa menikmati keindahannya sampai puas. Dengan harga tersebut tergolong sangat murah untuk eksotisnya pemandangan Pantai Bajul Mati.

selain membayar tiket masuk, Anda juga diwajibkan untuk membayar jasa parkir apabila Anda membawa kendaraan pribadi. Tarif jasa parkir di pantai ini adalah Rp. 3.000, dengan begitu Anda sudah tidak perlu lagi khawatir mengenai keamanan kendaraan Anda.

Obyek Wisata Pantai Bajul Mati

Berbagai keseruan yang pastinya akan Anda rasakan saat berada di pantai ini adalah:

1. Jembatan Bajul Mati

Jika diamati, sebenarnya sebelum memasuki pantai ini Anda sudah melewati jembatan legendaris ini. Jembatan yang berbentuk artistik dengan panorama perbukitan di belakangnya menjadi pendukung bagi Anda yang ingin berfoto disini.

Tidak sedikit dari para pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto bersama atau sekedar berselfi. Selain itu, jembatan yang sudah terkenal ini juga sekaligus dijadikan sebagai tanda bahwa Anda sudah memasuki kawasan Pantai Bajul Mati.

2. Muara Sungai

Selayaknya pantai yang terletak di pesisir Selatan Jawa, pantai inipun juga mempunyai ombak yang besar dengan hembusan angin yang kencang. Maka dari itu, di pantai ini tidak disarankan untuk melakukan aktivitas renang demi keamanan serta kenyamanan bersama.

Jika ingin lebih leluasa dalam bermain air, Anda bisa menuju ke muara sungai. Disini airnya lebih tenang sehingga aman untuk berlama-lama bermain air. Ditambah lagi perpaduan warna yang indah akibat dari pertemuan air sungai yang hijau dengan air pantai yang biru.

3. Legenda Bajul Mati

Ada tiga legenda yang mendasari munculnya nama Bajul Mati. Legenda pertama, dulu ditemukan sebuah buaya bajul yang telah mati di muara sungai. Kejadian tersebut terjadi pada saat penduduk setempat menemukan adanya pantai ini.

Legenda kedua berupa ditemukannya sebuah karang berbentuk buaya. Sedangkan legenda ketiga adalah terjadinya pertarungan antara Nyi Roro Kidul dengan dua buaya putih. Dimana akhirnya buaya tersebut kalah dan mati. Dari ketiganya, masih belum ditetapkan manakah yang sebenarnya mendasari munculnya nama ini.

4. Karang Berbentuk Buaya

Cerita dibalik Pantai Bajul Mati yang erat kaitannya dengan buaya ini kemudian diperkuat dengan adanya karang yang berbentuk buaya. Karang ini memiliki bentuk memanjang menyerupai badan buaya yang sebenarnya.

Karang ini bagi sebagian orang justru terlihat menyeramkan. Apalagi jika dilihat pada malam hari maka akan terlihat seperti buaya raksasa. Karang ini juga dipercaya memiliki kaitan yang erat dengan buaya putih yang telah mati melawan Nyi Roro kidul.

Fasilitas Pantai Bajul Mati

Satu-satunya fasilitas yang harus Anda coba di pantai ini area perkemahan yang nyaman. Maka dari itu, disarankan bagi yang ingin berlama-lama berada disini untuk berkemah. Karena dengan begitu, Anda tentunya bisa menikmati keindahan pantai ini lebih lama lagi.

Apalagi ditambah suasana pantai yang sepi menjadikan liburan Anda terasa sangat nyaman seperti berada di pulau pribadi.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati berada di Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 66,3 Km dari Kota Malang jika melalui Jalan kolonel Sugiono. Anda bisa menuju kesana dengan mengendarai mobil ataupun motor karena akses jalan yang sudah cukup memadai.

Jalan yang harus Anda lewati sudah beraspal dan lumayan mulus, meski di beberapa ruas masih ada jalan yang berlubang. Untuk itu Anda tetap harus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan agar bisa selamat sampai tujuan.

Adapun alur perjalanan yang harus dilalui yaitu dimulai dengan berjalan dari Kota Malang menuju Turen. Selanjutnya ambil jalan menuju Sumbermanjing Wetan. Setelah itu ikuti jalan lurus menuju arah Pantai Sendang Biru.

Kemudian sesampainya di Pantai Sendang Biru, ambillah jalan lurus terus. Baru setelah itu Anda akan tiba di kawasan Gajah Rejo, dimana Pantai Bajul Mati berada. Tidak hanya cukup sampai disitu, Anda masih harus berjalan kembali menuju arah pantai sesuai dengan papan nama petunjuk arah yang terdapat di desa tersebut.

Tidak perlu khawatir Anda akan merasa bosan dalam perjalanan. Mengapa demikian? karena di sepanjang perjalanan ini, justru mata Anda akan semakin segar melihat pemandangan yang indah di kanan kiri jalan.

Perjalanan ini akan bertambah asyik apabila dalam menyusuri jalan Anda mengendarai sepeda motor. Perjalanan ini akan berujung setelah Anda melihat sebuah jembatan berbentuk setengah lingkaran. Panjang jembatan tersebut kurang lebih 90 meter dan letaknya melintasi sungai.

Jika Anda sudah melihat jembatan tersebut, itu berarti Anda sudah sampai di tempat yang Anda tuju yakni Pantai bajul Mati. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah sekali ditemukan, meskipun bagi Anda yang belum pernah ke tempat ini sekalipun.

Mari agendakan berlibur ke pantai yang memiliki pasir putih yang bersih dan bebas dari sampah ini. Pantai yang juga dikelilingi dengan karang yang indah dan juga keasrian yang masih terjaga dengan baik.

Jika Anda tertarik, ada baiknya untuk mempersiapkan bekal berupa makanan dan minuman dari rumah. Sebab hanya ada sedikit warung yang menjajakan dagangannya di Pantai Bajul Mati.

Tinggalkan komentar