Pantai Goa Cina Malang

Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Terletak sekitar 3 jam dari Jembatan desa Bajulmati.

Bicara soal pantai, kota Malang memiliki banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pantai yang recommended untuk dijadikan tempat berlibur adalah Pantai Goa Cina. Ini adalah salah satu pantai yang berada di wilayah Malang Selatan yang akan mencuri perhatian Anda.

Bagaimana tidak, pantai ini sangat indah dan menawarkan panorama alam yang luar biasa cantik. Nah, untuk Anda yang ingin liburan ke sini, tentunya Anda perlu tahu informasi seputar pantai ini. Karena itu, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina

Untuk berlibur ke pantai ini, tentunya Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Goa Cina ternyata untuk memasuki kawasannya Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 4000 saja per orang.

Dengan harga tiket yang murah ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai dan fasilitas yang ada sepuasnya lho. Maka dari itu tidak heran jika Pantai Goa Cina tidak pernah sepi pengunjung.

Namun, jika Anda membawa kendaraan, maka Anda harus membayar parkir sebesar Rp. 5000 saja dan kendaraan Anda akan terjaga.

Objek Wisata di Pantai Goa Cina

Bicara soal objek wisata yang ditawarkan, ternyata ada banyak objek wisata yang bisa Anda nikmati saat liburan ke pantai ini. apa saja objek wisata tersebut? Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Belajar Tentang Sejarah Pantai Goa Cina

Selai wisata pantai, di pantai ini Anda juga akan mendapatkan wisata edukatif dimana Anda akan tahu sejarah dari pantai ini. konon katanya pantai ini awalnya bernama pantai Rowo Indah. Namun, pantai ini kedatangan seorang biksu yang berasal dari Cina hingga akhirnya nama pantai ini berganti menjadi Pantai Goa Cina.

Adapun perubahan nama pantai sendiri terjadi pada tahun 1903. Nah, kata Goa Cina sendiri berasal dari tempat yang digunakan untuk bertapa bisu yakni di sebuah goa yang berada di pinggir pantai.

2. Menikmati Keindahan Pantai Goa Cina

Selain belajar sejarahnya, Anda juga bisa menikmati keindahan panorama alam di pantai ini. Pantai ini sendiri terkenal sebagai sebuah pantai yang masih sangat alami dimana air lautnya masih jernih.

Ditambah lagi dengan angin yang sepoi-sepoi membuat udara di pantai ini semakin terasa sejuk. Yang pastinya keindahan alam pantai ini sangat indah untuk dinikmati dan membuat hati merasa nyaman.

3. Mengunjungi Goa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di pinggir pantai terdapat sebuah goa yang dijadikan sebagai tempat untuk bertapa hingga akhir hayatnya. Untuk bisa ke goa ini, tentunya Anda harus berhati-hati karena rutenya cukup sempit dan banyak batuan karang di sana.

Goa ini sendiri berada di 50 meter dari sisi kanan pantau. Pada dasarnya goa ini hanyalah sebuah rongga dalam karang saja. sehingga di sini Anda tidak akan menemukan stalaktit atau stalagmit seperti di goa-goa pada umumnya.

4. Berkemah

Untuk Anda yang ingin bermalam di pantai, Anda juga bisa lho mendirikan tenda dan berkemah di pantai ini. jika ingin berkemah, maka Anda harus mempersiapkan perlengkapan kemah sendiri.

Jangan lupa pula untuk membawa bekal meskipun di kawasan pantai ada banyak penjual makanan. Namun, jika Anda ingin lebih hemat, maka bawa bekal saja agar kemah lebih terasa.

5. Menyaksikan Arus Tiga Arah

Pantai Goa Cina termasuk salah satu pantai yang masuk dalam gugus pantai selatan. Tidak heran jika pantai ini memiliki arus yang cukup deras. Namun ada yang unik dari arus di pantai ini dimana arusnya menghasilkan gelombang unik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Anda akan melihat arus yang saling bersimpangan dari tiga arah yak barat, selatan dan juga timur yang saling bertabrakan. Hal inilah yang menjadikan gelombangnya menghasilkan suara gemuruh. Karena itu sangat tidak disarankan berenang di pantai ini.

6. Olahraga

Untuk Anda yang menyukai olahraga pantai seperti sepak bola dan volly, maka pantai ini adalah lokasi yang cocok untuk melakukannya. Jadi, pantai ini sangat luas, sehingga wisatawan yang datang berkunjung diperbolehkan untuk melakukan olahraga pantai.

Fasilitas di Pantai Goa Cina

Untuk Anda yang akan liburan ke pantai ini, tenang saja karena pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Anda bisa menemukan toilet dengan mudah, mushola untuk beribadah, hingga banyak warung makan yang akan mengganjal perut Anda.

Yang pastinya di pantai ini Anda tidak akan menyesal karena perjalanan liburan Anda akan terasa menyenangkan.

Rute Perjalanan dan Lokasi Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina adalah sebuah pantai yang berada di dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermajing Wetan, Malang. Jika Anda ingin ke pantai ini dan saat ini berada di pusat kota Malang, maka silahkan Anda mengambil rute Gadang dan menuju ke arah Bululawang.

Dari Bululawang perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Turen, lalu menuju ke Dampit dan sampai ke Sumber Manjung Wetan. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan gunung kapur.

Nah, sebelum sampai di pantai, nanti Ada akan melihat jembatan yang memiliki desain desa bajulmati. Jembatan ini memiliki panjang 80 meter dengan lebar 20 meter saja. dari jembatan ini Anda akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam untuk sampai ke pantai.

Sangat menarik bukan? Yuk langsung saja rencanakan liburan Anda sekarang juga dengan pergi ke Pantai Goa Cina. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan liburan yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar