Pesona Pantai Karanggongso

Alamat: Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382.

Terletak sekitar 34,1 kilometer (1 jam 10 menit) dari pusat Kabupaten Trenggalek.

Salah satu pantai yang ada di kawasan Trenggalek untuk dijadikan destinasi wisata terbaik adalah Pantai Karanggongso. Pantai ini merupakan pantai pasir putih yang cukup luas dan menawarkan keindahan yang begitu sempurna.

Pengunjung yang datang akan disambut dengan debur ombak yang berkejaran di lautan yang membiru.Saat ini, Pantai Karanggongso menjadi ikon dari Kabupaten Trenggalek. Selain pengelolaan yang semakin baik, pengunjung yang datang ke pantai ini pun setiap hari semakin bertambah.

Harga Tiket di Pantai Karanggongso

Pengunjung akan dibebani biaya masuk untuk menikmati keindahan Pantai Karanggongso. Namun, harga tiket masuk di kawasan ini tidak begitu mahal. Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 8.000 per orang untuk anak-anak.

Biaya tiket masuk tersebut belum termasuk biaya untuk parkir. Dalam hal ini, biaya parkir ditetapkan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil roda empat. Sedangkan biaya parkir bus adalah Rp 25.000 hingga Rp 35.000.

Objek Wisata di Pantai Karanggongso

Ada cukup banyak objek wisata di Pantai Karanggongso yang bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Adapun beberapa objek wisata yang bisa dinikmati saat berada di kawasan pantai ini adalah sebagai berikut:

1) Wisata Perahu

Pesona Pantai Karanggongso

Ada perahu yang banyak terparkir di kawasan Pantai Karanggongso. Hal ini dikarenakan pantai ini terkenal sebagai salah satu spot untuk berburu ikan bagi para nelayan yang ada di Jawa Timur.

Nah, bagi pengunjung, mereka bisa menikmati sensasi naik perahu nelayan dengan membayar uang sewa. Ada sensasi yang akan didapatkan oleh para pengunjung yang naik perahu. Meskipun hanya sekitar 30 menit, ide wisata ini sudah cukup membangkitkan adrenaline.

2) Wisata Kuliner

Pesona Pantai Karanggongso

Suka dengan wisata kuliner? Pantai Karanggongso adalah salah satu destinasi wisata pantai yang menawarkan pilihan kuliner yang cukup lengkap. Sebagaimana disinggung di awal bahwa pantai ini adalah tempat berburu ikan para nelayan.

Nah, di sekitaran pantai juga terdapat kawasan penjualan ikan. Setiap pengunjung bisa memesan ikan yang akan dimasak secara dadakan. Ada banyak jenis ikan segar yang bisa dinikmati dengan lahap bersama keluarga.

3) Spot Berenang

Ombak di kawasan Pantai Karanggongso bisa dikatakan cukup tenang. Kondisi ombak yang cukup tenang ini menjadikan kawasan pantai ini cukup memadai untuk berenang. Tidak ada larangan berenang di laut dari pengelola pantai.

Di pinggiran pantai terdapat cukup banyak warga yang menyewakan ban untuk berenang. Anda tentu bisa menyewa ban tersebut untuk menjajal sensasi baru berenang di laut dengan menggunakan ban.

4) Spot Foto

Pesona Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso menyediakan cukup banyak spot foto yang unik dan tentu akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Adanya perahu nelayan yang terparkir di bibir pantai bisa menjadi ide background yang unik.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di bibir pantai. Lautan biru yang tenang bisa menjadi background yang sangat menarik dan menakjubkan.

5) Spot Berburu Sunset

Pesona Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso merupakan pantai yang menjadi spot berburu sunset yang sangat indah. Bentang pantai yang panjang membuat Anda bisa menikmati senja yang lebih istimewa dibandingkan dengan pantai lainnya.

Fasilitas di Pantai Karanggongso

Pengelola Pantai Karanggongso menyediakan cukup banyak fasilitas penunjang yang akan membuat lokasi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola adalah sebagai berikut:

  • Sarana MCK yang memadai
  • Musala untuk mempermudah peribadatan
  • Tempat parkir yang luas dan bersih
  • Kawasan wisata kuliner dengan menu yang lengkap.

Rute Menuju ke Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso terletak sekitar 34,1 kilometer dari Kabupaten Trenggalek. Perjalanan menuju ke Pantai Karanggongso memerlukan perjalanan sekitar 1 jam saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan menuju ke kawasan pantai ini sudah cukup bagus. Jalan beraspal yang cukup lebar tersedia sehingga perjalanan menuju ke tempat ini akan semakin menyenangkan. Hanya saja, saat liburan tiba, jalanan menuju ke kawasan pantai ini cenderung padat hingga macet.

Perjalanan ke Pantai Karanggongso bisa ditempuh mulai dari Jalan Nasional III. Dari jalan ini telusuri hingga nanti belok kanan menuju ke Jalan Gandusari.

Dari Jalan Gandusari tersebut Anda akan memasuki kawasan Dusun Tanggung. Setelah itu, belok kanan menuju ke Jalan Raya Kedung. Setelah itu, belok kiri dan belok kanan menuju ke Jalan Sudirman setelah melewati sekolah dasar.

Setelah itu, belok kanan ke arah Jalan Raya Bandung – Prigi setelah melewati pertigaan besar. Dari jalan ini, Anda akan menemukan Jalan Raya Pantai Tasikmadu. Lanjutkan perjalanan ke arah timur dan Anda akan menemukan plang tempat masuk ke wilayah Pantai Karanggongso. Masuki area parkir pantai ini dan berjalan menuju ke bibir pantai.

Dengan segala keindahan dan fasilitas yang dimiliki, Pantai Karanggongso bisa dijadikan pilihan wisata yang tepat. Jadi, tunggu apalagi, segera saja atur waktu liburan Anda dan kunjungi Pantai Karanggongso untuk liburan bersama dengan keluarga tercinta. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar