Pesona Pantai Lenggoksono

Alamat: Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182, Indonesia

Terletak 60 km (3 jam) dari pusat Kota Malang.

Menggambarkan kota Malang, pasti yang terlintas pikiran Anda adalah kota yang berada di kawasan dataran tinggi, dan objek wisatanya hanya kisaran kehijauan alam saja. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata di Malang juga ada banyak destinasi wisata yang berupa pantai yang indah nan mempesona.

Ya, meski terkenal dengan kawasan dataran tinggi, nyatanya Malang juga dekat dengan kawasan laut, sehingga ada banyak wisata pantai yang menarik untuk, salah satunya Pantai Lenggoksono yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo.

Ada banyak keindahan dan keunikan yang dimiliki Pantai Lenggoksono sehingga sayang bila dilewatkan dari jadwal liburan Anda. Beberapa yang menarik tentang pantai di Malang ini, informasinya sebagai berikut!

Harga Tiket Masuk Pantai Lenggoksono

Memilih wisata pantai memang menjadi pilihan yang tepat. Selain keindahan pantai yang memikat, budget berliburnya pun sangat sedikit. Nah, untuk masuk ke Pantai Lenggoksono sendiri tarif masuknya hanya 5 ribu saja, sedangkan tarif parkirnya juga 5 ribu. Sangat hemat budget bukan?

Objek Wisata Menarik di Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono Malang

Dengan tarif masuk yang sangat murah, ada apa saja di Pantai Lenggoksono? Jangan pandang sebelah mata tentang tarif masuknya, sebab pantai di Malang ini menyembunyikan beberapa keindahan berikut ini:

1. Penggemar Selancar Bisa Apresiasikan Hobinya Disini

Kabar bahagia bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, karena Pantai Lenggoksono memiliki ombak yang cukup tinggi, sehingga bisa digunakan untuk melakukan olahraga selancar.

Namun sayangnya, ombak besar yang bisa digunakan untuk berselancar hanya ada dalam musim tertentu saja. Selain itu, bagi Anda yang ingin menyalurkan hobinya, tetap waspada dan hati-hati. Sebab ombak di pantai ini benar-benar besar dan tinggi.

2. Menjelajah Pantai Lenggoksono Dengan Perahu

Tak hanya puas menikmati keindahan Pantai Lenggoksono di bibir pantai saja. Namun Anda bisa menjelajah hingga ke laut lepas menggunakan perahu. Bahkan, dengan menggunakan perahu, Anda bisa berkunjung ke pantai lainnya, seperti teluk Klete’an dan Pantai Bolu-Bolu

Untuk harga sewa naik perahu sendiri, yakni per orangnya sebesar 50 ribu. Dimana untuk 1 perahu biasanya berisi 8 orang penumpang. Sengat murah bukan untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan?

3. Mencoba Snorkeling di Teluk Klete’an

Dengan menjelajah menggunakan perahu, maka Anda bisa sampai ke Teluk Klete’an. Nah, yang menarik disini adalah, sebelum sampai di bibir pantai Teluk Klete’an, Anda bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut yang indah nan menakjubkan.

Dengan kedalaman sekitar 5 meter saja, Anda bisa menikmati keindahan biota laut dan terumbu karang yang mempesona. Bahkan dikatakan, bahwa keindahan alam bawah laut di Teluk Klete’an mirip seperti yang ada di Raja Ampat.

4. Menikmati Keindahan Pantai Bolu-Bolu

Puas menjelajah Pantai Lenggoksono dan Teluk Klete’an, dengan menggunakan perahu Anda bisa lanjut menuju Pantai Bolu-Bolu. Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini tentu tak kalah dari destinasi wisata keduanya.

Di Pantai Bolu-Bolu ini, ombaknya berbeda dengan Pantai Lenggoksono karena sangat tenang dan jernih. Jadi, Anda bisa berenang dengan puas dan aman sambil menikmati keindahan pantai.

5. Air Terjun Indah yang Jatuh Langsung ke Laut

Jangan hanya berhenti Pantai Bolu-Bolu saja, karena Anda harus melanjutkan perjalanan ke Pantai Banyu Anjlok. Di pantai ini ada banyak keindahan tersembunyi, salah satunya air terjun tawar yang jatuh langsung ke laut.

Ya, pemandangan menakjubkan demikian bisa Anda nikmati di kawasan Pantai Banyu Anjlok. Kejernihan lautan luas, dan indahnya air terjun yang jernih tentu membuat liburan Anda semakin mengasyikkan. Apalagi, Anda juga bisa bermain dan berenang di bawah air terjun ini, sehingga akan semakin puas bukan?

Rute Menuju Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono Malang

Terletak sekitar 60 km dari pusat kota, jika Anda menggunakan sepeda motor maka akan sampai di Pantai Lenggoksono sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunakan mobil maka membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam perjalanan.

Sedangkan rute menuju  Pantai Lenggoksono, yakni pertama arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Dampit, yang berjarak sekitar 1,5 km dari pusat Kota Malang. Setelah itu, ambil arah selatan untuk menuju Kecamatan Tirtoyudo.

Sampai di kecamatan ini, maka ambilah jalur yang menuju Pantai Sipelot hingga Anda menemukan persimpangan. Dari persimpangan tersebut,  ambil jalur yang menuju Lengggoksono

Fasilitas di Pantai Lenggoksono

Berwisata ke Pantai Lenggoksono, tentu sekaligus Anda bisa berlibur ke 3 tempat seperti Teluk Klete’an, Pantai Bolu-Bolu dan pantai Banyu Anjlok. Dimana untuk fasilitasnya sendiri, tentu masing-masing tempat tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, seperti musola, kamar mandi, serta warung untuk membeli makanan.

Tips Berlibur ke Pantai Lenggoksono

Perlu Anda ketahui, bahwa rute menuju Pantai Lenggoksono jika telah sampai di desa Lenggoksono masih sangat minim petunjuk. Sehingga sangat disarankan untuk bertanya mengenai jalan yang bisa dilalui agar Anda tak tersesat.

Di kawasan menuju Pantai Lenggoksono juga masih minim lampu penerangan jalan ataupun warung. Jadi, pastikan hindari perjalanan malam untuk menuju pantai ini. Selain itu, karena jalanan menuju Pantai Lenggoksono sangat sempit (bisa dilalui mobil) serta terdapat jurang tinggi yang berada kanan dan kiri jalan, pastikan Anda berhati-hati ketika berkendara.

Bagaimana, masih berpikir dua kali untuk berlibur ke Pantai Lenggoksono? Hanya menuju 1 tempat saja, Anda bisa sekaligus menjelajah 4 destinasi wisata liburan di Malang yang menarik dan mengasyikkan. Jadi, langsung saja masukan Pantai Lenggoksono di list perjalanan liburan Anda.

Tinggalkan komentar