Pesona Pantai Licin:

Alamat:  Lebakharjo, Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65183.

Terletak sekitar 17 kilometer (2 jam) dari kota Malang.

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi. Kekayaan alam tersebut kemudian dijadikan sebagai destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi saat liburan, salah satunya adalah pantai.

Apabila selama ini yang terkenal dengan keindahan pantainya adalah Lombok dan juga Bali. Akan tetapi selain kedua wilayah tersebut, ada yang tidak kalah menarik perhatian yakni Pantai Licin. Pantai yang bertempat di Jawa Timur, lebih tepatnya berada di Malang.

Harga Tiket Masuk Pantai Licin

Pantai Licin merupakan objek wisata yang terbilang baru dan letaknya pun di daerah yang terpencil. Maka dari itu, untuk saat ini Anda bisa memasukinya dengan gratis alias tidak membayar tiket masuk. Anda hanya diminta untuk membayar biaya parkir kendaraan disana.

Obyek Wisata yang Bisa Dinikmati di Pantai Licin

Saat Anda berkunjung ke Pantai Licin yang ada di Kota Apel Malang ini, Anda akan menikmati beberapa obyek wisata sebagai berikut:

1.  Pasir Hitam

Jika pada umumnya sebuah pantai terkenal dengan pasir putihnya, lain halnya dengan pantai ini yang terkenal dengan ciri khas pasir hitamnya. Meski sebenarnya pasir hitam ini berasal dari pasir putih yang terkena erupsi dari Gunung Semeru yang terjadi pada tahun 1960.

Erupsi tersebut menyemburkan lahar yang kemudian membuat pasir putih pantai ini berubah menjadi hitam. Akan tetapi justru hal inilah yang membuat Pantai Licin mendapat gelar sebagai Pantai Mutiara Hitam.

2. Kondisi Lingkungan Licin

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki kawasan yang licin. Hal tersebut dikarenakan banyak terdapat lumut yang menempel di pepohonan serta bebatuan yang ada di kawasan tersebut. Sehingga kondisi pantai menjadi licin dan bahkan dinamakan dengan Dusun Licin.

3. Karang yang Indah

Selain pasir hitam yang dilengkapi dengan koral menjadikan tempat ini unik dan banyak dikunjungi. Ada pula karang yang indah serta kokoh juga turut menarik perhatian pengunjung. Betapa indahnya pantai ini yang dilengkapi dengan semua komponen laut yang jarang ditemukan di tempat lain.

4. Kaya akan Hasil Laut

Tidak hanya koral serta karangnya yang membuat Pantai Licin semakin indah, akan tetapi juga terdapat bermacam-macam hewan laut yang bisa Anda jumpai. Hewan-hewan laut yang banyak ditemukan berupa lemuru, kakap, dorang dan kerapu.

Banyaknya hasil laut yang bisa diperoleh dari pantai ini berdampak juga terhadap perekonomian penduduk sekitar pantai. Bahkan dari  hasil laut lah penghasilan mereka bergantung. Sebab dari hasil laut tersebut kemudian diolah kembali dan kemudian dipasarkan ke berbagai wilayah.

Fasilitas Pantai Licin

Setelah melewati jalan dan area yang licin dengan penuh perjuangan, semuanya akan terobati dengan indahnya pemandangan yang dimiliki oleh pantai yang satu ini. Untuk dapat menikmatinya, mungkin tidak cukup bagi Anda hanya dalam waktu sehari atau bahkan beberapa jam saja.

Nah, berikut solusi terbaik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke tempat ini:

Dikarenakan letaknya yang berada di tempat terpencil sehingga tidak ada penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Licin, untuk itu sebaiknya Anda membawa tenda agar dapat menginap dan menikmati pemandangan lebih lama.

Tidak hanya fasilitas penginapan saja yang tidak tersedia di pantai ini, akan tetapi disini Anda juga tidak akan menemukan warung yang menjajakan makanan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda sudah membawa bekal sendiri dari rumah.baik berupa makanan maupun air minum.

Apabila Anda memutuskan untuk berkemah disini selain membawa tenda Anda juga harus membawa lampu atau penerang jalan sendiri. Sebab di sini Anda tidak akan menemukan penerang jalan meskipun medannya terkenal susah.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Licin

Disebut sebagai pantai yang licin bukan hanya karena banyaknya lumut yang menyelimuti kawasan ini, akan tetapi juga dikarenakan rute menuju lokasi yang memang licin. Selain licin, jalan menuju lokasi juga terjal dan berliku sehingga dijamin dapat memacu adrenalin pengunjung.

Selama perjalanan menuju kesana Anda perlu berhati-hati dengan jalan yang kecil, licin serta berliku dan hanya muat untuk satu mobil saja. Jadi, ketika berpapasan dengan kendaraan lain, pengemudi harus cukup sabar menunggu jalan yang bergantian, belum lagi tepi jalan yang merupakan jurang.

Meskipun disisi lain dengan perjalanan yang ekstrim tersebut juga akan terbayar oleh pemandangan sepanjang perjalanan yang memanjakan mata. Di sebelah kanan serta kiri jalan Anda akan melihat dengan jelas Gunung Semeru yang dilengkapi dengan bukit berbatu yang merupakan bekas erupsi gunung tersebut.

Selain Gunung Semeru, Anda juga akan disuguhi dengan hamparan perkebunan kopi yang berdampingan dengan aliran sungai yang berasal dari lahar Gunung Semeru. Namun, perjalanan akan menjadi terasa berat apabila dalam kondisi hujan dan berkabut.

Selama berkabut, selain Anda tidak bisa ditemani dengan pemandangan alam yang cantik, Anda juga harus meningkatkan kewaspadaan. Sebab jalur menuju pantai ini berupa tanjakan dengan kemiringan sekitar 80 derajat yang berliku.

Meskipun dengan banyaknya tantangan yang harus dilalui tidak menyurutkan semangat para pengunjung. Mengingat Pantai Licin memang memiliki keindahan alam yang masih alami dan belum banyak terjamah para pelancong.

Persiapkanlah semuanya sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju ke sana. Pastikan kendaraan, bekal dan kondisi badan memadai selama perjalanan dan juga selama disana. Karena pantai ini berada di tempat terpencil yang minim fasilitas. Selamat berlibur

Tinggalkan komentar