Pesona Pantai Pangi

Alamat: Krajan, Tumpakkepuh, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Terletak sekitar 32,3 km (1 jam 6 menit) dari pusat kota Blitar.

Terkenal sebagai kota seribu pantai, salah satu pantai di Blitar yang sangat indah nan mempesona adalah Pantai Pangi. Ya, pantai yang berada di selatan Jawa ini mempunyai karakteristik layaknya pantai di jalur selatan, karena ombaknya sangat besar.

Tak hanya itu saja, salah satu keindahan yang mampu menarik wisatawan adalah, Pantai Pangi diapit oleh dua terumbu karang yang berada di kanan dan kirinya, sehingga bentuk pantai ini pun sedikit cekung. Dengan begitu, Anda bisa berenang dengan puas tanpa takut terbawa ombak besar.

Apakah hanya itu saja daya tarik dari Pantai Pangi? Tentu masih sangat banyak. Untuk info lengkap mengenai Pantai Pangi, simak penjelasan berikut ini!

Harga Tiket Masuk ke Pantai Pangi

Sebelum mengetahui apa saja yang ada di sebuah objek wisata, tentu yang dipikirkan adalah harga tiket. Berlibur ke Pantai Pangi, Anda tak memikirkan kantong tebal, karena harga tiket per orangnya pun sangat murah, yakni 8 ribu saja per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya untuk roda 4 yakni 5 ribu, dan untuk roda 2 yakni 5 ribu.

Objek Wisata di Pantai Pangi

Setelah mengetahui harga tiket masuknya, lalu apa saja yang menarik di Pantai Pangi? Meski  harga masuknya sangat murah, namun pesona Pantai Pangi tak perlu diragukan lagi. Beberapa keindahan yang akan Anda nikmati di pantai Blitar ini ialah:

1. Berbentuk Cekungan yang Unik

Pesona Pantai Pangi Blitar

Salah satu yang membuat Pantai Pangi unik dan menarik adalah terdapat terumbu karang yang berada di bagian kanan dan kiri, mengapit pantai cantik ini. Karena diapit oleh dua terumbu karang inilah, Pantai Pangi berbentuk sedikit cekung, sehingga keindahannya akan semakin sempurna.

Tak hanya menambah keindahannya saja, karena Pantai Pangi berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, maka deburan ombaknya sangat besar. Nah, dengan dua terumbu karang inilah, deburan ombak yang bermuara di pinggir Pantai Pangi tidak begitu besar, sehingga Anda bisa berenang dengan aman.

2. Hamparan Pasir Putih yang Cantik nan Bersih

Pesona Pantai Pangi Blitar

Siapa si yang tak tertarik dengan pantai yang pasirnya berwarna putih. Nah, salah satu pantai yang memiliki keistimewaan dengan pasir putih cantiknya adalah Pantai Pangi. Di hamparan pasir ini, tentu Anda bisa bermain dengan sangat puas untuk menghilangkan beban pikiran.

Tak hanya itu saja, karena Pantai Pangi  masih jarang dikunjungi wisatawan, tentu keasyikan bermain akan semakin sempurna, karena tidak terlalu berisik dengan hiruk-periuk suara manusia. Bahkan, pengelola pantai pun sangat menjaga kebersihan pantai, sehingga kenyamanan semakin dirasa.

3. Telaga Menawan di Pinggir Laut

Pesona Pantai Pangi Blitar

Sebuah pemandangan yang langka tentunya jika ada telaga di pinggir laut. Namun nyatanya Pantai Pangi memiliki pemandangan demikian. Ya, di Pantai Pangi terdapat sungai yang bermuara di pinggir laut, dimana muaranya berbentuk telaga yang berair payau.

Menariknya lagi, Anda tak hanya bisa melihat pemandangan telaga saja, namun juga bisa berendam di dalamnya. Selain itu, meski telaga ini merupakan muara sungai, namun airnya sangat jernih dan bersih. Sedangkan untuk keberadaannya, berada tepat di sebelah batu karang yang kiri.

4. Desiran Ombak yang Mempesona

Pesona Pantai Pangi Blitar

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Pangi memiliki deburan ombak yang besar mempesona. Pemandangan menakjubkan ini akan membuat Anda kagum akan kekuasaan Tuhan.

Ya, meski di ombak besar ini tak sampai ke pinggir pantai karena terhalang dua terumbu karang besar, namun Anda tetap bisa melihatnya dari kejauhan. Dengan latar belakang ombak besar, pantai jernih dan hamparan pasir putih, tentu Anda bisa mendapatkan spot foto yang menarik

5. Pemandangan Pohon Bakau yang Menyejukan

Satu lagi yang membuat Pantai Pangi layak disebut surga tersembunyi di Blitar. Salah satu yang menyejukkan mata adalah banyaknya pohon bakau yang mengelilingi sekitar pantai. DI bawah pohon-pohon rindang ini, tentu Anda bisa berteduh sambil menikmati keindahan pantai.

Menariknya, terdapat satu pohon bakau yang berada di pinggir telaga, sehingga Anda bisa melompat dari pohon ke telaga. Sangat mengasyikkan bukan?

Rute Menuju Pantai Pangi

Berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Blitar, Jawa Timur, untuk mencapai ke Pantai Pangi sangat mudah. Jika dari kota Blitar, arahkan kendaraan ke Pantai Tambak Rejo. Setelah sampai di perempatan Kawi, ambil arah selatan dan ikuti jalan hingga sampai di Kecamatan Kademangan.

Setelah sampai di Kecamatan Kademangan, maka arahkan kendaraan ke arah selatan menuju jalan Trisula, lalu jalan lurus hingga menemukan Desa Tumpakepuh.

Nah, dari sini Anda hanya perlu belok kanan, maka akan menemukan Pantai Pangi yang sangat indah nan mempesona. Sebagai tambahan, untuk menuju lokasi wisata Pantai Pangi, Anda perlu berjalan kaki sekitar 100 meter dari parkiran.

Fasilitas yang Ada di Pantai Pangi

Bak surga tersembunyi di Blitar, pengunjung Pantai Pangi masih sangat jarang, sehingga fasilitasnya pun masih terbatas. Meski demikian, Anda tetap bisa menemukan beberapa fasilitas seperti musala, warung, toilet dan fasilitas pelengkap lainnya.

Sebagai saran, karena di warung di Pantai Pangi belum terlalu lengkap dalam menjajakan minuman atau makanan, sebaiknya Anda bawa bekal sendiri dari rumah. Selain itu, bawa tikar juga agar Anda bisa bersantai ria sambil menikmati kelezatan bekal.

Tak dapat dipungkiri bahwa Pantai Pangi layak disebut sebagai surga tersembunyi. Sebab, berbagai objek wisatanya sangat mempesona dan menakjubkan. Jadi, bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Pangi, pastikan bawa rombongan agar semakin mengasyikkan.

Tinggalkan komentar