Pesona Pantai Pelang

Alamat: Hutan, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66364.

Terletak sekitar 32,6 kilometer (1 jam 5 menit) dari pusat Kabupaten Trenggalek.

Trenggalek mungkin kalah terkenal jika dibandingkan dengan Malang, Surabaya atau daerah Jawa Timur lainnya untuk urusan wisata. Namun, bukan berarti kabupaten yang satu ini tidak memiliki destinasi wisata menarik. Pantai Pelang adalah salah satu destinasi wisata terbaik di kabupaten ini.

Menawarkan pemandangan yang sangat indah dan lingkungan yang masih asri, bisa dikatakan jika Pantai Pelang akan memberikan kenyamanan pada siapa saja yang berkunjung.

Tidak hanya itu, di lingkungan pantai terdapat pepohonan yang cukup rindang yang membuat hawa di sekitar pantai menjadi sejuk.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pelang

Harga tiket yang perlu dibayar untuk menikmati keindahan Pantai Pelang cenderung cukup murah. Ya, harga tiket tersebut adalah Rp 8.000 per orang yang berlaku pada hari biasa atau weekdays. Tarif yang berbeda akan diberlakukan pada saat hari libur, termasuk tanggal merah. Untuk hari libur, tarif tiket masuk adalah Rp 10.000 per orang.

Tiket tersebut belum termasuk biaya untuk parkir kendaraan. Untuk biaya parkir ditetapkan sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi.

Biaya lain yang dibebankan adalah tarif untuk menggunakan kamar mandi yang telah disediakan oleh pihak pemerintah sebagai pengelola. Untuk tarif kamar mandi ditetapkan sebesar Rp 2.000 saja.

Objek Wisata di Pantai Pelang

Pantai Pelang menawarkan cukup banyak objek wisata untuk dinikmati. Banyaknya objek wisata tentu akan membuat liburan semakin menggairahkan. Nah, beberapa objek wisata di pantai ini adalah sebagai berikut:

1) Air Terjun

Pantai Pelang

Di Pantai Pelang, ada air terjun yang berjarak sekitar 300 meter dari pesisir pantai. Ini adalah salah satu daya tarik yang sangat istimewa dari pantai ini dan sering menjadi spot foto yang sangat menarik.

Air terjun di pantai ini memang tidak terlalu besar namun airnya cukup deras. Nah, ada jalan setapak yang harus dilalui untuk menuju ke air terjun tersebut.

2) Spot Berenang

Pantai Pelang

Ada beberapa kawasan di Pantai Pelang yang bisa dijadikan spot berenang. Memang, berenang di laut saat piknik ke pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Nah, Anda bisa berenang di pantai ini di beberapa spot yang memang terhalang dari ombak besar.

Namun, meskipun demikian, Anda tetap harus selalu waspada dengan ombak yang besar. Hal ini dikarenakan karakteristik ombak di laut pantai selatan yang cenderung lebih ganas.

3) Spot Foto

Pantai Pelang Trenggalek

Ingin mengabadikan foto liburan bersama keluarga? Pantai Pelang memiliki beberapa spot foto yang sangat menarik. Salah satu spot foto yang ada di pantai ini adalah sebuah jembatan.

Ini adalah jembatan yang menghubungkan pantai dengan lokasi parkir. Dari atas jembatan akan tampak pemandangan yang begitu menakjubkan.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di kawasan pantai. Selain memanfaatkan pemandangan pantai yang luas dan biru yang dikombinasikan dengan pasir putih yang indah untuk background, air terjun yang ada di pantai ini juga bisa menjadi latar yang menarik.

4) Hutan Pinus

Pantai Pelang Trenggalek

Sebagaimana disinggung di awal bahwa kawasan pantai ini sangat menarik dengan adanya pepohonan yang rindang. Di kawasan pantai, Anda akan menemukan adanya hutan pinus di sepanjang jalur menuju ke bibir pantai.

Adanya hutan pinus membuat kawasan pantai menjadi lebih sejuk dan hijau. Anda tentu bisa berhenti sejenak di kawasan hutan pinus tersebut untuk menikmati udara yang segar sambil berfoto ria. Sangat menarik, bukan?

5) Spot Sunset

Pantai Pelang Trenggalek

Kawasan Pantai Pelang adalah salah satu spot berburu sunset yang bisa dikatakan sangat menakjubkan. Lanskap pantai yang bisa dikatakan cukup luas membuat sudut pandang menjadi sangat lebar.

Menikmati sunset yang memerah sambil duduk di pasir putih yang bersih tentu akan sangat menyenangkan.

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Pelang

Pemerintah Trenggalek cukup serius membangun wisata pantai ini. Oleh karenanya, ada cukup banyak fasilitas yang tersedia di kawasan pantai yang tentu akan membuat liburan di pantai ini lebih menyenangkan.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Trenggalek di pantai ini adalah sebagai berikut:

  • Gazebo di beberapa lokasi di sekitar pantai
  • Sarana MCK yang memadai
  • Boot makanan dan minuman yang cukup lengkap
  • Tempat parkir yang bersih dan luas.

Rute Menuju ke Pantai Pelang

Pantai Pelang terletak sekitar 32,6 kilometer jika ditempuh dari pusat Kabupaten Trenggalek. Perjalanan menuju ke kawasan pantai akan memakan waktu sekitar 1 jam saja dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan menuju ke pantai ini bisa dilakukan dari Jalan Raya Jarakan – Karangan. Ikuti jalan raya ini sepanjang kurang lebih 5 kilometer lalu belok kiri dan lurus. Jalankan kendaraan sepanjang 12 kilometer di jalan ini hingga menemui sebuah kantor pos. Perlu diketahui, jalan ini cukup curam dan berkelok.

Dari kantor pos belok kanan dan teruskan ke Jalan Raya Dongko – Kampak. Jalan sepanjang 12 kilometer lagi menuju ke arah Jalan Waluhtowo. Setelah itu, Anda akan melewati Jalan Diponegoro dan Jalan MT. Haryono.

Ikuti jalan tersebut dan Anda akan menemukan plang menuju ke Pantai Pelang ke arah kiri. Belok dan Anda akan sampai di kawasan pantai tersebut.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Pelang adalah salah satu pantai yang paling indah di Trenggalek. Dibandingkan beberapa pantai yang ada di sekitarnya, pantai ini memiliki lanskap yang paling luas. Tentu, luasnya pantai akan membuat liburan Anda bersama keluarga akan lebih menyenangkan!

 

Tinggalkan komentar