Pesona Pantai Sendang Biru

Alamat: Pantai Wisata Sendang Biru, Malang, Jawa Timur, 65176, Indonesia.

Terletak sekitar 70 kilometer (2 jam 7 menit) dari Kota Malang.

Saat berada di Malang, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa pantainya yang terkenal seperti surga. Ada banyak tempat di pantai di Malang yang sering dikunjungi oleh para wisatawan salah satunya adalah Pantai Sendang Biru. Pantai yang berada di Selatan Kota Malang ini menghadap langsung ke Samudera Indonesia sehingga memiliki ombak besar yang khas dan relatif sangat tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru menjadi salah satu objek wisata murah yang ada di Malang. Bagaimana tidak, tiket masuk untuk pergi ke destinasi wisata yang satu ini hanyalah Rp 5.000 per orangnya.

Dengan tiket yang murah dan terjangkau tersebut, Anda sudah bisa menikmati indahnya Pantai Sendang Biru lengkap dengan ombaknya yang sangat khas.

Rute Menuju Objek Wisata Pantai Sendang Biru

Pantai yang satu ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya dari Kota Malang sekitar 65 kilometer dan dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 2- 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang ingin menuju ke pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi, hal pertama yang harus dilakukan ialah pergi ke Gadang terlebih dahulu. Setelah itu, terus jalan lurus dan belok kiri ke arah Pabrik Gula Krebet. Dari sini akan ada banyak petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Sendang Biru.

Objek Wisata Menarik di Pantai Sendang Biru

1. Pemandangan Pantai yang Indah Nan Eksotik

Pesona Pantai Sendang Biru Malang

Sama halnya dengan beberapa pantai yang ada di Indonesia, Pantai Sendang Biru juga terkenal dengan keindahan yang dimilikinya. Air laut yang dimiliki pantai ini cukup tenang dan juga jernih, sehingga cocok untuk digunakan berenang.

Tak hanya itu, bahkan Anda juga bisa melakukan kegiatan berjemur dan snorkeling menikmati indahnya pemandangan bawah laut. Karena keindahan yang dimilikinya, hal tersebut membuat Pantai Sendang Biru menjadi lokasi untuk foto pre wedding.

2. Menyewa Perahu Wisata

Pesona Pantai Sendang Biru Malang

Selain melakukan beberapa kegiatan di atas, hal lainnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyewa perahu wisata yang tersedia di sekitar pantai. Perahu tersebut bisa Anda gunakan untuk pergi ke Pulau Sempu atau hanya sekadar berkeliling di sekitar pantai.

Harga sewa perahu berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000 untuk perahu dayung. Sementara itu, jika Anda menyewa perahu bermotor, harga sewanya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

3. Pergi ke Pulau Sempu

Pesona Pantai Sendang Biru Malang

Pulau terdekat yang bisa Anda kunjungi dari Pantai Sendang Biru adalah Pulau Sempu. Pulau yang satu ini juga menjadi pulau yang terkenal dengan keindahannya. Pulau yang indah tersebut masuk ke dalam kawasan cagar alam.

Pulau dengan luas 877 hektar tersebut menawarkan keindahan alam dengan telaga yang ada di dalamnya. Untuk mengunjungi pulau tersebut, Anda hanya perlu menyewa perahu dan membayar Rp 100.000.

4. Mengunjungi Telaga yang Ada di Pulau Sempu

Pesona Pantai Sendang Biru Malang

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Sempu. Nah, satu diantaranya ialah dengan mengunjungi beberapa telaga terkenal yang ada di pulau tersebut.

Beberapa telaga terkenal tersebut ialah Telaga Sat, Telaga Lele dan juga Telaga Anakan. Telaga-telaga itu memiliki pemandangan yang tampak sangat indah sehingga sayang jika tidak diabadikan.

5. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang satu ini di Pantai Sendang Biru. Di tempat ini, tersedia beberapa tempat untuk menarik untuk memancing.

Tak hanya itu, bahkan untuk bisa mendapatkan tangkapan ikan yang lebih besar dan lebih banyak, Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing.

6. Menyaksikan Gelaran Pesta Adat

Setiap bulan September, ada hal unik yang tak boleh Anda lewatkan dari pantai tersebut. Yaitu dengan adanya pesta adat yang disebut dengan Pesta Pelik Laut. Pesta adat tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu lamanya.

Dalam pesta adat ini, Anda bisa menyaksikan berbagai macam gelaran, mula dari dangdutan, hiburan wayang hingga puncak acara yaitu menghanyutkan tumpeng yang berisi hasil laut ke tengah laut. Acara ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

7. Bermalam di Penginapan Sekitar Pantai

Tentu sangat sayang rasanya jika Anda hanya mengunjungi pantai ini sehari saja. Nah, jika Anda masih ingin menikmati indahnya Pantai Sendang Biru, tenang saja karena saat ini sudah ada banyak penginapan yang bisa Anda sewa.

Penginapan tersebut menawarkan fasilitas yang nyaman dan Anda butuhkan. Terdapat sekitar 7 homestay yang ada di sekitar pantai ini. Apabila Anda menginap di penginapan, maka Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai lainnya yang segaris dengan Pantai Sendang Biru seperti Pantai Balekambang dan Bajul Mati.

Fasilitas yang Disediakan di Pantai Sendang Biru

  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Parkir luas.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati liburan yang berkesan dan tak terlupakan, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Sendang Biru yang kaya akan daya tariknya. Destinasi wisata tersebut juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati indahnya laut lepas yang tenang dan jernih.

Jika Anda ingin melihat pesta adat yang ada di pantai tersebut, jangan lupa untuk datang pada bulan September. Nikmati pula perjalanan yang menyenangkan ke Pulau Sempu dengan menggunakan perahu bermotor.

 

Tinggalkan komentar