Pesona Pantai Sendiki

Alamat: Tambakharjo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65148.

Terletak sekitar 69,8 km (2 jam 15 menit) dari Malang.

Kota Malang memiliki beragam destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tidak hanya wisata edukasi serta wisata mistik saja, Malang memiliki banyak wisata alam yang sangat menarik lainnya. Salah satunya yang banyak dikunjungi adalah pantai.

Menurut data yang diperoleh dari Pemerintah Kabupaten Malang, setidaknya ada 14 pantai yang bisa dikunjungi disini. Pantai-pantai sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah. Salah satu objek wisata yang harus dikunjungi di Malang adalah Pantai Sendiki.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

Agar Anda dapat menikmati keasrian serta kebersihan Pantai Sendiki, Anda diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 per orang. Selain itu Anda juga diwajibkan membayar ongkos parkir sebesar Rp. 5000. Sedangkan jika Anda akan menginap, maka akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 10.000.

Dengan ongkos yang harus Anda keluarkan di atas Anda akan menikmati pantai dengan pasir putih yang bersih. Kebersihan ini tentunya merupakan hasil perawatan dari pemerintah daerah dan penduduk setempat. Selain itu, pantai ini juga memang masih sepi akan pengunjung.

Obyek Wisata di Pantai Sendiki

Beberapa obyek wisata berikut akan Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Sendiki:

1. Pantai yang Asri

Pantai ini dikelilingi dengan hutan lebat sehingga udara serta pemandangannya dijamin masih sangat asri. Selain itu, dengan banyaknya pepohonan juga membuat pantai satu ini tidak begitu panas.

Pantai yang terletak di bagian pesisir Selatan Jawa ini memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas renang dipantai ini. Sebab hal tersebut akan sangat berbahaya, apalagi ditambah dengan tidak adanya pengawasan dari pihak terkait.

2. Pasir Putih

Karena letaknya yang jauh dari pusat kota dan akses menuju kesana yang terjal membuat pantai ini sepi akan pengunjung. Saat Anda mengunjungi pantai yang sepi, pasti Anda akan merasa berada di pantai milik pribadi.

Ditambah lagi pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putir bersih dan juga terdapat bebatuan yang semakin mempercantik Pantai Sendiki. Dengan begitu, Anda pasti akan merasa sangat nyaman jika berjemur di pantai ini.

3. Mitos Menarik di Balik Pantai Sendiki

Asal usul adanya pantai ini katanya ditemukan oleh sahabat empat serangkai. Keempatnya saling berbagi wilayah atau lahan dengan cara menandainya dengan patok kayu. Dan orang terakhir yang menancapkan patok tersebut adalah Mbah Singo Lelono.

Karena kebingungan kemudian dia bertanya kepada tiga sahabatnya dengan kalimat seperti ini “Punyaku seng ndi iki? ”, Dari situlah konon asal usul nama sendiki diperoleh. Yang kemudian juga turut memperkuat cerita yakni dengan adanya sebuah makam dengan nama Singo Lelono di sebelah kiri pantai.

Fasilitas Pantai Sendiki

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di pantai yang belum banyak terjamah pelancong ini, Anda akan disuguhi dengan beberapa fasilitas yang dengan mudah bisa Anda nikmati. Diantaranya adalah:

  • Area Berkemah

Pantai Sendiki adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Malang yang bisa Anda kunjungi sekaligus sebagai tempat untuk berkemah. Selain karena pantainya yang masih sepi, juga dikarenakan ada beberapa titik yang berada di bibir pantai yang bisa dijadikan sebagai area berkemah.

Jika Anda sudah membawa perlengkapan berkemah dari rumah, Anda cukup diminta untuk membayar sewa buka tenda sebesar Rp. 20.000. dengan begitu Anda sudah bisa berkemah di tempat yang aman.

  • Penyewaan Tenda

Apabila Anda tidak membawa perlengkapan berkemah, jangan khawatir sebab disana sudah ada tempat penyewaan tenda. Ongkos yang harus dikeluarkan untuk menyewa tenda yakni Rp. 75.000 untuk tenda yang berkapasitas 4 hingga 5 orang.

  • Homestay

Meskipun Anda adalah orang yang tidak menyukai hidup di alam bebas, Anda tetap bisa loh menikmati lebih lama lagi keindahan pantai dengan menginap. Anda bisa mencari homestay yang banyak disewakan oleh para penduduk sekitar sebagai tempat penginapan.

Sementara untuk masalah biaya penyewaan homestay tentunya bervariasi. Harga tersebut biasanya disesuaikan dengan fasilitas dan luas homestay yang disediakan.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Sendiki

Berangkat dari Kota Malang kemudian Anda harus menuju ke kawasan Pakishaji dan dilanjutkan ke Kepanjen. Setelah itu, Anda harus melewati Gondanglegi, Turen dan akhirnya akan sampai ke daerah Sumbermanjing Wetan. Baru dari sini Anda akan mulai mengarungi jalanan khusus menuju ke pantai.

Agar sampai disana sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Hal tersebut dikarenakan di daerah tersebut belum tersedia angkutan umum. Bahkan saat Anda sudah hampir sampai ke lokasi, ada jalan sempit yang hanya bisa dilewati oleh sepeda motor saja. Sehingga mobil yang Anda bawa harus dititipkan.

Dijalan yang sempit tersebut pun Anda harus terus berhati-hati. Karena jalannya yang sempit dengan kondisi yang rusak serta licin rawan sekali menyebabkan pengendara jatuh. Terlebih saat diguyur hujan akan banyak lumpur yang menghalangi jalan. Baru setelah semua terlewati Anda akan sampai di lokasi yang dituju.

Sulitnya jalur yang harus dilalui saat menuju ke Pantai Sendiki sepadan dengan cantiknya panorama yang bisa Anda nikmati. Maka jangan takut terlebih dahulu dengan jalur yang tersedia, karena dibalik itu semua akan ada kejutan yang memanjakan mata Anda. Yang perlu diingat adalah tetaplah berhati-hati dan utamakan keselamatan Anda dan keluarga.

Tinggalkan komentar