Pesona Pantai Tiga Warna

Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176.

Terletak sekitar 73,4 kilometer (2 jam 14 menit) dari Pusat Kota Malang.

Pantai Tiga Warna menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Malang. Sebagaimana diketahui, Malang memang menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Timur. Daerah ini memiliki Kota Batu dan apel sebagai ikon yang sangat terkenal. Namun, di samping itu, ada gugusan pantai yang indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bagaimana kondisi pantai ini, bukan? Ya, sesuai namanya, Pantai Tiga Warna merupakan pantai yang memiliki tiga warna yang berbeda dan unik. Warna-warna pantai ini muncul karena perbedaan kedalaman yang ada.

Tiga warna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak mengherankan jika grafik pengunjung selalu naik dari waktu ke waktu.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tiga Warna

Ada tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Pantai Tiga Warna. Namun, harga tiket masuk ini cukup murah dan tentu saja tidak memberatkan.

Tiket dipatok seharga Rp 5.000 saja untuk satu orang baik anak-anak ataupun dewasa. Jika Anda datang dari luar kota dan ingin mengenal pantai ini lebih jauh, maka ada guide yang disediakan. Biaya untuk guide ini hanya Rp 100.000 per 10 orang dalam tiap kunjungan.

Dengan guide, tentu Anda bisa mengeksplorasi keindahan alam pantai ini dengan jauh lebih maksimal.

Apa yang menarik dari pantai ini adalah adanya pembatasan kunjungan. Jika kuota wisatawan yang datang sudah penuh, maka wisatawan lain harus menunggu ada kelompok lain yang keluar. Tujuan peraturan ini adalah untuk menjaga kebersihan pantai.

Objek Wisata di Pantai Tiga Warna

Ada cukup banyak objek wisata di pantai ini yang bisa menjadi alasan kenapa Pantai Tiga Warna dipilih untuk destinasi liburan. Beberapa objek wisata tersebut adalah sebagai berikut:

1) Pantai yang Asri dan Indah

Pesona Pantai Tiga Warna

Keindahan Pantai Tiga Warna tidak perlu diragukan lagi. Adanya tiga warna berbeda dari pantai adalah hal yang langka dan tidak ditemukan di pantai lainnya. Oleh karena itu, setiap pengunjung yang datang pasti akan merasa puas.

Selain tiga warna yang sangat memukau, kondisi pantai ini sangat bersih. Bentang pantai dan pasir putih yang memanjang menghasilkan kombinasi pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan.

Anda yang mengajak anak-anak tentu bisa membiarkan anak-anak Anda bermain pasir tanpa khawatir adanya sampah yang membusuk.

2) Area Kemah

Pesona Pantai Tiga Warna

Suka dengan camping di pinggir pantai? Nah, Pantai Tiga Warna adalah lokasi camping yang tepat di sekitar Malang. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang cenderung luas dan datar. Di beberapa sisi pantai ini bisa menjadi spot camping yang istimewa dan ada izin mendirikan tenda di sekitar pantai.

Tentu, baiknya, Anda membawa tenda dan perlengkapan dari rumah. Namun, jika tidak sempat, maka ada persewaan tenda di sekitar pantai dengan harga Rp 25.000 semalam dan tambahan Rp 25.000 untuk sewa lahan.

3) Area Berenang

Pesona Pantai Tiga Warna

 

Pergi ke pantai tentu tidak afdol tanpa berenang. Nah, berenang adalah aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan di Pantai Tiga Warna. Ombak di kawasan pantai ini bisa dikatakan tidak terlalu besar. Bahkan, para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan melihat keindahan bawah laut pantai ini.

Ada persewaan alat snorkeling di sekitar pantai yang akan memudahkan Anda. Harga sewanya pun terbilang cukup murah, yakni Rp 15.000 saja.

4) Area Trekking

Pesona Pantai Tiga Warna

Apa yang menarik dari Pantai Tiga Warna ini lainnya adalah area trekking. Nah, di sekitar area pantai ada konservasi hutan mangrove. Di tempat inilah para pengunjung bisa melakukan trekking dengan nyaman. Anda bisa meminta tolong guide untuk memandu saat trekking.

Tips Wisata ke Pantai Tiga Warna

Ada beberapa tips yang sebaiknya diketahui sebelum berlibur ke pantai ini. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bawa bekal dari rumah karena di sekitar pantai cenderung langka penjual makanan
  • Lakukan reservasi terlebih dahulu terutama jika ingin ke hutan mangrove
  • Berkunjung saat weekdays untuk menghindari antrean pengunjung.

Rute Menuju ke Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna terletak sekitar 73,4 kilometer dari Kota Malang. Perjalanan dari Kota Malang menuju ke pantai ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Memang, jarak menuju ke pantai ini cukup jauh dan perjalanan akan cukup lama.

Namun, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan sehingga perjalanan tersebut tidak akan terasa begitu lama. Selain itu, Anda akan disambut dengan keindahan pantai yang luar biasa. Dengan demikian, maka rasa lelah selama perjalanan akan hilang.

Nah, perjalanan menuju ke Pantai Tiga Warna bisa ditempuh dari rute Pantai Goa China yang memang sering diambil oleh para wisatawan. Dari Kota Malang, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Gadang dan kemudian menuju ke Turen.

Dari sini, ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Baru. Ikuti terus jalur tersebut dan Anda akan menemukan persimpangan menuju ke Pantai Goa China dan Pantai Sendang Baru. Ambil jalan ke Pantai Goa China dan lurus sekitar 2 kilometer hingga persimpangan. Belok kiri ke arah tempat pelelangan ikan.

Setelah itu, ambil jalan menuju ke Clungup Mangrove Conservation. Dari situ, Anda akan menemukan pintu masuk ke Pantai Tiga Warna.

Dengan segala keindahan yang dimiliki, Pantai Tiga Warna cocok dimasukkan dalam list mengenai pantai indah untuk liburan di Malang. Jadi, tunggu apalagi, segera kunjungi pantai ini dan nikmati liburan Anda!

Tinggalkan komentar