Pantai Watu Karung

Alamat: Ketro, Watukarang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552.

Terletak sekitar 40 km (60 menit) dari kota Pacitan.

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah merencanakan untuk pergi berlibur kemana? Jika belum, Anda bisa mengunjungi pantai Watu Karung ini.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Hamparan laut yang indah dengan pasir putih yang terbentang luas membuat mata terbelalak.

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat udara menjadi sejuk dan nyaman. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai tempat wisata ini, yuk simak ulasan berikut.

Harga Tiket

Nah, untuk bisa masuk ke tempat wisata yang satu ini Anda tidak perlu membayar tiket. Sebab, Anda bisa menikmati suasana pantai dan bermain di area pantai secara gratis. Anda juga bisa membawa siapa saja ke pantai ini. Jam operasional pantai ini adalah 24 jam non stop.

Oleh karenanya, para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai tanpa dibatasi oleh waktu. Anda juga bisa bermain bersama keluarga di pantai ini sepuasnya. Meski tarif masuknya gratis, tapi dihimbau untuk para pengunjung agar bisa menjaga kebersihan area pantai.

Objek Wisata Pantai Watu Karung

Sama halnya seperti pantai pada umumnya, pantai yang satu ini juga memiliki berbagai objek wisata yang bisa Anda kunjungi lho. Tentu saja objek wisata tersebut sangat cocok untuk dijadikan spot terbaik foto Anda. Berikut beberapa objek wisata pantai Watu Karung;

1. Spot Renang Diving dan Surfing

Pesona Pantai Watu Karung

Olahraga pantai yang seru dan wajib dicoba adalah berenang, diving dan juga surfing. Ombak besar yang ada di tempat ini terbilang cukup aman. Ya, hal ini dikarenakan karakter ombak tersebut tidak menyeret ketika sudah sampai bibir pantai.

Bagi Anda yang sudah ahli berselancar dan ingin mencobanya namun tidak membawa peralatan lengkap. Anda bisa menyewa alat-alatnya di pantai ini lho. Selain peralatan berselancar, pantai ini juga menyediakan alat diving dan lain-lain.

2. Perbukitan Karang

Pesona Pantai Watu Karung

Salah satu tempat yang paling favorit untuk berkemping dan banyak disukai oleh pengunjung adalah perbukitan karang ini. Di tempat ini Anda bisa menikmati sunset hingga mendengarkan nyanyian ombak.

Meski medan yang dilalui untuk mencapai tempat ini cukup sulit. Namun, hal itu tidak menjadi alasan para pengunjung yang menyukai tantangan untuk bisa sampai ke atas bukit dan melihat pemandangan alam yang indah.

3. Spot Camping

Pesona Pantai Watu Karung

Perbukitan dengan sabana yang luas sangat asyik digunakan untuk berkemah bersama keluarga. Disertai dengan api unggun yang hangat dan juga memasak ala campers membuat suasana menjadi lebih menarik.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan suara ombak laut dan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh salah satu anggota keluarga. Hal inilah yang menyebabkan spot camping ini wajib untuk Anda kunjungi.

4. Spot Berjemur

Pesona Pantai Watu Karung

Hamparan pasir putih yang luas dan lembut serta sinar matahari yang pas menjadikan lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berjemur eksotis. Tak heran jika banyak sekali turis yang berjemur di tempat ini.

Tentu saja para turis ini tidak berjemur di sembarang tempat. Namun, sudah ada area khusus untuk para turis yang berjemur menggunakan pakaian bikini.

5. Spot Foto Menarik

Pesona Pantai Watu Karung

Selain cocok digunakan sebagai lokasi camping dan berjemur. Pantai ini juga memiliki beberapa spot foto yang menari dan wajib Anda coba. Ombak biru laut nan jernih, batu karang, sunset dan sunrise bisa menjadi background foto kekinian lho.

Hasil jepretan itu juga bisa digunakan untuk mengisi media sosial Anda. Nah, bagi Anda para pecinta selfie dan fotografi, tempat ini sangat direkomendasikan. Anda bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang yang menakjubkan di pantai ini.

Fasilitas Pantai Buyutan

Nah, fasilitas yang ada di pantai ini belum lengkap. Yang tersedia hanya kamar mandi yang jumlahnya terbatas, area parkir yang tidak cukup luas dan juga warung makan yang letaknya agak jauh dari tempat wisata tersebut.

Meski demikian, di area pantai ini sudah terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda tempati. Jadi, bagi Anda yang berasal dari luar kota bisa menginap di beberapa hotel atau guest house tersebut. Selain itu, terdapat beberapa tips untuk Anda yang akan ke pantai ini seperti:

  • Membawa bekal sendiri
  • Membawa beberapa peralatan untuk melakukan kegiatan olahraga di pantai
  • Bawalah alat pelengkap camping seperti gitar dan lain-lain untuk mengisi malam camping Anda.

Rute Menuju Lokasi

Pantai watu karang letaknya berada di Ketro, Watukarang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552. Jaraknya sekitar 40 km (60 menit) dari kota Pacitan. Akses menuju tempat ini cukup sulit, curam dan juga terjal.

Jadi, Anda harus sangat hati-hati saat melewatinya. Nah, bagi Anda yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta rute yang bisa dilewati yaitu menuju ke arah Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari situ, arahkan kendaraan menuju ke Solo.

Kemudian, arahkan kendaraan ke jalan pintas di Desa sedang agar bisa sampai ke kota Pacitan lebih cepat. Dari situ ikutilah petunjuk yang ada 40 km.

Dari sana dan Anda pun sampai ke wilayah Pringkuku dengan tanjakan yang sangat curam. Ikutilah jalan tersebut hingga sampai ke tempat tujuan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain pantai Watu Karung ini mempunyai pemandangan indah dengan pasir putih yang terbentang luas. Pantai juga terdapat berbagai objek wisata seru lho dan tentunya wajib Anda kunjungi.

Tinggalkan komentar