Pesona Pantai Klayar

Alamat: Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554.

Terletak sekitar 30 km (50 menit) dari Kota Pacitan.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang menyimpan sejuta misteri dan keindahan tersendiri. setiap pengunjung yang datang pasti terpesona dengan keadaan alam pantai ini.

Pasir putih kecoklatan yang  lembut dan bersih menjadikan pantai ini terlihat lebih indah. Belum lagi, diantara pantai ini terdapat beberapa pepohonan rindang yang membuat udara menjadi sejuk.

Nah, sejarah pantai ini konon, pada zaman dahulu terdapat perahu yang terombang-ambing di pantai ini. Sehingga pantai ini disebut dengan Pantai Klayar. Untuk penjelasan selengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket

Nah, untuk memasuki kawasan wisata ini, tentu saja tidak gratis dan Anda harus membayar tiket masuknya Rp. 5.000 setiap orang. Harga tiket ini hanya berlaku pada hari senin sampai jumat. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu, Anda harus membayar Rp. 10.000 per orang.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga harus membayar tiket parkir. Untuk satu unit motor dikenakan tarif Rp. 2.000. Sedangkan untuk satu unit mobil akan dikenakan tarif Rp. 5.000.

Objek Wisata Pantai Klayar

Sama seperti semua pantai pada umumnya, pantai yang satu ini juga memiliki  berbagai objek wisata seru dan asyik. Tentu saja Anda tidak boleh melewati itu semua. Nah, berikut beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman:

1. Gradasi Warna Pasir yang Indah

Pesona Pantai Klayar

Area bibir pantai ini dipenuhi dengan pasir yang bersih dan juga lembut. Uniknya lagi, pasir tersebut memiliki dua warna yang berbeda yaitu putih dan coklat. Dimulai dari warna putih di bagian tepi pantai.

Kemudian semakin mendekati air laut, warna pasir menjadi semakin gelap atau berwarna coklat. Gradasi warna ini akan terlihat sangat jelas dan indah saat menggunakan kamera drone.

2. Batu Karang di Tengah Pantai yang Menjadi ikon Pantai

Pesona Pantai Klayar

Pada bagian tengah pantai, terdapat sebuah batu karang yang sangat besar. Batu tersebut bukan hanya terbuat dari hasil erosi air laut saja. Melainkan, bau tersebut konon terbuat dari hasil pertarungan antara makhluk ghaib yang terjadi di pantai.

Batu karang tersebut terhubung dengan batu karang yang berada di tepi pantai. Bahkan saat ini batu tersebut bisa didaki oleh para pengunjung. Sebab, sudah disediakan tangga beton untuk mendakinya dan akses jalannya menjadi lebih mudah.

3. Seruling Samudra

Bagi para wisatawan yang pernah berkunjung, atraksi dari seruling samudra ini merupakan salah satu momen yang sangat dinanti-nanti. Seruling samudra ini adalah sebutan untuk sebuah lubang batu karang yang letaknya berada di balik tebing.

Lubang tersebut dinamakan seruling samudra karena jika ada angin laut yang melewati lubang tersebut akan berbunyi seperti seruling. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari Pantai Klayar yang tidak boleh terlewatkan.

4. Air Mancur di Tengah Laut

Pesona Pantai Klayar

Pantai yang satu ini bisa diibaratkan sebagai sebuah kolam yang dilengkapi dengan air mancur. Namun bedanya adalah air mancur yang terdapat di pantai ini adalah air mancur alami dan akan muncul secara tiba-tiba pada waktu yang tak terduga.

Seruling samudra ini tidak hanya mengeluarkan bunyi saja. Namun, pada saat air laut pasang sekitar pukul 9 hingga 4 sore, seruling ini akan memancarkan air setinggi 10-15 meter. Hal inilah yang paling dinanti-nanti oleh para pengunjung.

5. Batu Sphinx dan Sumur

Pesona Pantai Klayar

Selain memiliki beberapa keunikan yang pas untuk berselfi. Dalam pantai ini juga terdapat fenomena alam yang tak kalah uniknya yaitu batu sphinx. Bentuknya mirip dengan patung singa dan kepala manusia seperti yang ada di Mesir.

Selain itu, di celah-celah batu karang terdapat dua sumur. Pertama, sumur yang berukuran sangat luas dan lebar. Biasanya sumur ini digunakan untuk memandikan kuda balap. Sumur kedua berukuran kecil yang dipercaya bisa membawa berkah bagi warga.

Fasilitas Pantai Klayar

Nah, fasilitas yang terdapat di pantai ini terbilang sudah cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan adalah toilet dengan kamar mandi yang bersih, beberapa warung yang menjual makanan untuk mengisi perut dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, terdapat juga fasilitas lain yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Seperti misalnya gazebo, mushola dan penginapan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai ini terletak di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554. Jaraknya sekitar 30 km (50 menit) dari Kota Pacitan. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini kondisinya kurang baik, jadi Anda harus ekstra hati-hati.

Rute perjalanan bagi pengunjung yang datang dari arah kota Pacitan, hanya perlu mengikuti jalur bis Solo-Pacitan. Kemudian belok kiri pada pertigaan pertama. Setelah tiba di desa Candi, belok kanan. Dari sini, lurus terus hingga menemukan pertigaan berikutnya.

Jika sudah sapai pada pertigaan, ikutilah petunjuk yang mengarah pada Pantai Klayar. Sedangkan bagi pengunjung yang datang dari arah Yogyakarta, Anda bisa melewati Wonosari. Dari sini, ambil arah lurus ke arah timur menuju ke daerah patuk.

Selanjutnya, ambil jalur ke arah Pracimantro. Kemudian lanjutkan ke arah Giribelah lalu melewati daerah Punung. Di sepanjang jalan ini, ikuti papan petunjuk arah menuju ke pantai tersebut.

Liburan di pantai merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Klayar. Bagi Anda yang belum memiliki agenda liburan, buruan datang langsung ke pantai ini!

Tinggalkan komentar