Pesona Pantai Sanggar

Alamat: Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283.

Terletak sekitar 37 kilometer (1 jam 14 menit) dari Tulungagung.

Pergi ke Tulungagung tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Pantai Sanggar. Memang, Tulungagung memiliki banyak sekali pilihan pantai yang indah, namun Sanggar adalah pantai baru yang masih fresh dan bisa dikatakan cukup privat.

Anda yang ingin menikmati keindahan pantai yang hakiki dengan kesan hening, maka pantai ini adalah salah satu opsi terbaik untuk dipilih.

Terbentang dengan lanskap yang cukup panjang, pantai ini memiliki pasir putih yang begitu bersih. Tidak hanya itu, ada beberapa spot yang tersedia untuk menikmati laut dan berfoto ria bersama rekan-rekan yang sungguh menarik.

Harga Tiket Pantai Sanggar

Seiring Pantai Sanggar adalah pantai baru, maka pengunjung tidak perlu merisaukan tentang harga tiket dari pantai ini. Ya, hal ini dikarenakan tidak ada tarif masuk ke kawasan pantai alias gratis. Faktor pengunjung yang belum terlalu banyak menjadikan pemerintah belum membangun portal untuk menarik fee tiket dari pengunjung.

Tentu, hal ini justru merupakan suatu keuntungan buat para pengunjung yang datang. Selain itu, lokasi pantai ini sejalur dengan Pantai Ngalur dan Pantai Sine. Dengan demikian, saat berkunjung ke Pantai Sanggar, Anda bisa sekalian berkunjung ke dua pantai tersebut untuk liburan yang lebih mengasyikkan!

Objek Wisata Pantai Sanggar

1) Karang

Pesona Pantai Sanggar Tulungagung

Apa yang menarik dan mungkin menjadi ciri khas dari Pantai Sanggar adalah karang. Pantai ini memiliki cukup banyak karang yang besar dan letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Adanya karang di sekitaran tepian pantai tersebut akan menjadi penahan ombak besar yang mungkin bisa membahayakan para pengunjung.

Tidak hanya itu, adanya karang juga memberikan keindahan tersendiri di pantai ini. Ketika ada ombak besar dan menabrak karang, maka akan tercipta deburan air laut yang luar biasa indahnya.

Anda tentu bisa mengabadikan momen ini untuk kenang-kenangan piknik di Pantai Sanggar.

2) Pasir Putih

Pesona Pantai Sanggar Tulungagung

Cukup banyak pantai di Jawa yang memiliki pasir hitam. Namun, Pantai Sanggar terkenal dengan pasir putih yang panjang dan bersih. Pasir putih yang ada di pantai ini bisa menjadi area bermain bagi anak-anak, khususnya jika Anda berlibur bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya itu, pasir putih Pantai Sanggar bisa dikatakan cukup bersih. Hampir tidak ada sampah yang berserakan di sekitar area pasir sehingga area ini aman untuk bermain. Sangat menarik, bukan?

3) Bulu Babi dan Ikan Hias

Pesona Pantai Sanggar Tulungagung

Hal menarik lain dari Pantai Sanggar adalah adanya bulu babi dan ikan hias. Jika Anda membayangkan harus berenang jauh dan dalam untuk melihat ikan hias, maka kali ini Anda salah besar. Kenapa? Sebab ikan hias dengan ukuran kecil nan indah tersedia di sekitar bibir pantai!

Kebanyakan ikan hias dan bulu babi tersebut ada di sekitar karang. Bibir pantai yang tidak terlalu dalam memudahkan pengunjung untuk menuju ke karang dan melihat dua jenis biota laut ini dengan bebas.

Bahkan, disediakan pula jaring kecil yang bisa dibeli di sekitar pantai untuk menangkap ikan. Anak-anak pasti akan suka dengan kegiatan ini.

4) Spot Berburu Matahari

 

Pantai memang identik dengan sunset. Berada di pantai dan menikmati tenggelamnya matahari juga menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan. Ada momen yang sangat menarik yang bisa dikenang.

Nah, Pantai Sanggar adalah salah satu spot untuk menikmati sunset yang indah dengan adanya beberapa spot terbaik di sana.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sunrise yang indah di pantai ini. Jika Anda sesekali ingin pergi ke pantai di pagi buta, maka nantinya akan ada sunrise yang menyambut dengan hangat.

Tinggal pilih saja mana waktu yang Anda inginkan untuk berburu matahari di Pantai Sanggar.

5) Lokasi Camping

Pesona Pantai Sanggar Tulungagung

Selain sunset, apa yang identik dengan pantai adalah camping. Ya, ada banyak pengunjung yang membangun tenda di pantai untuk menikmati suasana malam ala pantai dengan deburan ombaknya.

Nah, jika Anda –dan teman-teman, ingin camping di pantai, maka Pantai Sanggar bisa menjadi salah satu spot terbaik untuk dipilih. Pantai ini memiliki beberapa spot khusus yang bisa dijadikan tempat mendirikan tenda.

Tidak hanya itu, kawasan pantai yang cenderung masih sepi membuat camping akan terasa lebih menyenangkan.

Tips Berlibur ke Pantai Sanggar

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke pantai ini agar liburan Anda lebih berkesan. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Usahakan membawa bekal dari rumah karena kawasan pantai masih jarang dari penjual makanan
  • Hindari berkunjung ke pantai setelah hujan deras karena jalan di sekitar pantai akan berubah sangat licin setelah hujan
  • Bawa perlengkapan dari rumah, seperti tikar untuk menikmati pantai karena persewaan di sekitar pantai masih jarang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sanggar

Jika Anda berangkat dari kota Tulungagung, maka jarak ke pantai adalah sekitar 70 kilometer. Anda bisa langsung menuju ke Jalan Pesantren untuk memulai perjalanan. Setelah itu, di kilometer kedua belok ke kanan.

Lurus sekitar 1 kilometer dan nanti belok kiri menuju ke Jalan Rata Tambakrejo. Ikuti jalan tersebut sekitar 4 kilometer dan belok kanan menuju ke Jalan Raya Sambidoplang. Belok kanan saat menemukan kantor kecamatan. Anda memasuki Jalan Raya Karangtalun dan ikuti jalan tersebut sekitar 24 kilometer menuju ke pantai.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Sanggar adalah salah satu pantai baru dengan pesona baru di kawasan Tulungagung. Nah, berlibur ke sini tentu bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga tercinta. Mumpung masih gratis, segera berkunjung ke pantai yang indah ini!

Tinggalkan komentar