Teks Berita: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, dan Contoh

Berita merupakan kejadian atau peristiwa penting yang dilaporkan wartawan untuk mendapatkan perhatian pembaca, pendengar, atau pemirsa. Berita sebaiknya dilaporkan dengan benar, tidak memihak, dan objektif berdasarkan fakta dan data.

Berita memuat informasi yang bernilai pemberitahuan yang telah disusun menurut aturan atau kaidah ilmu jurnalistik dan disajikan kepada khalayak melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Pengertian Teks Berita

Teks berita merupakan ragam teks yang berisi informasi baru yang disajikan dalam penulisan yang jelas, aktual dan menarik. Ragam teks tersebut dilengkapi dengan unsur 5W+1H dan disajikan dengan teknik piramida terbalik.

Teknik piramida terbalik adalah teknik penyajian berita yang menempatkan bagian paling penting (termasuk unsur berita) di bagian awal berita.

Berita yang baik merupakan berita yang mampu menjawab pertanyaan dengan rumus 5W+1H, yaitu sebagai berikut.

  • Peristiwa apa yang terjadi? (what)
  • Mengapa peristiwa itu terjadi? (why)
  • Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
  • Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
  • Siapa saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut? (who)
  • Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)

Adanya 5W+1H maka informasi yang diperoleh masyarakat akan lebih lengkap dan mampu memenuhi semua rasa keingintahuan. Hal tersebut juga mampu menghilangkan perbedaan persepsi pada masyarakat.

Struktur Teks Berita

Struktur teks merupakan susunan yang membangun atau membentuk suatu teks. Dalam teks berita, susunan yang membentuk teks berita sangatlah jelas. Struktur teks berita meliputi orientasi berita, peristiwa, dan sumber berita. Berikut masing-masing uraiannya.

1. Orientasi Berita

Orientasi berita merupakan bagian pembuka dari teks yang akan diberitakan. Penyusunan orientasi berita bersifat menarik sehingga pembaca berminat untuk membaca keseluruhan berita.

2. Peristiwa

Peristiwa merupakan tahapan inti dalam sebuah berita. Peristiwa menyajikan berita sedemikian rupa dengan menampilkan beberapa fakta. Dalam hal ini, berbagai pertanyaan 5W+1H akan terjawab secara detail dan menjadi inti dalam teks tersebut.

3. Sumber Berita

Sumber berita merupakan asal di mana sebuah informasi diperoleh. Sumber berita bisa berupa lokasi terjadinya peristiwa, saksi mata, atau hal yang lainnya. Sumber berita sangat penting untuk dicantumkan, namun tidak memiliki ketentuan posisi yang baku. Sumber berita bisa berada di dalam berita atau di akhir berita.

Ciri-Ciri Teks Berita

Teks berita memiliki ciri-ciri yang mampu membedakan dengan teks lainnya.

Berikut uraian dari ciri-ciri teks berita.

  • Aktual terkini, yaitu peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi. Peristiwa yang telah berlalu atau lampau tidak terlalu menarik perhatian untuk dibaca.
  • Faktual (Terpercaya), yaitu berita yang berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Kenyataan dan kebenaran yang ada dalam berita tersebut bisa dipertanggungjawabkan sehingga masyarakat tidak merasa dibohongi.
  • Seimbang, yaitu tidak memihak individu atau kelompok lain, dengan kata lain berita harus bersifat netral.
  • Bahasa yang disajikan dalam berita mudah dipahami dan bersifat menarik sehingga dapat memikat minat pembaca.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita merupakan ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks berita. Tentu kaidah kebahasaa dalam teks berita tidak sama dengan teks yang lainnya. Kaidah kebahasaan dalam teks berita meliputi:

  • Memiliki keterangan, sebagai konsekuensi dan untuk memenuhi kelengkapan suatu berita yang mencakup unsur kapan dan di mana.
  • Adanya verba pewarta, kata yang memiliki sifat mewartakan. Contoh kata tersebut di antaranya mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, menuturkan, menyampaikan, mengungkapkan, menyatakan dan sebagainya. Verba pewarta memiliki sifat memberi tahu kepada orang lain atau masyarakat luas.
  • Adanya verba transitif, yaitu kata yang menyatakan makna perbuatan, pekerjaan, tindakan, proses, atau keadaan. Contohnya: makan, mandi, memulangkan, bepergian, disiram, membuang, dan lain sebagainya.

Syarat Teks Berita

  • Fakta atau faktual, yaitu teks berita harus berisikan fakta atau peristiwa nyata.
  • Aktual, yaitu teks berita merupakan peristiwa yang masih baru.
  • Seimbang, yaitu teks berita tidak berpihak kepada siapapun, atau bersifat netral.
  • Lengkap, yaitu memuat unsur 5W+1H dengan struktur sesuai teks berita.
  • Menarik, yaitu mampu membuat pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan berita.
  • Sistematis, yaitu teks berita disusun secara sistematis atau berurutan agar pembaca mudah dan jelas dalam memahami berita.

Contoh Teks Berita

1. Contoh Teks Berita Singkat tentang Banjir

Sungai Rejo Meluap, Pemukiman Penduduk Terendam Banjir Setinggi 2 Meter

Banjir terjadi di daerah sekitar sungai Rejo dikarenakan hujan yang turun sangat deras. Hujan tersebut terjadi nulai pukul 18.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. Sebanyak dua desa terendam sehingga banyak keluarga yang mengungsi ke desa sebelah.

Sebanyak 160 kepala keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian, makanan, minuman, obat-obatan, air bersih, dan pakaian.

Selain disebabkan hujan yang sangat deras, banjir ini juga mendapat kiriman dari daerah dataran tinggi. Daerah resapan air yang semakin berkurang mengakibatkan air meluncur deras ke daerah yang lebih rendah.

Di samping itu, kebiasaan masyarakat sekitar yang suka membuang sampah sembarangan di sungai Rejo, juga menjadi salah satu penyebab banjir.

2. Contoh Teks Berita Singkat tentang Kebakaran

Diduga Buang Puntung Rokok Menyala, Bakar Hutan di Lereng Gunung

Kebakaran hutan terjadi di daerah lereng Gunung Arjuna, kemarin malam. Kejadian ini pertama kali dilihat oleh lima saksi pada pukul 02.00 dini hari, yang kebetulan akan melakukan pendakian ke puncak gunung tersebut.

Sebelum api semakin membesar, dua di antara saksi tersebut kemudian melaporkan ke penjaga yang berada di pos pendakian terdekat. Sedangkan tiga saksi yang lain berusaha memadamkan api dengan bantuan alat apa adanya.

Sekitar tiga jam api berhasil dipadamkan oleh petugas penjaga pos dan beberapa pendaki yang ikut membantu. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Diduga kebakaran berasal dari puntung rokok yang dibuang saat masih menyala oleh pendaki.

Petugas menyayangkan kejadian ini mengapa harus terulang kembali. Banyak pendaki yang tidak menghiraukan peringatan bahaya membuang puntung rokok sembarangan saat mendaki. Apalagi di musim kemarau seperti saat ini.

3. Contoh Teks Berita Singkat tentang Pendidikan

Dampak Terapkan Aplikasi Pendidikan

Ledia, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak bisa berjalan sendiri untuk mengembangkan aplikasi sistem pendidikan. Ledia meminta Nadiem mempertimbangkan anggaran perangkat yang harus disediakan masyarakat, ketersediaan dan kualitas layanan internet, serta listrik pada tiap wilayah.

Tarif dasar listrik yang semakin tinggi juga harus dipertimbangkan. Selain itu, memperhitungkakn biaya internet dan listrik yang harus ditanggung masyarakat untuk mengakses aplikasi sistem pendidikan.

4. Contoh Teks Berita Singkat tentang Politik

Menkumham Diminta Mendengarkan Aspirasi Masyarakat

Rencana Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly terkait revisi Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang aturan pemberian remisi untuk narapidana korupsi, narkotika dan obat terlarang (narkoba), serta terorisme, mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Menurut Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery, aspirasi masyarakat merupakan hal yang penting karena agenda pemberantasan korupsi, narkoba, serta terorisme merupakan agenda penting pemerintah Presiden Jokowi. Dia juga mengingatkan Yasonna soal peraturan Menkumham Nomor 10 Tahun 2020 yang diterbitkan pada 30 Maret 2020.

Ia mendukung kebijakan Yasonna membebaskan napi demi mencegah corona, selama kebijakan itu tetap mempertimbangkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak menjadi celah untuk melakukan tindakna korupsi.

5. Contoh Teks Berita Singkat tentang Gempa Bumi

Satgas Gempa Bumi Edukasi Warga Lombok

Untuk mengantisipasi bencana gempa bumi, pemeritah wilayah Lombok akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gempa Bumi. Dengan adanya Satgas Gempa Bumi ini, diharapkan pemerintah daerah Lombok akan lebih cepat mengatasi dan mengantisipasi gempa bumi, serta mampu mengambil tindakan dengan cepat jika terjadi gempa bumi.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Satgas Gempa Bumi tersebut yaitu bakti sosial bersih lingkungan daerah terimbas gempa bumi, edukasi dini untuk pendidikan dasar tentang bencana gempa bumi, pertolongan pada korban bencana gempa bumi, dan beberapa kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 November 2019.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Lombok yang sering mengalami bencana gempa bumi. Selain itu, kegiatan ini guna meredamkan kepanikan masyarakat terkait isu-isu tidak benar yang beredar terkait bencana gempa bumi.

Demikian materi terkait teks berita, mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, syarat, dan contoh teks berita. Semoga kalian bisa memahaminya dengan mudah dan bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar