Contoh Teks Eksposisi (+Pengertian, Struktur & Kaidah Kebahasaan)

Pernahkan kamu membaca teks yang di dalamnya berisi pengetahuan atau informasi mengenai topik tertentu? Dan setelah kamu membacanya kamu semakin tahu dan paham akan topik tersebut?

Bisa jadi teks tersebut adalah teks eksposisi. Teks eksposisi berisi penjelasan suatu topik dengan jelas sehingga pembaca memperoleh tambahan pengetahuan baru.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang berisi penjelasan-penjelasan atau paparan yang dapat memperluas pengetahuan pembaca.

Teks eksposisi berusaha menyampaikan gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik yang bersifat ilmiah. Gaya penyajian teks ini disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Adapun tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan suatu topik agar ilmu pengetahuan pembaca semakin bertambah. Selain itu pembaca bisa mendapatkan pengetahuan atau informasi baru secara lebih terperinci.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi sebagai berikut:

  • Berisi penjelasan yang singkat, jelas, dan padat
  • Menggunakan ragam bahasa baku
  • Berisi penjelasan informasi – informasi pengetahuan
  • Bersifat objektif dan netral
  • Berupa pernyataan-pernyataan yang bersifat fakta

Struktur Teks Eksposisi

a) Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis atau pernyataan pendapat merupakan bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian ini berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

b) Argumentasi

Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta bahkan pernyataan para ahli.

Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis.

c) Penegasan Ulang Pendapat

Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi definisi merupakan teks eksposisi yang memaparkan definisi atau pengertian mengenai suatu topik.
  • Teks eksposisi proses merupakan teks eksposisi yang menjelaskan suatu proses, tahapan-tahapan, atau cara untuk melakukan sesuatu mulai awal hingga akhir.
  • Teks eksposisi ilustrasi merupakan teks eksposisi yang menyajikan informasi atau penjelasan tertentu dengan cara memberikan gambaran atau penjelasan sederhana terkait suatu topik yang memiliki kesamaan sifat dalam hal tertentu dengan detail.
  • Teks eksposisi laporan merupakan teks eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.
  • Teks eksposisi perbandingan merupakan teks eksposisi yang memaparkan ide atau gagasan utama dengan cara membandingkan dengan paragraf yang lain.
  • Teks eksposisi pertentangan merupakan teks eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Kaidah Teks Eksposisi

a) Pronomina

Pronomina atau kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk mengganti kata benda atau kata yang dibendakan. Dalam teks eksposisi pronomina digunakan untuk menyampaikan pernyataan pribadi.

Jenis Pronomina

Pronomina dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Pronomina Persona

Kata ganti ini mengacu pada orang,  digunakan untuk menunjuk persona pertama, kedua, dan ketiga.  Persona pertama tunggal berupa saya, aku, daku, ku-, -ku sedangkan jamak berupa kami, kita.

Persona kedua tunggal berupa engkau, kamu, anda, dikau, -mu sedangkan jamak berupa kalian, kamu, anda. Persona ketiga tunggal berupa ia, dia, beliau, -nya sedangkan jamak berupa mereka, -nya.

  1. Pronomina Nonpersona

Kata ganti bukan orang, digunakan untuk:

  • penunjuk umum (ini, itu),
  • penunjuk tempat (sini, situ, sana)
  • penunjuk ihwal (begini, begitu)
  1. Pronomina Penanya

Kata ganti yang digunakan untuk menandai suatu pertanyaan berdasarkan sesuatu yang ditanyakan, baik subjek maupun objek. Misalnya apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan sebagainya.

b) Konjungsi

Konjungsi merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan antar kata, antar frasa, antar klausa, dan antar kalimat. Konjungsi digunakan untuk memperkuat argumentasi.

Berikut konjungsi yang digunakan dalam teks eksposisi:

  1. Konjungsi menyatakan waktu/temporal: sebelum, sesudah, setelah itu, kemudian, setelah, lalu.
  2. Konjungsi menyatakan gabungan: dan, dengan serta.
  3. Konjungsi menyatakan pembatasan: kecuali, selain, asalkan.
  4. Konjungsi menyatakan tujuan: suapaya, agar, untuk.
  5. Konjungsi menyatakan persyaratan: asalkan, bilamana, apabila jika, jikalau apabila, bila, bilamana.
  6. Konjungsi menyatakan perincian: adalah, yaitu, antara lain, yakni, ialah
  7. Konjungsi menyatakan sebab-akibat: akibat, akibatnya, sehingga, karena, sebab.
  8. Konjungsi menyatakan pertentangan: namun, melainkan, sedangkan, akan tetapi, tetapi.
  9. Konjungsi menyatakan pilihan: atau
  10. Konjungsi menyatakan penegasan: hanya, lagi pula, itu pun, apalagi, bahkan.
  11. Konjungsi menyatakan penjelasan:
  12. Konjungsi menyatakan perbandingan: serupa, ibarat, bagai, bak, seperti.
  13. Konjungsi menyatakan penyimpulan: jadi, oleh sebab itu, dengan demikian, oleh karena itu.

c) Leksikal

Leksikal merupakan unsur bahasa berupa kata. Tentu dalam teks eksposisi banyak menggunakan kata dengan beragam jenis. Berikut jenis-jenis kata:

  1. Nomina merupakan kata yang mengacu pada manusia, benda, konsep, atau pengertian tertentu, baik bersifat konkret maupun tidak.
  2. Verba atau kata kerja merupakan kata yang menyatakan makna perbuatan, pekerjaan, tindakan, proses, atau keadaan.
  3. Adjektif atau kata sifat merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan sifat atau keadaan objek (orang, hewan, benda, atau hal tertentu). Kata sifat berfungsi menerangkan dan menjelaskan nomina atau pronomina lebih spesifik.
  4. Adverbia atau kata keterangan merupakan kata yang menerangkan atau memberi penjelasan pada kata lain yang menyertai (kata kerja, kata sifat, dan kata benda) serta menerangkan frasa dan kalimat. 

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi

Pelemahan Ekonomi Global

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Kondisi ekonomi global mengalami pelemahan. Pelemahan yang terjadi saat ini merupakan indikator perdagangan internasional mengalami titik terlemah sejak 20 tahun terakhir. Pelemahan ekonomi secara otomatis berimbas pada perekonomian tanah air.

Dunia dipengaruhi oleh perdagangan internasional antar negara. Jika melemah pasti ekonomi-ekonomi dunia mengalami pelemahan. Perekonomian Indonesia sama halnya dengan perekonomian negara lain, walaupun ingin tertutup namun tidak pernah bisa bebas dari imbas kondisi ekonomi global.

Argumentasi

Data pada tahun 2019 menunjukkan ekonomi global tumbuh 3,2 % ini jauh lebih rendah dari yang diperkirakan 3,9% pada sebelumnya. Dan bahkan lebih berat lagi, perdagangan internasional hanya tumbuh 1,5%.

Data tersebut menunjukkan bahwa Indonesia mengalami kesulitan dalam menghindari imbas ekonomi global yang melemah. Hal itu diperparah dengan utang asing yang nilainya semakin meningkat. Perlu diketahui bahwa utang negara mencapai Rp. 2.865 triliun.

Pertumbuhan ekonomi yang bersumber dari ekspor bahan mentah, dinilai kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Bahan mentah tersebut berupa hasil perkebunan, hutan, migas, dan bahan tambang. Semua itu tidak bisa meningkatkan nilai tambah bagi negara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga didorong oleh penanaman asing. Sayangnya penanaman asing menjadikan sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh asing. Tentunya hal tersebut semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Penegasan Ulang Pendapat

Dampak ekonomi Indonesia yang melemah tentu dialami oleh semua kalangan. Terlebih masyarakat menengah ke bawah yang paling merasakan dampaknya. Perlu ada tindakan secara nyata agar Indonesia tidak terimbas dapak melemahnya perekonomian dunia.

2. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum

Penegasan Hukum di Indonesia

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Masalah terkait penegakan hukum di Indonesia masih menjadi kisah klasik yang tak akan habis dibahas. Adanya tumpang tindih penegakan aturan dan ketiadaan kepastian hukum masih dijumpai dalam keseharian.

Argumentasi

Hukum seharusnya menjadi alat yang menciptakan keamanan dan kebahagiaan bagi subjeknya. Tujuan hukum demi menciptakan keadilan, kepastian, dan kemanfaatan sehingga hukum harus berpihak pada kebenaran.

Penegakan hukum seharusnya dilakukan secara objektif. Sehingga ketika dalam hukum bersalah maka harus dikatakan salah. Namun penegak hukum seolah-olah bemain-main dalam memutus perkara dan mengesampingkan peraturan yang ada.

Penegasan Ulang Pendapat

Jika penegak hukum sudah tidak adil dan memihak, maka negeri ini akan rusak. Hukum harus berpihak pada kebenaran, bukan pada siapa yang berkuasa. Dengan demikian tidak ada lagi hukum yang berat sebelah. Indonesia akan menjadi negara yang benar-benar berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

Meningkatkan Pendidikan di Indonesia

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Hasil kajian ilmiah baik dari luar negeri maupun dalam negeri menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia hanya stagnan. Selama hampir 20 tahun kondisi pendidikan Indonesia berada di posisi salah satu terbawah di Indonesia. Bahkan urusan yang paling fundamental dalam pendidikan yaitu membaca.

Suatu hal yang sangat memalukan karena anggaran yang dikeluarkan untuk mencerdaskan bangsa ini tidak main-main jumlahnya. Anggaran itu berasal dari APBN, APBD, bantuan luar negeri, CSR, bahkan dana masyarakat.

Argumentasi

Dari permasalahan yang ada, titik pertama yang perlu dibenahi adalah mutu guru. Mengacu pada hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilakukan oleh Kemendikbud, tentu bisa diketahui guru mana saja yang dianggap berkompetensi.

Ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu guru. Pertama dilakukan kegiatan seleksi ulang untuk guru profesional. Karena profesi sebagai pendidik berdasarkan minat dan bakat. Jika dipaksa tentu hasilnya tidka maksimal dan berakibat buruk bagi generasi penerus bangsa.

Kedua, memberikan pelatihan bagi pendidik yang layak terkait konsep dan strategi dalam mengajar. Tujuannya agar guru selalu meningkatkan kualitas dalam kegiatan mengajar. Selain itu, kegiatan ini dilakukan agar guru semakin berkompeten dan mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0.

Ketiga, guru harus memiliki izin praktik mengajar yang harus diperbarui secara berkala. Dan kegiatan ini sebagai bentuk penegasan bahwa mengajar hanya dilakukan oleh orang yang berkompeten, bukan asal-asalan.

Penegasan Ulang Pendapat

Melihat kondisi pendidikan di Indonesia, tentu masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Langkah-langkah dalam perbaikan tersebut harus segera terlaksanakan agar Indonesia semakin maju. Terlebih, pendidikan Indonesia mampu mencetak generasi penerus yang berkualitas.

4. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

Daun Kelor yang Kaya Manfaat

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Daun kelor tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tumbuhan ini dapat dengan mudah tumbuh di berbagai kondisi tanah. Tidak heran jika tumbuhan ini banyak ditemui di mana-mana.

Secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata sudah banyak diteliti. Daun ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor ternyata tak kalah baiknya.

Argumentasi

Daun kelor mampu memberikan nutrisi dalam tubuh. Daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong mengandung protein 2 gram, vitamin B6 19%, vitamin C 12%, zat besi 11%, vitamin A 9%, dan magnesium 8%.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yanyg terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes militus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya tidak banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor tersebut.

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah mengatasi kanker. Daun kelor dipercaya membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Daun kelor berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

Selain itu, ekstrak daun kelor berpotensi mengatasi salah satu jenis penyakit jantung, yaitu dislipidemia.

Penegasan Ulang Pendapat

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang membuktikan efek samping mengonsumsi daun kelor. Tetapi para ahli mengkhawatirkan mengonsumsi daun kelor berlebihan menimbulkan efek mual dan mual.

Walaupun daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya tidak mencoba mengonsumsi bagian lain dari tumbuhan kelor. Seperti batang atau akar kelor. Karena kedua bagian tersebut mengandung bahan beracun.

5. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik

Dinasti Kepemimpinan Sarat KKN

Tesis atau Pernyataan Pendapat

Politik di Indonesia memang tidak ada sepinya. Namun tidak ada yang tahu bahwa ada sisi menyeramkan dari politik yang sedang berlangsung di Indonesia. Mulai dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Argumentasi

Praktik KKN akan semakin subur selama sistem dinasti masih mengakar di Indonesia. Dinasti politik akan menumbuhkan oligarki politik serta tidak sehatnya regenerasi kepemimpinan politik. Kekuasaan hanya dikuasai oleh beberapa orang yang berasal dari satu keluarga. Tanpa memberikan ruang kepada pihak lain untuk ikut berpartisipasi.

Pergantian kekuasaan hanya diberikan kepada anggota keluarga dan menyingkirkan orang lain, tanpa melalui proses sesuai dengan ketentuan. Politik dinasti akan berdampak buruk bagi akuntabilitas birokrasi dan pemerintahan.

Dinasti politik merusak rencana besar reformasi birokrasi. Politik dinasti juga cenderung menyalahgunakan kekuasaan. Siapa yang mempunyai fasilitas lebih banyak, uang lebih banyak, kekuatan dan pengaruh politik keluarga, itulah yang akanmenjadi pemenang.

Politik dinasti sering mengabaikan etika politik dan memangkas hak politik orang lain. Menempatkan pejabat bukan karena kualitasnya tetapi karena kekerabatan. Memberikan posisi politik tertentu kepada kerabat yang tidak mempunyai kompetensi dan skill yang sesuai dengan jawabatannya.

Penegasan Ulang Pendapat

Politik dinasti tentunya akan merusak tatanan kehidupan bernegara. Perlu adanya RUU yang bisa mengatur dengan bijaksana mengenai hal tersebut. Demi menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan bermartabat.

Demikian penjelasan teks eksposisi yang memuat informasi mulai dari pengertian, ciri, struktur, jenis, kaidah bahasa, dan contoh-contoh teks eksposisi. Semoga bermanfaat 

Tinggalkan komentar